• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

6 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini, olahraga bersepeda kian digemari. Selain menyenangkan dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan, bersepeda juga menjadi cara ampuh menurunkan berat badan, lho. Terlebih jika diimbangi dengan berbagai pola hidup sehat lainnya. 

Ya, menurunkan berat badan dengan bersepeda punya prinsip yang sama dengan olahraga lainnya, yaitu butuh ketekunan, kesabaran, disiplin, dan penerapan pola hidup sehat. Jika kamu bersepeda untuk menurunkan berat badan, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Baca juga: Kebiasaan Pagi Ini Berpotensi Bikin Bobot Naik

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Menurunkan berat badan dengan bersepeda dapat dimaksimalkan dengan menerapkan beberapa teknik dan tips. Baik di saat bersepeda maupun saat tidak bersepeda. Berikut ini tips menurunkan berat badan dengan bersepeda:

1.Ubah Pola Makan Jadi Lebih Sehat

Jika ingin lemak yang terbakar dan berat badan turun, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah asupan dan pola makan harian. Namun, bukan berarti kamu harus memangkas berlebihan asupan makanan. Cukup ubah pola makan menjadi lebih sehat dari biasanya. Makan secara teratur dan perbanyak minum air putih setiap harinya. 

2.Kurangi Makanan Tinggi Lemak dan Gula

Makanan tinggi lemak dan gula punya peran besar dalam peningkatan berat badan. Jadi, jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, kamu juga perlu mengurangi makanan tinggi lemak dan gula. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi makanan tinggi lemak dan gula juga dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti stroke dan diabetes. 

3.Hindari Konsumsi Alkohol

Kalori yang terkandung dalam minuman beralkohol sangat tinggi. Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsinya secara berlebihan, bersepeda seperti apapun mungkin akan percuma. Jadi, hindarilah konsumsi alkohol, jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda. 

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Sulit Turun Berat Badan Dibanding Pria?

4.Hindari Pola Pikir “Balas Dendam”

Sering kali karena sudah merasa sangat lelah berolahraga, kamu ingin makan enak sebagai “pembalasan dendam”. Pola pikir seperti ini sebaiknya dihindari jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, ya. Meski ada tambahan aktivitas yang melelahkan, seperti bersepeda, tetaplah makan sewajarnya, sesuai porsi, dan perhatikan kandungan nutrisinya. 

5.Maksimalkan Waktu Bersepeda

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, waktu yang dihabiskan untuk bersepeda, lebih penting dibanding jarak yang ditempuh. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia, untuk menghitung berapa jarak yang bisa ditempuh saat bersepeda selama 30 menit.

Lalu, catat jarak yang mampu ditempuh dan tentukan target mengurangi waktu tempuh untuk mencapai jarak yang sama. Jika rutin melakukannya, tingkat kebugaran tubuh juga meningkat, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu juga semakin singkat. Dengan begitu, kalori yang dibakar akan semakin banyak.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Teh Oolong untuk Turunkan Berat Badan

6.Konsisten

Perjalanan menurunkan berat badan sebaiknya dijadikan sebagai pola hidup yang akan diadopsi selamanya. Jadi, tidak perlu buru-buru dan grasak-grusuk. Jalanilah hal ini sebagai suatu rutinitas dan lakukan secara konsisten, tanpa terburu-buru. Maksudnya, buatlah target yang mudah dan masuk akal untuk dicapai sesuai dengan kemampuan kamu. 

Itulah beberapa tips menurunkan berat badan dengan bersepeda. Jika kamu butuh saran pengaturan pola makan yang tepat untuk menurunkan berat badan dengan sehat, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter gizi, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Cycling Weekly. Diakses pada 2020. How to lose weight cycling: Six essential tips.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Biking Your Way to Weight Loss.
British Cycling. Diakses pada 2020. Struggling with Cycling Weight Loss.