• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alasan Wanita Masa Kini Berpikir Ulang untuk Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alasan Wanita Masa Kini Berpikir Ulang untuk Hamil

6 Alasan Wanita Masa Kini Berpikir Ulang untuk Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Juli 2022

“Di zaman yang sudah semakin modern ini, tak sedikit wanita yang cenderung berpikir ulang untuk hamil. Tentu keputusan tersebut dibuat atas banyak alasan dan pertimbangan.”

6 Alasan Wanita Masa Kini Berpikir Ulang untuk Hamil

Halodoc, Jakarta – Menikah dan memiliki anak menjadi mimpi hampir semua wanita. Namun,  kini  sebagian wanita memiliki kecenderungan berpikir ulang untuk hamil atau memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Menurut data yang dihimpun oleh Urban Institute, sejak tahun 2007 hingga sekarang terjadi penurunan kehamilan untuk wanita usia 20-an sebesar 15 persen. Setiap wanita perlu membuat keputusan mengenai mau atau tidak punya anak berdasarkan diri sendiri, tanpa tekanan dari keluarga, teman atau masyarakat pada umumnya. 

Nah, keputusan tersebut tentunya dibuat berdasarkan berbagai pertimbangan dan alasan. Yuk, simak alasan wanita zaman now berpikir ulang untuk hamil di sini.

Alasan Segelintir Wanita Tidak Ingin Hamil

Berikut beberapa alasan wanita  lebih memilih untuk tidak memiliki anak:

1. Persoalan Kesiapan dan Memilih Karier

Salah satu alasan wanita berpikir ulang untuk hamil adalah kesiapan memiliki anak dan memilih karier. Banyak wanita memiliki karier yang bagus dan cukup tinggi. Hamil dan memiliki anak tentu akan berpengaruh pada karier mereka tersebut. Bukan berarti semua wanita era sekarang tidak mau hamil, hanya saja sebagian dari mereka lebih memilih karier dulu ketimbang memiliki anak.

2. Trauma Masa Lalu

Alasan lainnya mengapa wanita berpikir ulang untuk hamil adalah karena masih terjebak dengan masa lalu. Bisa jadi ketika kecil dulu, mereka memiliki pengalaman tidak menyenangkan dengan orangtua. Atau mungkin mereka menyaksikan perceraian ataupun pertengkaran orangtua yang masih terbayang-bayang hingga sekarang. Mereka pun tidak mau memiliki pengalaman serupa, sehingga memutuskan untuk tidak hamil dan punya anak dulu.

3. Nyaman dengan Kehidupan Berdua Bersama Pasangan

Beberapa pasangan sangat menikmati menghabiskan waktu bersama, sehingga mereka tidak ingin atau tidak membutuhkan orang lain untuk berada di dekatnya. Mereka hanya ingin menikmati satu sama lain sepenuhnya. Pasangan yang memilih keputusan untuk tidak memiliki anak karena alasan ini mungkin akan dicap egois, tetapi  itu adalah keputusan yang berhak untuk diambil oleh pasangan mana pun. 

4. Masalah Finansial

Tingginya biaya hidup dan membesarkan anak juga merupakan pertimbangan paling besar yang membuat banyak wanita akhirnya berpikir ulang untuk hamil. Estimasi biaya yang diperlukan untuk membesarkan anak pada tahun 2016 adalah hampir sebesar 3 miliar rupiah. Jumlah biaya tersebut terdiri dari makanan dan kebutuhan pokok, biaya pendidikan hingga sarjana, kebutuhan tempat tinggal, transportasi, dan biaya kesehatan.

Itupun dengan asumsi anak akan berhenti bergantung pada orangtua setelah lulus kuliah. Nyatanya, ada banyak juga orangtua yang masih bertanggung jawab secara finansial atas anak-anak mereka hingga mereka dewasa.

5. Tidak Suka Anak-anak

Nyatanya, tidak semua wanita menyukai anak-anak, lo. Ada juga beberapa wanita yang menganggap anak-anak merepotkan dan berisik. Sebuah jajak pendapat mengungkapkan bahwa ada 8 persen orang yang menjadikan alasan ini sebagai alasan utama dari keputusan untuk tidak memiliki anak.

6. Tidak Ingin Mengorbankan Tubuh

Kehamilan, persalinan, dan menyusui membawa perubahan sangat besar pada tubuh wanita. Hanya sedikit wanita yang mampu mempertahankan bentuk tubuhnya setelah melahirkan anak. Payudara, paha, pinggang, dan perut, semuanya pasti akan berubah setelah melahirkan anak. Itulah mengapa sebagian wanita cenderung berpikir ulang untuk hamil. Mereka tidak ingin bentuk tubuh mereka berubah. 

Ada wanita yang memiliki masalah kepercayaan diri akibat bentuk tubuhnya, sehingga tidak ingin menambahnya lagi dengan dampak yang bisa diberikan kehamilan dan persalinan pada tubuhnya. Menurutnya, bagaimanapun juga mempertahankan bentuk tubuh akan lebih mudah bila tidak melahirkan anak.

Itulah alasan-alasan wanita zaman sekarang berpikir ulang untuk hamil. Nah, bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai masalah kehamilan, bisa kok tanya dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Moms. Diakses pada 2022. 20 Super Honest Reasons Why Women Don’t Want To Have Any Kids.
Ideapod. Diakses pada 2022. 50 women give their reason for not wanting children.
Tirto. Diakses pada 2022. Mahalnya Biaya Membesarkan Anak