• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Alkohol

6 Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Alkohol

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Kecanduan alkohol atau alkoholisme adalah gangguan yang menyebabkan perubahan pada otak dan neurokimia. Seseorang yang kecanduan alkohol tidak mampu mengontrol perilakunya. Pecandu alkohol sangat bergantung pada minuman keras dan tidak sadar dalam waktu yang lama. 

Saat dampak kesehatan mulai terasa akibat kecanduan alkohol, beberapa orang mungkin mulai berpikir untuk berhenti. Tentu keputusan itu sangat baik, namun berhenti dari kecanduan alkohol adalah hal yang menantang. Lantas, jika tekad sudah bulat untuk berhenti dari kecanduan alkohol, bagaimana mengatasinya?

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Sindrom Mallory Weiss


Cara Keluar dari Kecanduan Alkohol


Mengatasi kecanduan alkohol bisa sangat menantang. Supaya pengobatan berhasil, orang dengan kecanduan harus bertekad dan sadar penuh. Siapa pun bahkan diri sendiri tidak dapat memaksa untuk berhenti minum jika belum siap. Kesuksesan keluar dari kecanduan, tergantung pada keinginan orang tersebut untuk menjadi lebih baik. Proses pemulihan bisa jadi komitmen seumur hidup. Maka dari itu, sebagai langkah awal, cobalah beberapa cara berikut:


1. Minta Dukungan Orang Terdekat

Beritahu orang terdekat mengenai keputusan kamu untuk berhenti minum alkohol. Hal ini dapat memotivasi agar tetap konsisten dalam mengambil keputusan. Keluarga, pasangan, dan teman terdekat dapat memberikan dorongan dan dukungan saat kamu ingin berhenti minum. 

2. Keluar dari Lingkungan Sesama Pecandu Alkohol

Keluar dari lingkungan sesama pecandu dan membangun hubungan baru dengan orang yang juga memilih untuk berhenti dari kecanduan bisa jadi cara efektif. Bangun hubungan pertemanan atau persahabatan dengan orang yang tidak memprioritaskan alkohol sebagai bagian penting dalam hidup mereka. 

3. Temukan Minuman Favorit Baru

Memilih minuman pengganti yang tepat dapat membantu kamu agar tetap teguh dalam keinginan berhenti minum alkoholUntuk menemukan minuman favorit pengganti mungkin memerlukan waktu untuk bereksplorasi. Namun tidak masalah, asalkan kamu tidak mendekat lagi pada alkohol. 

Baca juga: Ini Dampak Negatif Kecanduan Alkohol pada Tubuh

4. Prioritaskan Kesehatan

Memiliki kondisi fisik yang sehat dapat meningkatkan ketahanan dan kekuatan emosional untuk tetap teguh berhenti minum alkohol. Dengan menghindari alkohol, maka sebuah langkah besar untuk meningkatkan kesehatan fisik. Saat menyadari hal ini, kamu mungkin akan merasa lebih semangat untuk konsisten. 

5. Lakukan Hobi yang Menyenangkan

Banyak orang beralih pada alkohol untuk mengatasi rasa bosan atau stres. Padahal, alkohol bukan jalan keluar terbaik. Melakukan hobi yang menyenangkan terbukti dapat mengalihkan perhatian dari rasa bosan dan stres. Jika kamu memiliki hobi lama dan ingin melakukannya lagi, maka inilah waktu yang tepat. Dengan begitu keinginan untuk minum alkohol dapat teratasi.

6. Minta Pertolongan Psikolog

Jika kamu tidak mampu mengatasi kecanduan alkohol ini sendiri, maka saatnya untuk menemui psikolog. Masalah kecanduan alkohol dapat diatasi dengan pendekatan psikologis dengan psikolog. Psikolog akan membantu dengan beberapa cara mengatasi kecanduan alkohol, seperti:

  • Mengubah perilaku yang membuat kecanduan minum alkohol.
  • Mengatasi gejala stres dan berbagai masalah pemicu yang menyebabkan ingin minum alkohol.
  • Membangun sistem pendukung diri yang kuat.
  • Membantu membangun tujuan hidup baru. 

Baca juga: Komplikasi yang Disebabkan oleh Sindrom Mallory Weiss


Setiap pecandu memerlukan sesi konseling atau terapi yang berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan. Psikolog juga akan membantu untuk mengelola kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lain. Jika membutuhkan, kamu bisa mencari keberadaan psikolog terbaik di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc.

Perlu diketahui, bahwa mengatasi kecanduan alkohol bisa memakan waktu, jadi perlakukan diri kamu dengan baik. Fokuskan diri pada tujuan akhir saat kecanduan alkohol dapat teratasi. Pastikan kamu tidak melakukan hal ini karena paksaan, karena hasilnya akan sia-sia. 


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Thinking of Ditching Alcohol? How to Make a Plan That Works for You
Very Well Mind. Diakses pada 2021. The 7 Best Ways to Quit Drinking