• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 November 2022

“Terapkan pola makan sehat untuk menurunkan berat badan usai melahirkan. Kombinasikan dengan olahraga dan istirahat yang cukup agar diet semakin optimal.”

5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan5 Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Halodoc, Jakarta – Penyanyi asal Amerika Serikat, Meghan Trainor, berhasil menurunkan berat badannya usai melahirkan. Sempat mencapai 90 kilogram, dirinya berhasil memangkas 27 kilogram dalam kurun dua tahun. 

Meghan mengungkapkan jika berat badannya turun setengah kilogram setiap minggunya. Jika menilik dari sisi kesehatan, penurunan tersebut sangat aman dan tidak akan membahayakan kesehatan. Kunci keberhasilan Meghan dalam menurunkan berat badannya adalah belajar menyukai makanan sehat, mengatur porsi makan dan rutin berolahraga.

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Selain menerapkan pola makan sehat dan berolahraga, ada sejumlah tips lain untuk menurunkan berat badan usai melahirkan:

1. Menyusui Si Kecil

Proses menyusui membantu rahim berkontraksi agar kembali ke ukuran semulanya. Karena alasan ini, menyusui bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badan. Penelitian mengungkapkan kalau wanita yang menyusui secara eksklusif selama 3 bulan mengalami penurunan berat badan lebih banyak ketimbang yang tidak menyusui.

2. Tidak telat makan

Menurunkan berat badan bukan berarti tidak makan. Justru, pantang melewatkan waktu makan karena dapat menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu maupun bayi. Ibu tetap dianjurkan makan tepat waktu tapi dengan mengatur porsinya. Menurut Center of Disease Control and Prevention (CDC), wanita membutuhkan tambahan 450-500 kalori per hari saat menyusui.

3. Batasi makanan yang diproses

Studi yang meneliti 1035 wanita yang sering mengonsumsi gorengan usai melahirkan lebih sulit menurunkan berat badan. Selain gorengan, soda, makanan cepat saji, keripik kentang, frozen food sebaiknya dihindari. Makanan-makanan tersebut berkalori tinggi dan minim gizi. 

4. Pilih makanan dari sumber protein

Protein dapat mencegah lapar karena dicerna lebih lama oleh tubuh. Protein juga memberi efek kenyang lebih lama sehingga mencegah kamu untuk makan berlebihan. Menurut sebuah artikel di The American Journal of Clinical Nutrition, tubuh secara otomatis menggunakan 20 hingga 30 persen kalori dalam protein selama proses pencernaan. Jadi, jenis makanan ini bisa sangat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. 

5. Perbanyak serat

Serat membantu menghancurkan lemak, terutama di sekitar perut. Sumber makanan ini juga butuh waktu lama untuk dicerna sehingga mencegah kamu makan berlebihan. Dalam sebuah studi, para peneliti mengamati hubungan antara asupan buah dan sayuran dengan jumlah lemak perut. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi lebih banyak serat mengalami penurunan jumlah lemak secara signifikan. 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menjalani Diet

Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih usai persalinan. Oleh karena itu, ibu tidak disarankan untuk  melakukan diet ketat setelah melahirkan. Melansir dari Medline Plus, ibu baru diperbolehkan untuk diet paling cepat enam minggu usai melahirkan. Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk keamanan ibu.

Jika menyusui secara eksklusif, tunggu sampai bayi  berusia minimal 2 bulan dan suplai ASI sudah normal. Wanita yang menyusui secara eksklusif membutuhkan sekitar 500 kalori lebih banyak per hari daripada sebelum hamil. Penuhi kebutuhan tersebut dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Selain itu, jangan diet terlalu ekstrem, cukup turunkan setengah kilogram setiap minggunya. Kombinasikan dengan olahraga dan istirahat yang cukup. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar diet pasca melahirkan, hubungi ahli gizi melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan ibu sekaligus memberikan solusi terbaik. Download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 16 Effective Tips to Lose Baby Weight After Pregnancy.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Postpartum Weight Loss: Diets and Plans.
What to Expect. Diakses pada 2022. Losing the Baby Weight: The Truth About Shedding Pounds After Birth.