• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menghindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menghindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia

5 Tips Menghindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 November 2022

“Para pecinta sepak bola akan tetap setia menonton setiap pertandingan Piala Dunia, meski hingga larut malam. Namun, terdapat dampak negatif yang muncul bila terlalu lama menonton televisi hingga larut malam, salah satunya mata tegang.”

5 Tips Menghindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia5 Tips Menghindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia

Halodoc, Jakarta – Pada hari Minggu (20/11/2022) kemarin, Piala Dunia Qatar 2022 telah resmi dimulai. Pesta sepak bola sedunia memang selalu menghadirkan suasana menarik di setiap penyelenggaraannya. Para pencinta sepak bola seakan tak ingin melewatkan setiap pertandingan melalui layar kaca.

Meskipun pertandingan berlangsung dari malam hingga dini hari, para pencinta bola akan tetap setia menonton setiap pertandingannya. Namun, terdapat dampak negatif yang muncul bila terlalu lama menonton televisi hingga larut malam. Salah satu yang paling banyak terjadi adalah kondisi mata tegang yang merupakan tanda kelelahan.

Tips Menghindari Mata Tegang saat Nonton Piala Dunia

Mata tegang terjadi karena kelelahan yang menyebabkan otot di sekitar mata menjadi tegang dan memicu rasa nyeri. Ini karena menonton televisi menyebabkan manusia berkedip kurang dari jumlah normal. Padahal, mata biasanya berkedip sekitar 15-20 kali dalam satu menit. 

Berkedip bertujuan untuk menyebarkan air mata secara merata di mata, yang mencegahnya menjadi kering dan teriritasi. Selain itu, kontras dan cahaya radiasi dari layar digital juga dapat menyebabkan mata tegang. Tentu hal ini bisa sangat mengganggu momen-momen saat menonton piala dunia.

Oleh karena itu, simak tips menghindari mata tegang saat nonton piala dunia berikut ini!

1. Hindari Menonton dalam Kegelapan

Mematikan lampu saat menonton televisi mungkin sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Mereka menganggap ini dapat membuat menonton lebih nyaman. Padahal, kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mata.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu tetap membiarkan cahaya dari lampu menyinari ruangan saat menonton televisi. Terutama saat menonton pertandingan piala dunia. Membiarkan lampu tetap menyala saat menonton televisi bisa membantu mencegah mata lelah.

2. Atur Intensitas Cahaya Layar

Untuk menghindari mata lelah, kamu juga harus memastikan bahwa cahaya dari layar televisi tidak terlalu silau untuk mata. Atur kecerahan layar pada pilihan pengaturan yang umum ada di setiap model televisi.

Pastikan cahaya yang dipancarkan secukupnya saja, sehingga mata tidak terlalu berat bekerja. Selain itu, menghindari silau dari layar juga bisa dilakukan dengan memastikan posisi yang benar saat menonton televisi.

3. Gunakan Metode 20-20-20

Menghabiskan waktu lama untuk menonton layar komputer, ponsel, atau televisi dapat membuat mata tegang. Menggunakan aturan 20-20-20 dapat membantu mencegah masalah ini.

Dalam aturan ini, berarti kamu harus mengistirahatkan mata selama 20 detik dari menonton layar setiap 20 menit. Selama istirahat, pindah fokus dan pandangan mata pada objek yang berjarak setidaknya 20 kaki atau 600 cm untuk melemaskan otot mata. 

Menerapkan aturan ini dapat mengurangi ketegangan mata akibat terlalu lama menonton layar digital. Kamu bisa menggunakan alat bantuan seperti stopwatch yang sudah diatur.

4. Sering Berkedip

Mata akan melakukan respons alami terhadap kondisi mata kering dengan berkedip. Meski demikian, ada beberapa faktor yang bisa membuat indera penglihatan ini lupa untuk melakukannya. 

Misalnya, jalannya pertandingan yang semakin seru sehingga kamu enggan untuk melewatkannya meski hanya sedetik. Jika itu yang terjadi, risiko mata tegang malah akan semakin meningkat. Maka dari itu, sering-seringlah untuk berkedip dan mengistirahatkan mata. 

5. Perhatikan Jarak Menonton dan Posisi Layar

Memerhatikan jarak yang benar saat menonton siaran pertandingan piala dunia adalah hal yang penting. Jangan terlalu dekat pada layar. Usahakan untuk selalu berada setidaknya 3-5 meter dari televisi.

Kamu juga harus memperhatikan ketinggian dan penempatan layar. Hindari meletakkan televisi terlalu tinggi atau rendah. Televisi yang terlalu tinggi membuat kamu untuk melihat ke atas saat menonton. Hal ini dapat menimbulkan masalah di bagian leher.

Itulah penjelasan tips mencegah mata tegang saat nonton piala dunia. Apabila kamu perlu pemeriksaan medis, cobalah berkonsultasi ke dokter. Kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 20-20-20 Rule.
Web MD. Diakses pada 2022. How to Prevent Eye Strain from Screen Time.