16 April 2019

5 Tips Tetap Produktif Meski Harus Kerja di Hari Kejepit

5 Tips Tetap Produktif Meski Harus Kerja di Hari Kejepit

Halodoc, Jakarta – Hari kejepit sering dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Bahkan ketika sekolah dulu, banyak murid yang berharap hari kejepit diliburkan. Sesekali, sekolah mungkin libur karena adanya rapat atau kegiatan internal. Bagi para pekerja, rasanya sulit mendapatkan jatah libur tambahan hanya karena hari kejepit, kecuali merelakan jatah cuti tahunan.

Baca Juga: Lebih Berfaedah, 5 Kebiasaan Hidup Produktif

Rasa malas sulit dihindari, kecuali bagi orang yang selalu positif dan punya semangat tinggi untuk bekerja. Sebenarnya selama tidak merugikan orang lain, rasa malas termasuk hal normal yang dimiliki manusia, apalagi kalau ingat besok waktunya libur panjang. Pikiran bukan lagi tentang pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi barang yang perlu dipersiapkan untuk liburan. Kalau sudah begini, berikut beberapa tips tetap produktif kerja di hari kejepit:

1. Ingat Tujuan Bekerja

Tujuan bekerja tiap orang tentu beragam. Ada yang bekerja karena ingin menyalurkan passion, memperluas network, atau sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apa pun itu, kamu bisa menjadikan ini alasan untuk kembali semangat bekerja.

2. Lakukan Ritual Penyemangat Sebelum Bekerja

Misalnya mendengarkan lagu, atau minum kopi. Melakukan hal yang disukai tanpa sadar bisa meningkatkan semangat dan fokus ketika bekerja. Kamu juga bisa mengingat beberapa hal yang bisa disyukuri untuk meningkatkan semangat dalam bekerja.

Entah lokasi kantor yang strategis, jajanan enak dekat kantor, hingga membayangkan gaji yang diperoleh dalam waktu dekat. Luangkan juga waktu untuk relaksasi atau peregangan di sela-sela kesibukan.

3. Bekerja dengan Santai

Mengingat sebentar lagi libur panjang, tidak ada salahnya untuk kamu sedikit lebih santai dalam bekerja. Misalnya bekerja sambil mendengarkan lagu. Hal yang terpenting adalah kamu menyelesaikan pekerjaan tanpa harus membebankannya ke orang lain. Jika mulai terasa lelah, kamu bisa beristirahat sejenak untuk sekadar berbincang dengan teman kantor, cuci muka di toilet, atau buat kopi di pantry.

Baca Juga: Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

4. Buat List Pekerjaan

Maksudnya, kamu bisa membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan sebelum berlibur panjang. Hal ini membantu kamu lebih fokus dan menghindari kesalahan dalam bekerja. Kamu lebih bersemangat untuk menyelesaikannya karena setelah itu, kamu bisa fokus menyiapkan perlengkapan untuk liburan.

5. Rapikan Meja Sebelum Pulang

Kondisi meja yang berantakan bisa pengaruhi suasana hati. Maka itu, tak ada salahnya untuk kamu merapikan meja sebelum berlibur panjang. Hal ini bisa menandakan bahwa sebentar lagi akan berlibur panjang dan waktu pulang kantor tiba. Kondisi meja yang rapi juga bisa membuat kamu lebih bersemangat  ketika libur telah usai.

Baca Juga: Biar Lebih Produktif, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Itulah tips tetap produktif meski harus kerja di hari kejepit. Kalau kamu mendadak punya keluhan kesehatan saat kerja, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!