• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Melatih agar Anjing Peliharaan Betah di Kandang

5 Tips Melatih agar Anjing Peliharaan Betah di Kandang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki tempat favorit yang menyenangkan dan membuat betah. Entah itu sofa, kamar tidur, kedai kopi, atau ruangan kantor. Hal yang sama juga berlaku bagi anjing peliharaan, lho. Itulah sebabnya banyak orang yang membuat kandang anjing sebagus dan senyaman mungkin, dengan harapan anjingnya bisa betah.

Namun, sering kali anjing menolak dan tidak betah di kandangnya. Lalu memilih untuk “menempel” seharian dengan pemiliknya. Apa yang harus dilakukan agar anjing peliharaan bisa betah di kandangnya? Yuk simak tips-tips berikut ini!

Baca juga: Simak Tips untuk Melakukan Grooming Anjing Sendiri di Rumah

Agar Kandang Anjing Jadi Rumah Ternyaman

Tujuan utama jika ingin anjing peliharaan betah di kandangnya adalah membuat kandang anjing jadi “rumah ternyaman”. Hanya dengan cara itulah, anjing peliharaan dapat betah dan menghargai kandang sebagai ruangan pribadinya yang menyenangkan. 

Berikut ini tips untuk membuat anjing peliharaan betah di kandangnya:

1.Jangan Jadikan Kandang Anjing sebagai Hukuman

Penting untuk tidak menjadikan kandang anjing sebagai hukuman. Jika kamu mengurungnya di kandang saat marah padanya, ia akan mengasosiasikan kandang anjing sebagai hal yang buruk dan merasa cemas setiap berada di dalamnya. 

2.Hiasi Kandang Anjing dengan Berbagai Perlengkapan

Kamu tentu suka jika ruangan favorit terisi oleh berbagai perabotan atau perlengkapan yang menyenangkan, bukan? Kandang anjing pun demikian. Sediakan tempat tidur yang nyaman, mainan, wadah makanan, dan benda-benda lain yang disukai anjing di kandangnya.

Baca juga: Inilah Tanda Awal Anjing Peliharaan Sedang Hamil

3.Beri Makan Anjing di Kandang

Agar anjing betah di kandangnya, cobalah untuk sering-sering memberi ia makan di dalam kandang. Hal ini dapat menciptakan asosiasi yang positif terhadap kandang anjing, dan lama-kelamaan, anjing akan betah di dalamnya.

4.Pastikan Memberi Banyak Latihan

Sebelum menyuruh anjing peliharaan masuk dan tidur di kandangnya, penting untuk memberinya latihan setidaknya 30-60 menit sebelumnya. Ajak anjing peliharaan untuk jogging bersama atau sekadar berjalan-jalan santai keliling perumahan. 

Setelah anjing merasa cukup menghabiskan waktu menyenangkan bersama pemiliknya, ia akan jadi lebih tenang. Saat itulah, coba minta ia masuk ke kandangnya untuk beristirahat. 

5.Jangan Langsung Meninggalkannya Sendirian Terlalu Lama

Saat melatih anjing untuk betah di kandangnya, ingatlah bahwa hanya karena ia telah terbiasa berada di kandang anjing, tidak berarti sudah waktunya untuk meninggalkannya di sana sepanjang sore sendirian. Mulailah secara perlahan, dengan meninggalkannya 30 menit. 

Lalu, setiap minggu, tambahkan sedikit waktu ekstra, hingga lama-kelamaan anjing akan betah di kandangnya hingga berjam-jam. Meski begitu, jangan berharap anjing peliharaan akan terus di kandangnya sepanjang hari, ya.

Baca juga: Ini Panduan untuk Membuat Makanan Anjing Sendiri di Rumah

Sama halnya seperti manusia, anjing juga bisa bosan, butuh bergerak, dan menghirup udara segar. Jadi, tidak masalah jika anjing masih suka berkeliaran di sekitar rumah, atau pindah berbaring di sofa. Selama ia merasa nyaman dan tidak cemas saat berada di kandangnya, semua baik-baik saja. 

Jika anjing merasa masih sedikit gelisah saat latihan tidur di kandangnya, bersabarlah. Tetap berusaha melakukan tips-tips tadi, dan latih ia secara bertahap dan positif. Kebiasaan dan rasa betah perlu waktu untuk dibangun, tak terkecuali bagi anjing peliharaan.

Bila kamu perlu membeli makanan untuk anjing peliharaan, tidak perlu repot. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk membeli makanan anjing, dengan mudah, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
The Humane Society of United States. Diakses pada 2021. Crate training 101.
The Dog People. Diakses pada 2021. Crate Time! Helping Your Dog Get Comfortable In The Dog Kennel.
PetMD. Diakses pada 2021. How to Make Your Dog’s Crate Feel Like Home.