• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Buah bit (Beta vulgaris) adalah sejenis umbi yang berasal dari akar tanaman. Kamu tidak perlu meragukan manfaat buah bit, karena dalam buah ini terkandung kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Selain itu buah ini juga mengandung asam folat, kaliumen, serat, vitamin C, magnesium, zat besi, fosfor, triptofan, caumarin, dan betasianin. Buah bit ini juga cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet karena kandungan kalorinya sangat rendah. (Baca juga: 7 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh)

Warna ungu pada buah ini dihasilkan oleh kandungan betasianin yakni pigmen merah pada buah bit dan dapat digunakan sebagai alternatif pengganti pewarna sintetik yang aman bagi kesehatan. Meski rasanya kurang enak, nyatanya masih banyak orang yang mencari buah ini untuk dijadikan jus atau sayur. Nah, berikut ini terdapat beberapa manfaat yang akan kamu peroleh apabila rajin mengonsumsinya:

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Buah bit kaya kandungan nitrat, zat ini akan berubah menjadi nitrit oksida dalam tubuh dan mampu menurunkan tekanan darah. Pigmen merah betasianin juga berperan dalam mengurangi peradangan akibat penyakit jantung. Minumlah jus bit beserta sayuran lainnya yang kaya kandunan nitrat untuk membantu kesehatan jantung.

  1. Melancarkan Pencernaan

Apabila kamu merasa mual, nyeri, atau diare, cobalah untuk minum jus buah bit yang dicampur dengan wortel dan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Hal ini disebabkan karena kandungan serat akan membantu dan menjaga proses pencernaan. Sisa-sisa makanan dan racun dalam usus besar akan terbuang bersama serat dalam bentuk feses. Coba juga untuk mengonsumsi jus buah bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan untuk mengurangi rasa kembung di perut.

  1. Mencegah dan Mengobati Anemia

Kandungan zat besi yang yang cukup tinggi, menjadikan buah bit adalah obat ampuh apabila kamu terserang anemia. Zat besi akan membantu mengaktifkan kembali serta meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

  1. Membantu Membuang Racun

Ginjal dan kantung empedu berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih. Dengan bantuan buah bit, kinerja dari kedua organ tersebut akan terbantu dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh. Cobalah mengombinasikan bit, wortel, dan mentimun menjadi jus untuk kamu konsumsi setiap hari.

  1. Menguatkan Stamina

Kandungan karbohidrat pada buah bit akan memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas. Menurut penelitian dari Universitas Exter di Inggris, dengan meminum jus buah bit maka stamina kamu sata berolahraga akan meningkat sebanyak 16 persen. Buah ini juga akan membantu mengurangi risiko sesak akibat masalah kardiovaskuler dan pernapasan sehingga membuat kamu akan berolaraga lebih nyaman.

  1. Menghilangkan Ketombe

Ingin rambut kamu indah dan bebas dari ketombe? Coba gunakan rebusan buat bit untuk menghilangkan ketombe tersebut. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu merebus buah bit, lumatkan buah bit dengan sendok dan oleskan degan lembut di kulit kepala. Biarkan rambut kamu terbungkus handuk, dan bilas dan keramaslah esok harinya. (Baca juga: Ketombe atau Dermatitis Seboroik? Ketahui Bedanya)

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar buah-buahan lain yang kaya nutrisi, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.