• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Supaya Eyelash Extension Lebih Tahan Lama
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Supaya Eyelash Extension Lebih Tahan Lama

5 Tips Supaya Eyelash Extension Lebih Tahan Lama

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Mei 2022

“Eyelash extension membuat bulu mata menjadi lebih tebal dan terlihat lentik. Namun, kamu perlu memperhatikan tips berikut supaya eyelash extension lebih tahan lama.”

5 Tips Supaya Eyelash Extension Lebih Tahan Lama

Halodoc, Jakarta – Memiliki bulu mata yang lentik tentu menjadi keinginan setiap wanita. Sebab, selain membuat tampilan mata menjadi lebih “hidup”, kamu tidak lagi perlu menggunakan produk kecantikan seperti maskara untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal. 

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah eyelash extension. Dengan begitu, kamu tidak lagi harus menghabiskan waktu lebih lama untuk memakai maskara, menjepit bulu mata, bahkan memakai bulu mata palsu. 

Meski demikian, tetap ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan eyelash extension. Apabila kamu tidak melakukan perawatan dengan tepat, hasilnya tidak akan berbeda. Biasanya, eyelash extension bisa bertahan selama sekitar satu hingga dua bulan setelah dipasang. Setelahnya, kamu harus melakukan retouch atau perawatan rutin setidaknya satu bulan sekali. 

Tips Eyelash Extension Lebih Tahan Lama

Tidak jauh berbeda dengan bulu mata sungguhan, menggunakan eyelash extension juga bisa mengalami kerontokan seiring waktu. Jadi, supaya eyelash extension kamu lebih tahan lama, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan:

  1. Gunakan Bulu Mata yang Lebih Ringan

Semakin tebal ekstensi bulu mata, semakin berat dan semakin mudah terkelupas serta mengalami kerontokan. Jadi, sebaiknya mintalah untuk memasang bulu mata individu yang lebih ringan di sekitar kisaran 0.07 dan 0.05 milimeter. Ini akan bertahan lebih lama daripada bulu mata yang lebih berat.

Selain itu, pilih ekstensi yang sejajar dengan bentuk bulu mata asli kamu, bukan bulu mata yang ekstra panjang dan dramatis. Bulu mata yang lebih ringan akan memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan bulu mata panjang dan lebih tebal.

  1. Pilih Ekstensi yang Meniru Bulu Mata Alami

Selalu beri tahu ahli kecantikan kamu untuk memilih ekstensi yang mirip dengan bentuk bulu mata asli. Jika memasang bulu mata super keriting sementara bulu mata asli sebenarnya lurus, eyelash extension justru akan rontok sebelum waktunya. Kamu bisa menggunakan penjepit bulu mata yang dipanaskan pada ekstensi sesudahnya untuk memperkuat ikalnya.

  1. Gunakan Eyelash Sealer

Menerapkan sealer bulu mata setiap pagi akan membuat bulu mata kamu bertahan lebih lama. Sealer bulu mata akan membantu memastikan ekstensi tetap terpasang dengan baik. Jika memang memungkinkan, kamu bisa memilih sealer yang mengandung serum akrilik dan hialuronat untuk membantu ekstensi melekat dan tetap sehat.

  1. Hindari Menggunakan Maskara Waterproof

Meski kamu tidak harus memakai maskara setelah melakukan eyelash extension, terkadang kamu mungkin ingin menambahkan beberapa kesan tambahan pada penampilan. 

Namun, hindari penggunaan maskara yang memiliki formula tahan air atau waterproof. Sebab, maskara jenis tersebut akan lebih susah dihapus dan semua tarikan yang kamu lakukan ketika membersihkannya akan membuat ekstensi bulu mata cepat rusak. 

  1. Tidur Telentang

Terakhir, hindari tidur dengan posisi tengkurap karena bisa membuat eyelash extension lebih mudah rontok. Cobalah untuk tidur dengan posisi telentang supaya bulu mata ekstensi tetap terjaga dan tahan lama. Pilih juga sarung bantal yang terbuat dari bahan sutra sehingga bulu mata tidak akan tersangkut ketika kamu hendak mengubah posisi tidur menyamping. 

Itu tadi beberapa tips merawat eyelash extension supaya lebih tahan lama yang bisa kamu coba. Jika memiliki keluhan atau iritasi setelah pemasangan ekstensi, kamu bisa langsung bertanya pada dokter kecantikan melalui aplikasi Halodoc

Selain itu, kamu juga dapat melakukan pembelian obat maupun vitamin lebih mudah melalui Toko Kesehatan di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. 7 Ways to Make Your Lash Extensions Last Longer, According to a Lash Pro.
The Shampoo Lounge. Diakses pada 2022. 7 Ways to Make Your Lash Extensions Last Longer, According to a Lash Pro.
Divine Lashes. Diakses pada 2022. Eyelash Extensions Do’s and Don’ts: Avoid Lashes Falling-Out.