6 Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam

Halodoc, Jakarta - Flek hitam pada wajah memang kerap menjadi momok bagi wanita. Tak jarang ada yang menutupinya dengan berlapis-lapis foundation dan concealer, untuk bisa tampil dengan riasan sempurna. Namun, apakah itu dapat menjadi solusi? Tentu saja iya, tetapi hanya sementara. Cara itu hanya bisa menutupi flek hitam secara sementara, bukan menghilangkannya. Ketika riasan luntur atau dihapus, ia dapat terlihat lagi di permukaan kulit wajah. Jika sudah begitu, pertanyaan yang melintas di kepala adalah, adakah cara yang tepat untuk hilangkan flek hitam?

Sebelum membahas cara untuk hilangkan flek hitam, perlu diketahui bahwa flek hitam, atau juga dikenal sebagai hiperpigmentasi, adalah bintik-bintik gelap yang muncul di permukaan kulit. Bintik gelap ini muncul karena berbagai hal, mulai dari paparan sinar matahari, efek dari kondisi kulit tertentu, hingga penggunaan obat. Bintik gelap, yang setelah ini akan disebut flek hitam saja, umumnya tidak berbahaya. Meski pada kasus yang cukup jarang dapat berkembang menjadi kanker, flek hitam umumnya dapat disamarkan bahkan dihilangkan, kok.

Baca juga: Kenali Pemicu Munculnya Flek Hitam pada Wajah

Berikut bahan yang dapat dicoba, jika ingin menghilangkan flek hitam:

1. Air Perasan Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon dapat menjadi pencerah kulit sekaligus toner alami. Air perasan lemon pun ampuh untuk menghilangkan flek-flek hitam pada wajah. Cukup ambil beberapa tetes air perasan lemon dan oleskan pada area kulit yang terdapat flek hitam. Lakukan secara rutin, hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Minyak Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga merupakan zat yang memiliki beragam manfaat untuk kulit. Vitamin ini mampu menstabilkan produksi kolagen, sekaligus meratakan hiperpigmentasi. Jadi, kamu bisa coba gunakan minyak vitamin E untuk menghilangkan flek hitam.

Baca juga: Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

3. Minyak Jarak

Mungkin belum banyak yang tahu, tapi minyak jarak adalah salah satu obat ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakannya bersama vitamin E, setidaknya dua kali sehari.

4. Yoghurt

Produk olahan susu ini tentu familiar di telinga, sebagai salah satu bahan yang kerap dikreasikan menjadi beragam makanan dan minuman. Namun, siapa sangka jika selain rasanya yang enak, yoghurt menyimpan manfaat sebagai penghilang flek hitam? Ya, kandungan asam laktat yang tinggi dalam yoghurt mampu mengatasi perubahan warna kulit, yang artinya dapat digunakan untuk mengatasi flek-flek hitam. Oleskan pada kulit setidaknya 2 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Tabir Surya

Tinggal di Negara Tropis membuat kita tidak bisa menghindari paparan sinar matahari. Padahal, sinar matahari bisa disebut sebagai ‘musuh’ bagi kulit, karena membuat sel-sel kulit terlalu banyak memproduksi melanin. Sementara melanin merupakan hormon yang bertanggungjawab atas munculnya bintik-bintik gelap pada kulit.

Baca juga: Flek Hitam di Wajah Pengaruh Lingkungan atau Hormon?

Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri untuk selalu mengaplikasikan tabir surya pada kulit, setiap hari sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Tidak hanya mencegah munculnya flek hitam, tabir surya juga mampu melindungi kulit dari garis-garis halus dan kerutan, 2 hal selain flek hitam yang juga kerap membuat wanita cemas akan kemunculannya.

6. Pastikan Kulit Terhidrasi dengan Baik

Pernah dengar anjuran untuk minum air putih setidaknya 2 liter per hari, bukan? Anjuran itu tidak main-main, lho. Sebab, ketika tubuh terhidrasi dengan baik, secara langsung kulit pun menjadi terhindar dari berbagai masalah, salah satunya adalah flek hitam. Hal ini dikarenakan air mampu menghilangkan racun-racun berbahaya dari dalam tubuh, sekaligus menghasilkan kulit yang lebih bersih nan sehat. Jadi mulai sekarang, pastikan tubuh dan kulit selalu terhidrasi dengan baik, ya.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!