• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Trik Agar Anak Suka Diajak Berolahraga

5 Trik Agar Anak Suka Diajak Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Trik Agar Anak Suka Diajak Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya untuk orang dewasa, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang cukup penting dilakukan oleh anak-anak agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Rutin berolahraga membuat imunitas tubuh anak akan menjadi lebih optimal. Namun, terkadang berbagai alasan menjadi penyebab mengapa anak-anak jarang melakukan olahraga. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajak anak lebih menyukai aktivitas fisik atau olahraga.

Baca juga: Inilah 4 Olahraga Rumahan yang Bisa Dicoba Bersama Si Kecil

1.Jadilah Contoh yang Baik untuk Anak

Tentunya anak akan lebih mudah mengikuti apa yang menjadi kebiasaan orangtua. Tidak ada salahnya, ibu juga memulai rutinitas olahraga setiap harinya di rumah agar anak melihat kegiatan yang ibu lakukan. Mulailah dengan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, misalnya berjalan santai, berlari mengitari rumah, atau senam. Dengan begitu, anak akan melihat ibu melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan dan mereka akan lebih tertarik untuk mencoba.

2.Jadikan Aktivitas Fisik sebagai Kebiasaan

Ingin mengajak anak ke taman bermain di dekat rumah? Sebaiknya ajak anak pergi ke taman dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan sepeda. Hal ini tentunya dapat menjadi kebiasaan anak ketika akan pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah. Selain itu, tidak ada salahnya sesekali mengajak anak menaiki tangga jika pergi ke taman hiburan atau mal. Dengan begitu, anak tetap memiliki kegiatan fisik untuk berlatih.

3.Jadikan Olahraga sebagai Aktivitas yang Menyenangkan

Buatlah kegiatan olahraga yang ibu dan anak lakukan sebagai aktivitas yang menyenangkan. Tidak perlu mempersiapkan alat-alat yang cukup mahal, ibu bisa mengajak anak untuk berjalan kaki di sekitar rumah. Momen ini juga bisa ibu gunakan untuk mengenalkan anak dengan lingkungan sosial dan bertemu teman-teman sebaya di sekitar rumah. Tidak hanya itu, bermain bola di halaman rumah juga bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan bagi anak-anak. 

Baca juga: Ajari Anak Olahraga Sejak Dini, Perhatikan 5 Hal Ini

4.Hargai Keberhasilan Anak

Sesekali tidak ada salahnya untuk menghargai keberhasilan anak saat berolahraga. Tidak harus selalu dengan barang kesukaan anak, ibu bisa memberikan pujian atas keberhasilan yang dicapai atau menyiapkan makanan kesukaan anak untuk makan malam. Dengan begitu, anak akan termotivasi untuk kembali melakukan olahraga.

5.Jangan Lakukan Olahraga Secara Berlebihan

Aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan anak-anak seharusnya tidak menyakiti dan membuat anak merasa tidak nyaman. Saat akan memulai olahraga, sebaiknya ibu katakan pada anak untuk beristirahat sejenak saat ia merasa kelelahan atau tidak nyaman. Tidak hanya itu, ibu juga perlu untuk mengatur waktu yang tepat dan berapa lama waktu yang akan digunakan akan untuk berolahraga. 

Saat akan berolahraga, perhatikan juga kesehatan anak. Jika anak terlihat tidak enak badan, sebaiknya jangan paksakan anak untuk berolahraga. Berikan anak waktu istirahat yang cukup dan ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter spesialis anak seputar keluhan kesehatan pada anak. Ibu bisa download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Diajarkan ke Anak Sejak Bisa Berjalan

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengajak anak menyukai aktivitas fisik atau olahraga. Banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh anak ketika rutin berolahraga, seperti menjaga kekuatan tubuh, terhindar dari kondisi obesitas, meningkatkan imun tubuh, hingga menghindari anak dari gangguan tidur.

Referensi:
MD Anderson Cancer Center. Diakses pada 2020. 10 Tips to Get Kids to Exercise.
Web MD. Diakses pada 2020. How to Get Kids to Love Exercise.
Kids Health. Diakses pada 2020. Motivating Kids to Be Active.
Healthy Children. Diakses pada 2020. 11 Ways to Encourage Your Child to Be Physically Active.