• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alat Olahraga yang Bisa Digunakan di Rumah

6 Alat Olahraga yang Bisa Digunakan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Alat Olahraga yang Bisa Digunakan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Berbagai kondisi dapat menyebabkan kamu tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke tempat gym atau tempat olahraga lainnya. Meskipun begitu, jangan biarkan kondisi ini menjadi halangan bagi kamu untuk tetap rutin berolahraga. Tahukah kamu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan? Ya, rutin berolahraga dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai gangguan penyakit, menjaga berat badan tetap stabil, hingga menjaga kesehatan mental tetap optimal.

Baca juga: 6 Gerakan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kamu bisa menggunakan waktu libur di rumah sebagai ajang untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga agar kamu dapat merasakan manfaat olahraga. Tidak hanya melakukan jalan santai atau bersepeda di sekitar lingkungan rumah, kamu bahkan bisa melakukan olahraga di rumah dengan memiliki beberapa jenis alat olahraga. Yuk, simak ulasannya di sini agar kamu tetap termotivasi untuk berolahraga!

Inilah Alat Olahraga yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah

Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki waktu untuk berolahraga di gym. Kamu bisa melakukan olahraga di rumah dengan beberapa alat olahraga yang bisa digunakan dari rumah.

1.Mat

Meskipun mat umumnya digunakan untuk olahraga yoga, tetapi kamu bisa gunakan mat untuk melakukan olahraga yang lain dari rumah. Kamu dapat memaksimalkan mat dengan melakukan berbagai olahraga, seperti melakukan gerakan plank, push up, dan juga sit up.

2.Sepeda Statis

Alat ini menjadi salah satu alat olahraga yang wajib kamu miliki di rumah. Berbagai manfaat dapat kamu rasakan dengan rutin menggunakan sepeda statis, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, membakar kalori, meningkatkan kekuatan kaki, serta lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan bersepeda di luar rumah.

Baca juga: 6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

3.Barbel

Pilihlah barbel yang tidak terlalu besar untuk kamu miliki di rumah. Dengan begitu, kamu dapat berolahraga dari rumah. Olahraga menggunakan barbel dapat meningkatkan kekuatan tangan dan juga otot pada tubuh.

4.Dumbell

Berbeda dengan barbel, alat olahraga yang berbentuk bulat ini juga cocok untuk kamu simpan di rumah agar kamu dapat berolahraga kapan saja. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin menggunakan dumbell sebagai alat olahraga, seperti memperbaiki postur tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga meningkatkan kekuatan tubuh.

5.Slider Disc

Alat ini berbentuk bulat dan datar dan dirancang untuk menggerakan tangan dan kaki pada lantai. Dengan menggunakan slider disc, kamu tidak perlu mengangkat tangan atau kaki untuk digerakkan. Kamu bisa menggeser tangan maupun kaki di atas slider disc dengan menopang tubuh. Selain kecil, slider disc menjadi salah satu alat olahraga yang sangat mudah dibawa kemana saja, sehingga perlu kamu miliki di rumah.

6.Resistance Loop Band

Selain slider disc, resistance loop band juga menjadi salah satu alat olahraga yang simpel dan praktis, sehingga bisa kamu bawa kemana saja. Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin melakukan olahraga dengan alat ini adalah meningkatkan kekuatan pola gerakan alami yang kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Ini Olahraga yang Aman Dilakukan Selama Pandemi Corona

Itulah beberapa alat olahraga yang bisa kamu miliki di rumah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam setiap kegiatan olahraga yang kamu lakukan di rumah. Gunakan sepatu dan juga pakaian yang nyaman agar olahraga dapat dilakukan dengan maksimal. Pastikan kamu menggunakan alat olahraga dengan tepat agar terhindar dari cedera.

Gunakan aplikasi Halodoc dan tanya langsung dengan dokter jika kamu mengalami cedera saat berolahraga dari rumah. Kamu bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Get a Full Body Workout With Sliding Disc Exercises.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Benefits of Resistance Bands for Strength Training.
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Great Benefits of a Stationary Bike Workout.
Style Craze. Diakses pada 2020. 15 Benefits of Lifting Weights for Women – A Beginners Guide.