• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mencegah Bulu Mata Rontok Akibat Eyelash Extension
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mencegah Bulu Mata Rontok Akibat Eyelash Extension

6 Cara Mencegah Bulu Mata Rontok Akibat Eyelash Extension

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Oktober 2022

“Eyelash extension dapat menyebabkan penggunanya mengalami kerontokan bulu mata. Sebaiknya jangan menggaruk area mata dan jangan menarik eyelash extension agar bulu mata terjaga dengan baik.”

6 Cara Mencegah Bulu Mata Rontok Akibat Eyelash Extension6 Cara Mencegah Bulu Mata Rontok Akibat Eyelash Extension

Halodoc, Jakarta – Bulu mata yang lentik dan panjang dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Kini kondisi tersebut dapat dimiliki oleh siapa saja dengan melakukan eyelash extension. Ekstensi bulu mata atau eyelash extension adalah proses menempelkan bulu mata palsu agar bulu mata terlihat lebih panjang dan lentik.

Meskipun banyak memberikan manfaat pada penampilan, tetapi eyelash extension dinilai bisa menyebabkan kerontokan pada bulu mata yang asli. Namun jangan khawatir, sebaiknya lakukan perawatan dengan tepat setelah melakukan ekstensi bulu mata untuk mencegahnya rontok. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Cara Cegah Bulu Mata Rontok

Belakangan perawatan mata, seperti eyelash extension sedang ramai dilakukan oleh banyak wanita agar penampilan menjadi lebih menarik. Dengan menggunakan eyelash extension, kamu tidak perlu terlalu lama untuk merias wajah saat akan bepergian. 

Selain itu, melakukan perawatan ini membuat bulu mata menjadi lebih panjang dan lentik. Hal ini juga membuat mata terlihat menjadi lebih lebar dan segar. Inilah yang membuat para wanita banyak mengincar perawatan ekstensi bulu mata.

Bagi seseorang yang belum pernah melakukannya, perawatan ini dikhawatirkan dapat membuat mata menjadi iritasi dan menyebabkan kerontokan bulu mata asli. Perawatan ekstensi bulu mata yang tidak dilakukan dengan tepat memang dapat memicu kerusakan pada bulu mata yang asli.

Bulu mata memang memiliki pertumbuhan rambut yang lebih pendek. Akan tetapi, adanya stres pada folikel bulu mata membuat bulu mata menjadi rontok lebih cepat.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan kerontokan bulu mata asli saat melakukan eyelash extension, seperti:

  1. Memastikan kamu melakukan perawatan ini di tempat yang memiliki reputasi baik dan dilakukan oleh tenaga profesional.
  2. Pastikan kamu menghapus riasan mata secara lembut untuk meminimalkan kerontokan.
  3. Perhatikan jadwal pemasangan ekstensi bulu mata agar tidak terlalu sering dan tidak terlalu tebal.
  4. Hindari menggosok area mata terlalu kencang.
  5. Jangan melepas bulu mata palsu sembarangan (menarik) karena dapat menyebabkan bulu mata asli mengalami kerusakan yang semakin memburuk.
  6. Bersihkan wajah dengan sabun cuci wajah tanpa kandungan minyak di dalamnya.

Itulah beberapa cara yang bisa lakukan untuk mencegah kerontokan bulu mata akibat ekstensi bulu mata.

Merawat Kesehatan Bulu Mata

Bukan hanya membuat penampilan menjadi lebih menarik, bulu mata memiliki fungsi yang tidak kalah penting bagi kesehatan. Bulu mata berfungsi untuk menjaga mata dari berbagai paparan benda berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Untuk itu sangat penting melakukan perawatan pada bulu mata yang kamu miliki agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan bulu mata, seperti:

1. Sikat Bulu Mata Secara Rutin

Meskipun terlihat sepele, jangan lupa untuk menyikat bulu mata secara rutin untuk menghindari kerusakan pada bulu mata. Menyikat bulu mata bukan hanya membantu untuk menyalurkan minyak alami, tetapi kegiatan ini juga bisa membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan rapi.

Pastikan kamu menggunakan sikat khusus untuk bulu mata agar bulu sikat halus dan tidak menyakiti area di sekitar bulu mata. Hati-hati saat menggunakannya untuk menghindari cedera pada mata.

2. Gunakan Serum Bulu Mata

Tidak ada salahnya untuk coba menggunakan serum bulu mata agar bulu mata tetap sehat. Pastikan serum yang kamu gunakan memiliki kandungan alami dan nutrisi yang baik untuk bulu mata. Penggunaan serum bulu mata yang tepat biasanya dapat membuat bulu mata menjadi lebih panjang dan tebal.

3. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membuat bulu mata menjadi lebih sehat dan panjang. Biotin bisa menguatkan rambut pada tubuh dan mengurangi kerontokan termasuk pada bulu mata.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan bulu mata. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan mata jika mengalami keluhan kesehatan pada mata yang tidak membaik. Cari lokasi rumah sakit terdekat menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
InStyle. Diakses pada 2022. Will Eyelash Extensions Make Your Real Lashes Fall Out?
Byrdie. Diakses pada 2022. How to Grow Longer and Healthier Eyelashes, According to a Dermatologist.
Botanica Day Spa. Diakses pada 2022. Lash Extensions: How To Avoid Them Ruining Your Natural Lashes.