• Home
  • /
  • 6 Buah Ini Diklaim Ampuh Tingkatkan Kesehatan Miss V

6 Buah Ini Diklaim Ampuh Tingkatkan Kesehatan Miss V

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Buah Ini Diklaim Ampuh Tingkatkan Kesehatan Miss V

Halodoc, Jakarta - Merawat organ reproduksi merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan oleh seluruh wanita. Memiliki vagina yang sehat berarti memiliki banyak bakteri baik di dalamnya guna menangkal infeksi, serta mempertahankan pH normal di dalamnya. Vagina yang sehat juga akan mengeluarkan cairan yang berfungsi menjaga vagina tetap bersih.

Baca juga: Cara Tepat Menjaga Kebersihan Miss V

Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka pH dalam vagina bisa dipertahankan. Salah satu perawatan alami yang dianjurkan adalah mengonsumsi buah-buahan. Apa saja buah yang baik untuk kesehatan vagina? Berikut ulasan selengkapnya!

  • Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan vagina. Buah ini mengandung lemak baik, vitamin B6, serta kalium yang memiliki efek baik terhadap libido wanita. Alpukat merupakan salah satu makanan yang mampu memicu tubuh dalam memproduksi pelumas alami, serta meningkatkan kadar hormon estrogen di dalamnya. 

Tidak berhenti sampai di situ saja, buah ini juga disebut ampuh dalam meningkatkan keberhasilan fertilisasi atau kehamilan, karena kandungan lemak tak jenuh di dalamnya. Apakah kamu berniat untuk mencobanya?

  • Jeruk

Buah dengan rasa masam ini menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan vagina. Jeruk mengandung rendah kalori yang mampu menurunkan risiko penyakit gagal ginjal. Jika dikonsumsi secara rutin, fibroid pada rahim perlahan akan meningkat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi dua buah jeruk atau lebih guna mengembangkan fibroid pada rahim.

Bukan itu saja, buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga mampu menguatkan sistem imun tubuh, serta membuat kulit vagina menjadi lebih lembut dan elastis. Jika kamu memiliki kulit vagina yang elastis, melakukan hubungan seksual menjadi lebih nikmat, karena akan terhindar dari lecet.

Baca juga: Cara Terbaik Mengetahui Masa Subur Wanita

  • Cranberry

Buah yang baik untuk kesehatan vagina selanjutnya adalah cranberry. Buah ini mengandung tinggi antioksidan serta senyawa asam yang mampu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada vagina. Bukan itu saja, cranberry juga bermanfaat dalam mencegah penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang umum dialami oleh wanita.

Cranberry diperkaya dengan kandungan vitamin C dan E yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk menikmati manfaatnya, kamu bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi jus tanpa dicampur dengan pemanis buatan.

  • Apel

Faktanya, mengonsumsi apel setiap hari dapat meningkatkan performa di atas ranjang. Buah yang baik untuk kesehatan vagina ini juga mampu meningkatkan fungsi seksual, gairah, serta meningkatkan kemampuan orgasme. Buah ini bekerja dengan merangsang aliran darah menuju vagina.

  • Pisang

Pisang mengandung kalori, vitamin B6, C, mangan, kalium, biotin, serta tembaga. Sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya sangat baik bagi tubuh serta kulit. Buah ini mampu mendorong kegiatan seksual yang berujung pada pembuahan. 

  • Lemon

Sifat asam pada lemon menjadikan buah ini sebagai buah yang baik untuk kesehatan vagina, karena mampu menjaga kadar pH normal di dalamnya. Antioksidan dalam lemon juga mampu membantu melindungi sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Lemon juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi lemon yang telah dicampur dengan air hangat dan madu sebanyak 1-2 kali sehari.

Baca juga: Apakah Rahim Bermasalah Bisa Mengganggu Kesuburan?

Bukan hanya buah-buahan saja yang mampu menyehatkan organ vagina, kamu juga perlu membersihkan vagina secara rutin, menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, serta mengganti pembalut atau pantyliner setiap 3-4 jam sekali. Jika kamu mengalami masalah pada organ penting ini, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc guna mendapatkan penanganan yang tepat!

Referensi:

Hello Beautiful. Diakses pada 2020. Inside Out: The 15 Best Foods To Feed Your Vagina.

Health. Diakses pada 2020. The Best and Worst Foods for Your Vagina.