• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips untuk Menghadapi Rasa Takut Jelang Persalinan

5 Tips untuk Menghadapi Rasa Takut Jelang Persalinan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Persalinan adalah waktu yang paling menegangkan bagi calon ibu maupun calon ayah. Setelah sembilan bulan dikandung, akhirnya bayi akan keluar dan siap melihat dunia. Karenanya, sangat normal bila ibu merasa takut menjelang saat persalinan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghadapi rasa takut jelang persalinan.

Rasa sakit dan khawatir menjelang persalinan bisa membuat calon ibu menjadi semakin takut. Maka dari itu, kehadiran dan dukungan dari orang terdekat, terutama suami bisa membantu meredakan perasaan tersebut. Persiapan menjelang persalinan bisa dimulai sejak beberapa waktu sebelumnya, atau saat kehamilan mulai memasuki trimester ketiga. 

Baca juga: Ini yang Harus Disiapkan Jelang Persalinan


Persiapan agar Persalinan Lancar

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat persalinan berjalan lebih mudah dan lancar tanpa rasa takut. Sebelum melahirkan, calon ibu bersama calon ayah bisa menyiapkan beberapa hal, di antaranya: 


1.Cari Tahu tentang Persalinan 

Hal pertama yang bisa dilakukan calon ayah dan ibu adalah mencari tahu tentang persalinan. Mengetahui seluk-beluk tentang persalinan bisa membuat ibu merasa lebih tenang, sehingga persalinan bisa berjalan normal. Menjelang persalinan ada beberapa hal yang perlu diketahui, mulai dari tanda-tanda akan melahirkan, waktu yang tepat untuk ke rumah sakit, cara mengejan yang benar, teknik relaksasi, hingga kemungkinan komplikasi. 


2.Konsumsi Makanan Sehat

Tidak bisa dimungkiri, perut yang terisi dengan baik bisa membantu membuat perasaan lebih nyaman dan mendistraksi rasa takut. Selain itu, persalinan yang akan dijalani membutuhkan banyak energi, sehingga penting bagi calon ibu untuk mengonsumsi makanan yang sehat sebelumnya. Cobalah untuk memilih makanan yang sehat dan bebas lemak, sehingga bisa dicerna dengan baik. Selain itu, sebaiknya hindari makan secara berlebihan agar persalinan lebih lancar. 


Baca juga: Menonton Video Persalinan sebelum Melahirkan, Boleh atau Tidak?


3.Jangan Hanya Berbaring 

Menjelang persalinan, ibu mungkin akan merasa lemas dan sedikit nyeri. Namun, sebaiknya jangan hanya berbaring saat akan menjelang persalinan. Sesekali, cobalah untuk berdiri tegak, berjalan, atau duduk. Gerakan-gerakan kecil ini bisa membantu membuat kepala bayi menekan leher rahim, sehingga proses pembukaan bisa terjadi lebih cepat. Dengan begitu, persalinan bisa terjadi dengan lebih lancar dan bebas rasa takut. 


4.Pendamping Persalinan 

Dukungan psikologis juga dibutuhkan calon ibu yang akan menjalani persalinan. Maka dari itu, peran orang terdekat, terutama suami sangat dibutuhkan. Umumnya, suami akan diminta masuk ke dalam ruang bersalin untuk menemani calon ibu. Selain suami, ibu juga bisa mempertimbangkan peran pendamping persalinan yang disebut doula. Secara umum, doula diartikan sebagai seseorang (biasanya di luar keluarga) yang bertugas untuk memberi dukungan emosional pada ibu yang akan bersalin. Doula akan ikut serta di dalam ruang bersalin, tentunya setelah mendapat izin dari dokter atau petugas persalinan.


Baca juga: Ini 3 Fakta Doula sebagai Pendamping Persalinan


5.Atur Napas dan Ikuti Petunjuk Dokter 

Tetap mengatur napas dengan benar bisa membuat tubuh lebih tenang dan tidak merasa takut. Selain itu, pastikan juga ibu mengikuti semua petunjuk dan arahan dari dokter kandungan yang akan membantu persalinan. Kerjasama antara ibu dan petugas kesehatan adalah utama untuk membuat persalinan lebih lancar. 

Jika ragu, ibu juga bisa mencari tahu seputar tips menjelang persalinan dengan berbicara pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter kandungan bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kehamilan dan tips mempersiapkan persalinan dari ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!



Referensi
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Secrets to an Easier Labor. 
Momjunction. Diakses pada 2020. Normal Delivery: Symptoms, Process, Tips, And Exercises.