09 May 2018

5 Tips Olahraga Saat Puasa

5 Tips Olahraga Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan sudah tiba. Meski harus berpuasa, jangan kira kamu bisa meninggalkan olahraga karena takut kelelahan. Banyak pula orang yang beranggapan untuk tidak perlu berolahraga saat berpuasa. Namun, betulkah demikian? Faktanya kebugaran tubuh tetap harus dijaga meskipun sedang berpuasa. Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan supaya tetap bugar meskipun sedang berpuasa.

  1. Olahraga Sebelum Sahur atau Berbuka

Pemilihan waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa memang penting. Usahakan berolahraga sekitar 1 jam sebelum waktu sahur dan berbuka. Dengan begitu, kamu enggak akan terlalu lama menahan rasa haus dan lapar setelah berolahraga.

  1. Hindari Berolahraga Terlalu Lama

Kamu mungkin terbiasa melakukan aktivitas fisik jika tidak berpuasa. Kalau sudah sering dilakukan, tentu jadi sulit meninggalkan kebiasaan ini. Nah, jika kamu tetap berolahraga saat puasa, usahakan berolahraga sekitar 30-45 menit saja. Atau kurangi intensitas latihan kamu untuk menghindari kelelahan yang berat setelah berolahraga.

  1. Berolahraga di Tempat yang Nyaman dan Sejuk

Enggak hanya timing, tapi tempat olahraga yang tepat juga penting agar kamu bisa tetap olahraga saat puasa. Sebaiknya, hindari berolahraga di tempat yang panas karena akan menambah pengeluaran keringat pada permukaan kulit sehingga menyebabkan kamu lebih cepat haus.

  1. Makanan Gizi Seimbang dan Hidrasi yang Cukup

Makanlah menu gizi seimbang ketika sahur maupun berbuka. Gizi seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah dalam satu porsi makanan. Jangan lupa untuk minum 8 gelas air atau sekitar 2 liter air; 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas ketika malam hari.

  1. Hindari Olahraga yang Terlalu Berat

Pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh kamu. Sebisa mungkin jangan melakukan olahraga yang ekstrim. Olahraga yang cocok dilakukan saat bulan puasa antara lain jogging, yoga, bersepeda, dan treadmill. Berolahraga selama bulan puasa boleh-boleh saja, asal kamu tahu cara tepat untuk melakukannya, ya. Nah, kalau kamu punya pertanyaan seputar olahraga yang tepat saat berpuasa. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.