• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Buah Yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

6 Buah Yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Makan sahur adalah hal yang penting dan harus kamu perhatikan kadar nutrisinya untuk menjaga tenaga dan kesehatanmu selama berpuasa. Selain santapan yang sehat, segar, lezat, dan mengenyangkan, kamu juga dapat menambahkan beberapa buah-buahan ke dalam menu makan sahurmu. Tidak hanya menambah rasa dan membuatmu merasa segar, buah yang kamu konsumsi saat sahur juga akan membantumu mengatasi beragam masalah pencernaan dan membuatmu tidak mudah lapar.

Namun, tidak semua buah dapat kamu konsumsi saat sahur. Salah memilih buah malah dapat memicumu terkena maag atau masalah lain yang membuat tubuhmu merasa tidak nyaman. Nah, inilah beberapa buah yang dapat dikonsumsi saat sahur supaya kuat seharian berpuasa:

  1. Pisang

Untuk kamu yang memiliki masalah maag, buah pisang ini cocok untuk menjadi alternatif pengganti makanan sahur. Pasalnya, kadar vitamin C yang dikandungnya dapat membantu mengurangi asam lambung. Dalam satu buah pisang terdapat sekitar 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Pisang juga ternyata berkhasiat menstabilkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pisang pun akan merawat sistem pencernaanmu dan mengcegah sembelit. Kamu dapat mengonsumsinya langsung, dipanggang dengan topping kesukaanmu, atau dijus.

(Baca juga: Cicipi 7 Buah Anti Kanker Agar Tetap Sehat)

  1. Mangga

Berpuasa adalah salah satu cara ampuh mengeluarkan racun yang menumpuk di sistem pencernaan. Nah, dengan mengonsumsi buah mangga, maka proses pembuangan racun ini akan semakin maksimal. Saat sahur, buah ini sangat tepat untuk dikonsumsi apabila dihidangkan dalam bentuk jus. Namun, kamu harus memastikan buah mangga yang hendak kamu makan memiliki rasa yang manis. Sebab, buah mangga yang memiliki rasa asam hanya akan membuat perutmu menjadi tidak nyaman selama berpuasa.

  1. Alpukat

Buah ini kaya akan kandungan serat dan akan membantu penyerapan nutrisi makanan saat sahur. Lemaknya pun baik untuk tubuhmu, karena mampu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Buah ini juga cocok untuk kamu yang sedang menjalankan diet, karena alpukat akan membantu mengurangi berat badan. Kamu dapat mengolah buah ini dengan cara dibuat menjadi jus dengan tambahan madu agar rasanya manis.

(Baca juga: 7 Manfaat dan Khasiat Alpukat pada Tubuh)

  1. Pepaya

Buah ini adalah obat alami ampuh untuk mengatasi sembelit saat hari-hari pertama puasa. Hal ini disebabkan karena pepaya memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan zat ini pula yang akan membantu makananmu tercerna lebih optimal. Konsumsilah buah ini langsung atau dengan cara dijus setelah kamu selesai menyantap makanan sahurmu.

  1. Apel

Tidak hanya praktis, kandungan dalam buah apel seperti vitamin A, B, dan C mampu menekan nafsu makanmu sesaat setelah sahur. Jadi, kamu tidak akan mudah lapar saat puasa seharian. Apel pun mampu melawan kolesterol jahat di dalam tubuhmu, sehingga jantung dan sistem peredaran darahmu akan lebih sehat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, cobalah makan beserta dengan kulitnya. Namun, pastikan agar dicuci terlebih dahulu sebelum kamu menggigitnya.

  1. Kurma

Ini lah buah terbaik yang wajib kamu konsumsi selama bulan Ramadan. Tidak hanya cepat menggantikan energi yang hilang saat berbuka puasa, buah asal Timur Tengah ini juga cocok dijadikan makanan saat sahur. Meski kandungan gulanya cukup tinggi, tetapi kurma aman dikonsumsi karena memiliki zat glikemik yang rendah, sehingga akan menghindarkanmu dari kegemukan.

Nah, Itulah enam jenis buah yang dapat kamu konsumsi saat sahur dan pastinya sangat menyehatkan untuk kesehatanmu. Setelah ini, yuk mulai rutin konsumsi buah setiap hari! Untuk tips kesehatan lainnya, kamu bisa bebas berinteraksi selama 24 jam ke dokter ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play!