• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alternatif Pengganti Kecap saat Sedang Diet

6 Alternatif Pengganti Kecap saat Sedang Diet

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Alternatif Pengganti Kecap saat Sedang Diet

“Kandungan gula dan sodium pada kecap manis dapat menghambat program diet yang sedang kamu jalani. Sayangnya, kecap terkesan tidak dapat dipisahkan dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Meski begitu, agar diet dapat berjalan lebih efektif, sebenarnya ada beberapa alternatif pengganti kecap manis saat sedang diet. Misalnya seperti kecap Inggris, coconut aminos, saus tiram, kecap ikan, hingga kecap kelapa.” 

Halodoc, Jakarta – Kecap manis merupakan salah satu bahan penyedap rasa yang sering digunakan dalam berbagai makanan. Akan tetapi, kecap manis sering dikaitkan dengan kalori tinggi penyebab kenaikan berat badan. Sebab, kecap manis mengandung gula dan sodium sebagai bahan pengawetnya. Perlu diingat bahwa asupan gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar lemak pada tubuh. Sedangkan sodium dapat memberikan efek ingin makan dan minum terus-menerus.

Apabila kamu sedang diet, ada baiknya untuk menghindari konsumsi kecap manis. Nah, kamu dapat menggantinya dengan beberapa alternatif untuk diet yang lebih sehat. Penasaran apa saja? Simak informasinya di sini!

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Alternatif Kecap Manis untuk Diet yang Lebih Efektif

Ada beberapa bahan pengganti kecap manis yang mengandung rendah gula serta lebih aman untuk dietmu, antara lain: 

  1. Coconut Aminos

Dilansir dari Healthline, coconut aminos adalah alternatif kecap asin yang lebih sehat. Penyedap rasa tersebut dibuat dari nira kelapa organik dan garam laut alami. Selain itu, coconut aminos juga memiliki kandungan natrium yang cukup rendah bila dibandingkan kecap biasa. Namun, cita rasa asin dan gurih pada makanan tetap dapat diperoleh layaknya kecap asin biasa. Bahkan, coconut aminos juga memiliki konsistensi dan warna yang mirip dengan kecap kedelai biasa, sehingga cocok digunakan sebagai pengganti kecap dalam masakan.

  1. Kecap Ikan

Salah satu alternatif kecap kedelai untuk diet adalah kecap ikan. Jenis kecap yang satu ini dikenal tidak mengandung protein kedelai dan bebas gluten.  Kecap ikan juga mampu meningkatkan rasa makanan yang kamu konsumsi, tanpa perlu menggunakan kecap manis. Menariknya lagi, kecap ikan juga dapat menjadi alternatif pengganti untuk garam, secara lebih sehat.

  1. Saus Tiram

Saus tiram dapat dijadikan sebagai pengganti kecap untuk diet. Saus tersebut memiliki tekstur lebih kental dari kecap dan umumnya dicampurkan ke dalam tumisan. Namun, sebelum membeli saus tiram, sebaiknya perhatikanlah label komposisinya. Pastikan bahwa saus tiram yang kamu pilih tidak mengandung gula tambahan atau karamel. Sebab, baik gula tambahan atau karamel sama-sama berisiko meningkatkan kalori. Hal tersebut tentu harus dihindari selama menjalani diet.

  1. Kecap Inggris

Alternatif kecap kedelai yang satu ini memiliki beraroma unik dan memiliki rasa umami. Kecap Inggris atau saus worcestershire adalah bumbu marinasi yang umumnya digunakan untuk steak, tumisan, hingga olahan masakan Tiongkok. Perlu diketahui bahwa kecap Inggris adalah jenis saus gluten free atau bebas gluten. Selain itu, kecap Inggris juga tidak mengandung kedelai karena dibuat dari campuran bawang-bawangan, cuka, kecap asin, lada hitam, dan asam jawa.

Baca juga: Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

  1. Kecap dari Ekstrak Stevia

Daun stevia dapat diolah menjadi kecap rendah gula, sehingga dapat menjadi alternatif kecap manis yang baik untuk kesehatan. Cita rasanya pun tidak akan berbeda jauh dari kecap manis kedelai pada umumnya. Menurut Diana F. Suganda, M. Kes, SpGK, daun stevia bisa dijadikan sebagai pengganti gula.

“Stevia adalah bahan pemanis alami yang sedang digemari, terbuat dari ekstrak daun stevia. Kini, stevia dapat dipakai sebagai pemanis pengganti gula dalam kecap. Rasa manis dari satu cup gula pasir sama manisnya dengan seperdelapan ekstrak stevia,” ujarnya seperti dilansir salah satu media daring nasional (8/3/2018).

Berdasarkan pernyataan tersebut, kecap yang terbuat dari ekstrak stevia tentu dapat dijadikan sebagai alternatif kecap manis biasa. Kecap rendah gula tersebut aman dikonsumsi bagi mereka yang mengidap diabetes, dan juga mereka yang sedang menjalani diet. Namun, meski kandungan gulanya lebih rendah dari kecap manis biasa, mengonsumsi kecap ini juga jangan sampai berlebihan. 

  1. Kecap dari Air Kelapa

Alternatif kecap manis yang terakhir adalah kecap dari air buah kelapa. Kecap ini dibuat dari proses penguapan air kelapa yang ditambahkan dengan bumbu dan gula jawa. Selain itu, kecap dari air kelapa juga dapat dibuat sendiri di rumah dengan beberapa bahan yang mudah didapatkan. Misalnya seperti air kelapa, kluwek, serai, daun salam, garam, kemiri, hingga gula jawa. 

Namun, perlu diketahui bahwa gula jawa dalam kecap kelapa bersifat opsional. Apabila air kelapa yang digunakan sudah memberikan rasa manis, sebaiknya gula jawa tidak perlu ditambahkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari asupan gula tambahan yang dapat menghambat program diet.

Nah, itu lah beberapa alternatif kecap manis saat sedang diet. Selain menghindari konsumsi kecap manis secara berlebihan, kamu juga perlu menghindari makanan berlemak dan tinggi gula. Dan yang terakhir, pastikan untuk berolahraga secara rutin minimal 30 menit sehari agar kalori terbakar dengan maksimal.

Baca juga: Cek Kalori Jajanan Favorit yang Super Nagih

Apabila kamu membutuhkan informasi terkait menu makanan yang baik saat menjalani diet, kamu dapat menghubungi ahli gizi di aplikasi Halodoc. Lewat fitur chat/video call yang tersedia pada aplikasinya.

 Selain itu, kamu juga dapat membeli vitamin atau suplemen sesuai kebutuhan pada aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau megantri berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

CNN Indonesia. Diakses pada 2021. 6 Pengganti Kecap untuk Diet
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Soy Sauce Substitutes
Kumparan. Diakses pada 2021. Stevia, Daun Kecil Pengganti Gula yang Sehat