• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Diet untuk Pemula yang Aman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Diet untuk Pemula yang Aman

6 Cara Diet untuk Pemula yang Aman

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Mei 2022

“Bagi seseorang yang baru menjalani diet, mengubah pola makan menjadi lebih sehat tentu bukan hal mudah. Diet untuk pemula ini perlu dilakukan secara bertahap sampai terbentuk menjadi kebiasaan yang berlangsung sepanjang hidup.”

6 Cara Diet untuk Pemula yang Aman

Halodoc, Jakarta – Saat berniat menjalani diet, langkah pertama yang pasti kamu lakukan adalah memilih makanan yang sehat. Diet untuk pemula pasti rasanya akan sulit, terlebih jika harus mulai mengonsumsi makanan-makanan sehat. Pasalnya, makanan sehat cenderung minim rasa dan tidak selezat makanan biasanya. 

Namun, kamu tak usah kawatir! Sebab ada sejumlah tips untuk kamu supaya program diet bisa berjalan mulus. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Tips Sehat Memulai Diet

Perubahan tidak bisa terjadi tiba-tiba, butuh tahapan dan adaptasi saat menjalaninya. Supaya diet yang kamu lakukan bebas hambatan, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan:

1. Buat Daftar Menu Diet

Buat Daftar Menu Diet

Bagi pemula yang mau menjalankan diet, hal pertama yang bisa dilakukan adalah membuat daftar menu sehat untuk satu minggu ke depan. Kamu bisa perlahan melepaskan diri dari makanan favorit yang kurang sehat dan menggantinya dengan pilihan yang lebih bergizi.

Selama proses ini, jangan ragu untuk membuat rencana makan baru. Pastikan kamu mulai meningkatkan lebih banyak makanan sehat dan mengurangi yang lain. 

2. Perlahan Tapi Pasti

Perlahan Tapi Pasti

Beberapa ahli menyarankan untuk membuat hanya satu perubahan setiap minggu. Tujuannya untuk memberi kamu waktu dalam  membiasakan diri dengan perilaku baru. 

Intinya, tujuan awalnya adalah membangun kebiasaan makan baru yang dapat dipertahankan seumur hidup. Setelah kebiasaan mulai terbentuk, kamu bisa memulai target penurunan berat badan yang diinginkan. 

3. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tetapkan Tujuan yang Realistis

Kebanyakan orang menjalani diet menetapkan tujuan yang terlalu tinggi. Padahal, tujuan yang tidak realistis ini sering membuat orang gagal diet.

Studi menunjukkan bahwa menurunkan berat badan bahkan dalam jumlah kecil sekalipun dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, tetapkan tujuan yang realistis dan tidak muluk-muluk terlebih dahulu. 

Selain itu, perlu diingat bahwa tingkat penurunan berat badan yang disarankan hanya 500 gram hingga satu kilo per minggu. Jadi, jangan memaksakan diri untuk mengurangi banyak berat badan dalam waktu singkat.

4. Imbalan, Bukan Ganjaran

Imbalan, Bukan Ganjaran

Untuk menjaga motivasi tetap tinggi, dapatkan imbalan yang kamu inginkan setelah mencapai tujuan kecil sekalipun. Jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika kamu gagal. Sebab, semua orang pun pernah gagal dan itu hal wajar.

Antisipasi bahwa kesalahan memang bisa terjadi. Ketika itu terjadi, bangkit kembali dan segera kembali pada jalur. Gunakan kesalahan sebagai pelajaran dan putuskan bagaimana kamu akan menanganinya di situasi mendatang. 

5. Cari Teman

Cari Teman

Dukungan adalah bagian penting dari program diet untuk pemula yang sukses. Daftarkan anggota keluarga, temukan teman untuk bergabung, atau kamu juga bisa terlibat dalam komunitas tertentu. Orang-orang ini bisa menjadi sumber inspirasi, dukungan, dan dorongan, terutama saat keadaan terasa sulit.

6. Lacak Asupan Makana Setiap Harinya

Lacak Asupan Makana Setiap Harinya

Jangan lupa untuk selalu melacak dengan mencatat apapun yang kamu konsumsi setiap hari. Hal ini penting membantu kamu agar tetap di jalurnya dan mampu menghindari kesalahan-kesalahan yang membuat kamu gagal diet. 

Jika kamu mengalami kendala saat menjalani diet, jangan ragu untuk temui dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kamu bisa membuat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda supaya diet tetap berjalan lancar, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 7 Ways to Get Your Diet off to a Good Start.
Eating Well. Diakses pada 2022. How to Lose Weight When You Don’t Know Where to Start, According to a Dietitian.