03 August 2018

5 Tips Menjalani Diet Eat Clean

diet eat clean, diet, eat clean, tips diet

Halodoc, Jakarta - Apa pun jenisnya, diet tentu memiliki satu tujuan akhir yang sama, yaitu menurunkan berat badan, sehingga terbentuklah tubuh yang ideal dan proporsional. Salah satu jenis diet yang cukup digemari oleh wanita adalah diet eat clean. Meski pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960, diet ini baru populer justru pada tahun 2007 lalu melalui sebuah buku berjudul “Eat Clean Diet” yang ditulis oleh Tosca Reno.

Dalam buku tersebut dituliskan bahwa diet eat clean sebenarnya lebih kepada cara memilih makanan yang akan dikonsumsi dan bukan sebuah cara diet. Metode ini dikabarkan tidak hanya mampu menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan meningkatkan metabolisme energi dalam tubuh.

Cara Menjalani Diet Eat Clean

Lalu, bagaimana cara menjalani diet eat clean yang benar agar hasil yang kamu dapatkan bisa maksimal? Coba ikuti tips diet berikut:

1. Mengonsumsi Makanan yang Berasal dari Bahan Segar

Perlu kamu pahami terlebih dahulu, bahwa prinsip utama dari diet eat clean adalah mengonsumsi makanan segar yang melalui proses pemasakan sempurna. Artinya, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang diawetkan, seperti kornet, sosis, atau berbagai makanan kalengan. Ini karena makanan awetan mengandung bahan pengawet dan berbagai zat aditif yang cenderung berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Food and Nutrition Research, orang-orang yang mengonsumsi makanan segar berhasil menurunkan berat badan lebih banyak karena asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Tentu saja, ini bisa mengurangi risiko terjadinya obesitas dan penyakit darah tinggi pada tubuh.

Baca juga: 7 Nutrisi yang Sering Terlupakan Saat Sedang Diet

2. Perbanyak Asupan Serat pada Tubuh

Kamu tidak perlu sepenuhnya meninggalkan daging atau menjadi vegetarian untuk melakukan diet ini. Memang, diet eat clean mengutamakan asupan serat dalam tubuh untuk melancarkan pencernaan, dan sumber serat paling banyak bisa kamu dapatkan dari buah dan sayur-sayuran. Meski begitu, kamu tetap bisa mengonsumsi daging, selama tidak berlebihan dan bukan merupakan daging kaleng atau daging yang telah melalui proses pengawetan.

3. Menjadikan Karbohidrat Sebagai Makanan Utama

Asupan kalori harian yang dianjurkan untuk orang yang menjalani diet eat clean adalah antara 1200 hingga 1800 kal, agar penurunan berat badan yang diinginkan bisa dicapai. Meski begitu, tidak bisa sembarang memilih menu, kamu disarankan untuk menjadikan karbohidrat dan makanan kaya serat sebagai makanan utama. Contohnya seperti nasi merah, roti gandum, atau nasi merah. Lalu, supaya kamu tidak mudah lapar, kombinasikan dengan menu dengan kandungan protein yang tinggi.

4. Atur Pola Makan

Demi mendapatkan berat badan ideal, kamu tidak hanya perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga perlu mengatur pola makan. Dalam diet eat clean, porsi makan yang dianjurkan adalah sebanyak enam kali dalam sehari dengan porsi kecil. Ini ditujukan untuk mengurangi rasa lapar, karena dengan sering makan meski dalam porsi yang sedikit, tubuh tetap melakukan proses pencernaan.

5. Banyak Minum Air Putih

Asupan cairan yang dianjurkan setiap harinya adalah sebanyak delapan hingga 13 gelas setiap harinya atau sebanyak dua hingga tiga liter. Tidak hanya membuat tubuh terhidrasi, banyak minum air putih akan membuat kamu tidak tergiur minuman lain yang cenderung berkalori dan membuat tubuh mudah gemuk.

Baca juga: Ini Jumlah Protein yang Dibutuhkan untuk Diet

Demikian tadi tips diet yang bisa kamu coba jika ingin menjalani diet eat clean. Apabila kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau kondisi kesehatan khusus, sebaiknya tanyakan pada dokter terlebih dahulu sebelum kamu melakukan diet ini. Supaya lebih mudah, kamu bisa bertanya melalui aplikasi Halodoc yang sudah tersedia dan bisa kamu download melalui App Store atau Play Store. Tidak hanya mudah, tanya dokter di Halodoc juga gratis, lho!