• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alasan Zat Besi Penting Dikonsumsi Setiap Hari

6 Alasan Zat Besi Penting Dikonsumsi Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Alasan Zat Besi Penting Dikonsumsi Setiap Hari

“Zat besi memiliki fungsi vital, termasuk meningkatkan energi, menjaga fokus tubuh, hingga menjaga kehamilan yang sehat. Itulah penting untuk mengonsumsi sumber makanan yang kaya zat besi setiap hari. Jika kamu mengabaikannya, maka sejumlah penyakit bisa mengintai.”

Halodoc, Jakarta – Zat besi adalah mineral penting untuk fungsi hemoglobin mengangkut oksigen dalam darah. Zat besi juga berperan dalam berbagai proses penting lainnya di dalam tubuh. Kekurangan zat besi dalam darah bisa menyebabkan berbagai proses penting lainnya di dalam tubuh. 

Itulah pentingnya mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah cukup untuk menjaga fungsi tubuh. Jika kamu tidak mengonsumsi asupan zat besi setiap hari, maka kemungkinan mengalami kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan anemia. Ingatlah untuk selalu mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi setiap hari. 

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Anemia yang Merupakan Penyakit Keturunan

Pentingnya Mengonsumsi Zat Besi Setiap Hari

Zat besi membantu menjaga banyak fungsi vital dalam tubuh, termasuk energi, fokus tubuh, proses pencernaan, sistem kekebalan, dan mengatur suhu tubuh. Manfaat zat besi sering luput dari perhatian hingga seseorang tidak mendapatkan cukup asupan.

Berikut ini alasan pentingnya zat besi dikonsumsi setiap hari:

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Zat besi bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke otot dan otak. Jika seseorang tidak mengonsumsi cukup zat besi dalam makanan, efisiensi penggunaan energi tubuh akan terpengaruh. Zat besi membantu meningkatkan fokus dan tingkat konsentrasi, mengurangi iritabilitas, dan meningkatkan stamina. 

2. Meningkatkan Kinerja Tubuh secara Aktif

Asupan zat besi yang tepat penting bagi seseorang yang menjalani gaya hidup aktif, karena meningkatkan kinerja atletik. Zat besi menghasilkan sel darah merah yang mengandung hemoglobin, yang mentransfer oksigen ke jaringan, kekurangannya bisa menyebabkan kinerja buruk selama ketegangan fisik.

Baca juga: Orang yang Berpotensi Terkena Anemia Defisiensi Zat Besi dan Folat

3. Menjaga Kehamilan yang Sehat

Selama kehamilan, volume darah dan produksi sel darah merah tubuh meningkat untuk memastikan janin mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Dengan begitu, kebutuhan zat besi juga meningkat. 

Asupan zat besi yang cukup menurunkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, simpanan zat besi rendah, dan defisit kognitif dan perilaku pada bayi. Seorang ibu hamil yang mengonsumsi zat besi dalam makanan sehari-harinya lebih kecil kemungkinan untuk terserang virus dan menderita infeksi. 

4. Meningkatkan Sistem Imun

Zat besi juga berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ia mampu mencegah dan mengobati berbagai kondisi kesehatan. Sel darah merah yang dihasilkan penting untuk memperbaiki jaringan dan kerusakan sel.

Dengan begitu bisa mencegah terjadi penyakit di kemudian hari. Hemoglobin dalam sel darah merah juga meningkatkan sistem kekebalan dan memastikannya bekerja pada tingkat yang optimal. 

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Otak menuntut zat besi untuk berfungsi dengan baik, karena membutuhkan darah beroksigen untuk meningkatkan fungsi kognitif. Zat besi meningkatkan aliran darah di otak, membantu membuat jalur saraf baru untuk mencegah komplikasi kognitif. Seperti penyakit demensia dan penyakit Alzheimer.

Maka itu, pola makan kaya zat besi bermanfaat untuk fungsi kognitif yang optimal dan kesehatan otak secara keseluruhan. 

6. Baik untuk Kualitas Tidur yang Nyenyak

Apakah kamu sering mengalami kesulitan tidur di malam hari meskipun tubuh sebenarnya sangat kelelahan? Hal ini bisa terjadi karena kekurangan zat besi. Sebelum kondisi tersebut terjadi, mulailah menerapkan pola makan yang kaya zat besi setiap hari supaya tidak hanya mudah tertidur, tapi juga menikmati tidur nyenyak setiap malam. 

Baca juga: Hati-Hati, Anemia Saat Hamil Tingkatkan Risiko Stunting pada Anak

Itulah alasan pentingnya zat besi dalam pola makan sehari-hari yang tidak boleh diabaikan. Pola makan menjadi tidak sehat jika tidak mengandung zat besi dalam proporsi yang tepat. Jadi, untuk menjaga tubuh berfungsi optimal, pastikan kamu mengonsumsi cukup makanan yang mengandung zat besi setiap hari. 

Jika kamu memiliki masalah terkait zat besi dalam pola makan sehari-hari, cobalah untuk berdiskusi pada dokter spesialis gizi melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything you need to know about iron
Healthline. Diakses pada 2021. How Much Iron Do You Need per Day?
Everyday Health. Diakses pada 2021. Why Iron-Rich Foods Are Important