• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

6 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 September 2022

“Nyamuk menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah, west nile, zika dan malaria. Guna menekan populasi nyamuk, kamu bisa menggunakan bahan alami, seperti lavender, minyak kayu putih lemon dan minyak kayu manis.”

6 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah6 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

Halodoc, Jakarta – Nyamuk tertarik pada aroba yang kuat seperti bau sabun, makanan atau kulit manusia. Mereka juga menyukai pakaian berwarna gelap, suhu hangat dan lembap serta tempat gelap yang penuh dengan barang tak terpakai. 

Gigitan nyamuk tak hanya memicu bentol dan gatal saja. Tergantung dari jenis nyamuknya, mereka juga bisa menularkan penyakit serius seperti chikungunya, demam berdarah West Nile, Zika atau malaria.

Untuk menekan populasi nyamuk yang ada di lingkungan rumah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami. Di antaranya minyak kayu putih lemon, lavender, minyak kayu manis, minyak thyme dan sereh.

Bahan Alami Pengusir Nyamuk

1. Minyak Kayu Putih Lemon

Obat nyamuk ini telah digunakan sejak 1940-an dan 95 persen efektif memberikan perlindungan tubuh selama 3 jam. Cara membuatnya dengan mencampur minyak kayu putih lemon dan minyak bunga matahari.

Balurkan campuran tersebut ke seluruh tubuh untuk memberikan perlindungan maksimal. Meski terbuat dari bahan alami, tidak disarankan memberikan minyak kayu putih lemon tidak pada anak berusia di bawah 3 tahun.

2. Bunga Lavender

Aroma lavender yang sudah dihancurkan bisa menjadi obat nyamuk alami. Tanaman ini bersifat analgesik, antijamur, dan antiseptik. Artinya, selain mencegah gigitan nyamuk, bunga ini juga efektif menenangkan dan menyejukkan kulit.

Cara membuatnya dengan menghancurkan lavender dan oleskan sari bunga ke area tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki atau leher. Kamu juga bisa meneteskannya ke bantal atau sprei untuk memberikan perlindungan maksimal.

3. Minyak Kayu Manis

Cara membuat obat nyamuk dari minyak kayu manis adalah mencampurkan dengan ¼ sendok teh (24 tetes) minyak dengan 4 ons air. Campuran ini bisa disemprotkan langsung ke kulit, pakaian atau ruangan di dalam rumah. 

Disarankan untuk berhati-hati saat mengoleskan minyak ke kulit. Sebab, campuran yang terlalu kental meningkatkan risiko iritasi kulit. Jika setelah menggunakan terjadi ruam atau gatal, segera hentikan penggunaan dan bersihkan kulit dengan air.

4. Minyak Thyme

Thyme efektif mengusir nyamuk yang menjadi penyebab malaria. Obat nyamuk alami ini bisa digunakan dalam tiga cara. Pertama, bakar daun tyme. Asap dari pembakaran daun efektif membunuh nyamuk.

Cara kedua, campurkan 4 tetes minyak thyme dengan satu sendok minyak zaitun atau jojoba, kemudian minum. Terakhir, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air. Larutan ini bisa digunakan sebagai semprotan nyamuk.

5. Sereh

Sereh atau citronella adalah minyak esensial alami yang efektif melawan nyamuk. Caranya dengan membakar sebatang serai di dalam ruangan. Asapnya bisa memberikan perlindungan ekstra hingga 50 persen.

6. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh bersifat antiseptik, antimikroba dan antiinflamasi yang efektif mengusir nyamuk di sekitar rumah. Cara membuatnya dengan mencampur beberapa tetes minyak pohon teh dan air. Masukkan campuran ini ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan cairan ke lingkungan rumah.

Nyamuk bisa membawa virus atau kuman yang menjadi penyebab penyakit berbahaya. Karena itu, populasinya perlu ditekan guna menurunkan risiko penyakit seperti chikungunya, demam berdarah West Nile, Zika atau malaria

Selain menggunakan obat nyamuk dari bahan alami di atas, kamu bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin agar tidak gampang sakit.

Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Caranya degan mendownload Halodoc dan cek kebutuhan multivitamin di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Natural Ingredients That Repel Mosquitoes.
WebMD. Diakses pada 2022. Natural Mosquito Repellents.