• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Upaya untuk Mencegah Terjadinya Arthritis

5 Upaya untuk Mencegah Terjadinya Arthritis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Artritis terjadi ketika sendi mengalami pembengkakan dan terasa nyeri. Gejala arthritis meliputi nyeri sendi dan kekakuan yang biasanya memburuk seiring bertambahnya usia. Osteoartritis dan artritis reumatoid adalah jenis arthritis yang paling umum. Kondisi ini disebabkan oleh sejumlah faktor dan yang paling umum adalah karena pertambahan usia. 

Selain faktor usia, ternyata riwayat keluarga dan jenis kelamin juga menentukan risiko perkembangan arthritis. Dibandingkan wanita, laki-laki dinilai lebih rentan mengalami arthritis. Meskipun ini adalah kondisi yang berkaitan dengan pertambahan usia, tetap ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah arthritis.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Radang Sendi dan Pegal Linu

Tips Mencegah Arthritis

Melansir dari Healthline, berikut sejumlah upaya yang dilakukan untuk mencegah perkembangan arthritis di kemudian hari, yaitu:

1. Rutin Mengonsumsi Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 memiliki sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Studi dalam Annals of the Rheumatic Diseases menemukan, wanita yang makan ikan secara teratur punya risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan rheumatoid arthritis. 

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan makan ikan tinggi omega-3 - seperti salmon, trout, mackerel, dan sarden dua kali seminggu. Ikan yang ditangkap langsung di alamnya biasanya lebih direkomendasikan daripada ikan yang dibudidayakan.

2. Jaga Berat Badan Sehat

Lutut berfungsi menopang berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas bisa tentu dapat membebani lutut. Ibu yang kelebihan berat badan hampir empat kali lebih berisiko terkena osteoarthritis di lutut daripada wanita yang punya berat badan yang sehat. Oleh karenanya, pola makan sehat dan olahraga teratur penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. 

3. Rajin Olahraga

Olahraga tidak hanya menghilangkan stres dan mengurangi kelebihan berat badan pada sendi, aktivitas ini juga efektif memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Selain itu, rajin berolahraga juga mampu menstabilkan sendi dan mencegahnya aus.

Cara untuk memaksimalkan manfaat olahraga, yaitu mengubah latihan aerobik seperti berjalan atau berenang dengan latihan kekuatan. Kamu juga bisa menambahkan peregangan untuk mempertahankan fleksibilitas dan rentang gerakan.

Baca juga: Alasan Orang Tua Lebih Rentan Terkena Artritis

4. Hindari Cedera

Seiring waktu, sendi akan mulai aus. Ketika sendi terluka saat olahraga atau kecelakaan, hal ini dapat merusak tulang rawan dan membuat sendi lebih cepat aus. Cara untuk menghindari cedera, yaitu gunakan peralatan keselamatan yang tepat saat berkendara, olahraga dan pelajari teknik olahraga yang benar.

5. Lindungi Persendian

Posisi duduk, berdiri atau mengangkat barang yang salah nyatanya mampu melukai sendi. Kesalahan-kesalahan ini mungkin jarang sekali disadari, padahal efeknya bisa sangat signifikan di kemudian hari. Oleh sebab itu, perhatikan posisi saat duduk, bekerja, dan mengangkat dapat membantu melindungi sendi dari ketegangan sehari-hari. 

Saat mengangkat atau membawa barang, sebaiknya dekatkan ke tubuh, sehingga tidak terlalu membebani pergelangan tangan. Jika kamu diharuskan duduk dalam waktu lama di tempat kerja, pastikan punggung, kaki, dan lengan ditopang dengan baik.

Baca juga: 5 Gerakan Sederhana untuk Redakan Arthritis

Itulah sejumlah upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah arthritis. Jika kamu punya masalah pada persendian, hubungi dokter di aplikasi Halodoc untuk tahu cara penanganannya. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Kini pemeriksaan kesehatan kamu dan keluarga mudah dilakukan dalam genggaman.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Arthritis.
Healthline. Diakses pada 2020. Arthritis Prevention: What Can You Do?.