• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menyayangi kucing layaknya anggota keluarganya sendiri. Hewan tersebut dapat menjadi teman saat di rumah tidak ada orang lain. Maka dari itu, setiap pemilik kucing wajib menjaganya agar tetap sehat dengan memberikan makanan yang bergizi dan juga rutin memeriksakan kucing ke dokter hewan.

Namun, terkadang rencana tidak sesuai dengan kenyataan. Bukan tidak mungkin kamu sudah maksimal untuk menjaga kesehatan hewan peliharaanmu, tetapi akhirnya ia tetap terkena penyakit. Salah satu penyakit yang rentan terjadi pada kucing adalah gangguan ginjal. Maka dari itu, kamu harus tahu segala cara untuk mencegah penyakit ini. Berikut ulasannya!

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Pencegahan Penyakit Ginjal pada Kucing

Kucing sama seperti manusia yang memiliki ginjal di dalam tubuhnya. Ginjal pada kucing memiliki beberapa fungsi, mulai dari mengatur tekanan darah serta membuang kotoran dan racun dari darah. Namun, saat hewan tersebut sudah berusia tua, bukan tidak mungkin organ tersebut tidak berfungsi dengan maksimal seperti dulu. Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah penyakit ginjal.

Saat penyakit ginjal terjadi pada kucing, beberapa masalah serius dapat terjadi seiring dengan memburuknya organ tersebut, karena tidak dapat menjaga kesehatan darah. Ternyata, bukan hanya usia saja yang dapat menyebabkan gangguan tersebut, infeksi dan trauma juga meningkatkan kondisi itu terjadi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang ampuh untuk mencegah penyakit ginjal pada kucing. Berikut ini beberapa caranya:

1. Batasi Konsumsi Makanan Kering

Salah satu yang dapat menjadi penyebab penyakit ginjal terjadi pada kucing adalah diet makanan kering. Semua hewan harus tetap terhidrasi termasuk juga kucing yang membutuhkan banyak kelembapan agar tetap sehat. Namun, jika kucing terlalu banyak mengonsumsi makanan kering, kelembapan yang ada di dalam tubuh akan terserap. Akhirnya, ginjal harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memproses limbah dan racun di dalam tubuh.

2. Memperbanyak Makanan Basah

Cara lainnya untuk mencegah penyakit ginjal pada kucing adalah memperbanyak konsumsi makanan basah pada asupan hariannya. Selain itu, jenis makanan ini dapat menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan makanan kering, meskipun harganya lebih mahal. Dengan mengonsumsi makanan basah, perutnya lebih kenyang dan terhidrasi. Kamu harus memastikan paling tidak dua dari tiga makanan yang disajikan adalah makanan basah.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Bahaya Bulu Kucing

3. Berikan Suplemen Milk Thistle

Dengan menambahkan milk thistle ke makanan kucing adalah salah satu cara yang dapat menjaga kesehatan ginjalnya agar terhindar dari gangguan. Suplemen tersebut mengandung Silymarin, yaitu bahan aktif yang dapat membantu ginjal yang menyaring racun dengan lebih efisien. Kamu dapat membeli suplemen milk thistle di sebagian besar toko hewan atau langsung bertanya pada dokter hewan tempat periksa yang rutin dilakukan.

4. Jaga Berat Badannya

Obesitas adalah penyebab dari banyak masalah kesehatan dan dapat menyebabkan kucing mengalami masalah ginjal. Hal tersebut karena obesitas berhubungan erat dengan diabetes yang dapat berkembang menimbulkan gagal ginjal. Pastikan agar hewan peliharaanmu tidak terlalu gemuk.

5. Pastikan Kucing Minum Air Lebih Banyak

Cara lainnya untuk mencegah penyakit ginjal pada kucing adalah dengan memberikannya lebih banyak air minum. Cobalah untuk meletakkan sejumlah air di dekat makanannya dan pastikan air tersebut tetap bersih. Kamu juga dapat menggunakan tempat minum yang banyak ditemukan di toko hewan peliharaan agar kebutuhan cairan kucing terpenuhi.

6. Jaga Kotak Pasir Tetap Bersih

Kucing sangat menyukai kebersihan. Terkadang, dirinya tidak ingin buang air kecil atau besar jika kotak pasirnya tidak bersih. Maka dari itu, kamu harus rajin membersihkan tempat tersebut sehingga kucing tidak menahan keinginan untuk buang air kecil yang dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal pada kucing. Jangan sampai hewan peliharaanmu terserang penyakit tersebut karena terkadang tidak mudah untuk mendiagnosisnya. Mungkin saja gangguan tersebut diketahui saat sudah menimbulkan masalah yang besar.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait cara menjaga kesehatan kucing agar terhindari dari segala penyakit termasuk juga gangguan ginjal. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan akses kesehatan bukan hanya untuk hewan tetapi juga untuk manusia!

Referensi:
Murrayville Vet. Diakses pada 2020. How to Prevent Kidney Disease in Cats.
Blue Pearl Vet. Diakses pada 2020. Kidney Disease in Cats: Diagnosis and Advice for Pet Owners.