• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Kuat Menahan Lapar saat Puasa Tanpa Kekurangan Nutrisi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Kuat Menahan Lapar saat Puasa Tanpa Kekurangan Nutrisi

5 Tips Kuat Menahan Lapar saat Puasa Tanpa Kekurangan Nutrisi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Apakah kamu termasuk orang yang sulit menahan lapar saat puasa? Kalau iya, ada beberapa tips yang bisa kamu coba supaya kamu bisa kuat berpuasa seharian tanpa kekurangan nutrisi.”

5 Tips Kuat Menahan Lapar saat Puasa Tanpa Kekurangan Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Salah satu tantangan yang sulit saat menjalankan puasa adalah menahan haus dan lapar. Pasalnya, perut yang tadinya terisi oleh makanan dan minuman secara rutin perlu menyesuaikan diri tanpa asupan selama lebih dari 12 jam. Biasanya, rasa lapar dan haus ini akan muncul saat waktu makan siang tiba.

Ketika kamu tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, bukan tidak mungkin tubuh menjadi lemas dan membuatmu malas beraktivitas. Untuk menyiasatinya, coba ikuti tips agar kuat puasa berikut ini.

Tips Kuat Menahan Lapar saat Puasa

Ternyata, ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan supaya kuat menjalani puasa tanpa perlu kekurangan nutrisi lho. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

 1. Perbanyak serat

Kamu pasti sudah tahu kalau mengonsumsi banyak serat mampu menahan kenyang lebih lama. Mengapa bisa demikian ya? Alasannya, tubuh perlu mencerna serat lebih lama daripada jenis makanan lainnya. Nah, proses pencernaan yang lebih lama ini lah yang memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, coba perbanyak sayur dan buah saat sahur supaya tubuh merasa kenyang lebih lama.

2. Perbanyak makanan yang tinggi cairan

Saat puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Namun, orang sering lupa untuk memenuhinya kembali saat berbuka. Padahal, asupan cairan juga penting untuk mencegah tubuhmu terkena dehidrasi. Kamu tetap harus minum minimal delapan gelas setiap harinya. Agar tidak mudah kembung, sebaiknya kamu membagi konsumsinya. Tiga gelas saat sahur dan berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya kamu kurangi konsumsi kopi. Kandungan kafein pada kopi akan membuat kamu lebih mudah haus. Kamu juga bisa memilih makanan yang tinggi kandungan airnya, contohnya sup. Nah makanan ini mampu memberikan nutrisi sekaligus memenuhi kebutuhan cairan kamu.

3. Hindari terlalu banyak karbohidrat

Tak sedikit orang yang berpikir bahwa mengonsumsi karbohidrat berlebih mampu memberikan rasa kenyang. Hal ini memang benar, tetapi rasa kenyang yang didapatkan hanya sementara. Ketika terlalu banyak karbohidrat, tubuh justru akan mengalami lonjakan gula secara tiba-tiba dan akan menurun dengan cepat. Alhasil, tubuh malah akan lebih cepat lemas dan kekurangan energi saat tengah hari.

4. Bantu dengan vitamin

Selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya kalau kamu menyiapkan vitamin, seperti vitamin B12 dan C. Kedua vitamin ini akan membantu memperkuat daya tahan tubuh kamu sekaligus sebagai penambah energi. Pakar kesehatan asal Oxford, dr. Razeen Mahroof mengatakan bahwa kebutuhan vitamin pada tubuh tetap harus diperhatikan selama berpuasa, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

 5. Berbuka dengan yang manis

Tips agar kuat puasa terakhir ini berhubungan dengan saat berbuka. Menjelang waktu berbuka, tidak heran kalau kamu jadi lapar mata. Semua makanan akan terlihat lezat di mata. Seringnya, kamu langsung meneguk segelas es teh manis bersama sepiring gorengan. Padahal, lambung butuh penyesuaian setelah berjam-jam tidak bekerja.

Sebaiknya, awali waktu buka dengan meminum teh tawar atau air putih hangat untuk membasahi lambung, sehingga siap bekerja kembali. Makanan manis memang dianjurkan untuk menu berbuka, karena tubuh memerlukan asupan gula untuk mengganti gula darah yang terpakai selama kamu berpuasa. Meski demikian, supaya kalorinya tidak bertumpuk, jangan berlebihan juga dalam konsumsi makanan manisnya, ya.

Jika kamu mengalami keluhan kesehatan di bulan puasa, segera periksakan diri ke dokter. Supaya lebih mudah dan praktis, kamu bisa membuat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Foods That Curb Hunger.
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Science-Based Ways to Reduce Hunger and Appetite.