• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Memanjangkan Rambut Secara Alami

5 Tips Memanjangkan Rambut Secara Alami

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak sedikit kaum Hawa yang memimpikan rambut panjang dan hitam berkilau. Pasalnya, rambut merupakan mahkota seorang wanita. Sebab, rambut dianggap dapat menunjang penampilan serta menambah rasa percaya diri seseorang. Itu mengapa banyak wanita yang melakukan perawatan rambut demi memiliki rambut yang sehat dan indah.

Baca juga: Ini 5 Trik untuk Rambut Berkilau

Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain genetik, ras, kepadatan rambut, sudut pertumbuhan rambut, serta faktor lingkungan (seperti cuaca dan paparan radiasi UV). Dibanding ras lainnya, pertumbuhan rambut orang Asia cenderung lebih cepat, yakni sekitar 15 sentimeter per tahunnya. Sedangkan, pertumbuhan rambut orang Afrika sekitar 10 sentimeter per tahun dan orang Kaukasia sekitar 13 sentimeter per tahun.

Tips Memanjangkan Rambut Secara Alami

Selain melakukan perawatan di salon, ternyata, ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut secara alami. Berikut ini lima tips memanjangkan rambut secara alami yang bisa kamu coba:

1. Cukupi Asupan Nutrisi dan Vitamin

Tips pertama bagi kamu yang menginginkan rambut panjang adalah dengan mencukupi asupan nutrisi dan vitamin. Kamu bisa memulainya dengan menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang. Misalnya, dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa suplemen makanan seperti omega-3, omega-6, zinc, vitamin B5, vitamin C, biotin, serta zat besi yang bisa membantu memanjangkan rambut secara alami.

2. Gunakan Minyak Esensial

Kebutuhan akan minyak esensial tidak hanya berlaku bagi kesehatan tubuh, namun juga bagi pertumbuhan rambut. Sebab, menggunakan minyak esensial ke kulit kepala akan membuat rambut kamu panjang secara alami. Ada banyak minyak esensial yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan rambut, antara lain minyak cendana, tea tree, mawar, almond, dan zaitun.

3. Konsumsi Makanan Berprotein

Selain sayur dan buah-buahan, konsumsi protein juga dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Sebab, protein yang terkandung dalam makanan dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat penggunaan bahan-bahan kimia serta paparan sinar matahari. Asupan protein ini dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, dan makanan berprotein lainnya.

4. Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas memang dapat membersihkan rambut, namun, kamu tidak dianjurkan melakukannya setiap hari. Pasalnya, keramas setiap hari justru akan menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh rambut. Jika minyak ini hilang, maka, rambut akan kering dan menghambat pertumbuhan rambut. Idealnya, keramas dapat dilakukan setiap 2-3 hari sekali.

5. Keringkan Rambut dengan Alami

Menggunakan pengering rambut ketika selesai keramas memang efisien dan praktis dalam mengeringkan rambut. Sayangnya, cara ini justru berisiko membuat rambut patah, kering, dan mudah rontok. Agar rambut tetap sehat dan dapat memanjang secara alami, kamu dianjurkan untuk mengeringkan rambut secara alami. Caranya cukup dengan membiarkan rambut yang basah terkena angin dalam waktu lama, sehingga bisa kering secara alami.

Baca juga: 5 Fakta Unik tentang Rambut yang Perlu Diketahui

Setelah melakukan semua tips dan trik di atas, jangan lupa bahwa rambut tidak akan memanjang dalam waktu yang singkat. Butuh proses dan konsistensi perawatan secara terus menerus. Jika kamu punya pertanyaan lain seputar rambut, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.