• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mencerahkan Punggung Kaki Hitam akibat Sengatan Matahari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mencerahkan Punggung Kaki Hitam akibat Sengatan Matahari

6 Cara Mencerahkan Punggung Kaki Hitam akibat Sengatan Matahari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 Agustus 2022

“Mencerahkan punggung kaki hitam karena sengatan matahari ternyata cukup mudah. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit, seperti foot cream atau bahan alami lainnya.”

6 Cara Mencerahkan Punggung Kaki Hitam akibat Sengatan Matahari6 Cara Mencerahkan Punggung Kaki Hitam akibat Sengatan Matahari

Halodoc, Jakarta – Paparan sinar matahari dapat menyebabkan punggung kaki menghitam. Sama seperti area tubuh lainnya, seperti wajah dan lengan, punggung kaki juga harus dijaga  dari teriknya matahari. 

Tidak hanya bisa membuat belang yang tentu saja mengganggu penampilan, punggung kaki yang terkena sengatan matahari juga bisa mengering dan memicu gangguan kulit lainnya. Itulah sebabnya, sama seperti bagian tubuh lain, punggung kaki juga perlu dirawat. Yuk simak cara mencerahkan punggung kaki hitam karena terik matahari di sini!

Cara Sederhana Mencerahkan Punggung Kaki Hitam 

Banyak hal yang sudah kamu lakukan untuk mencerahkan punggung kaki, tapi tidak ada yang berhasil? Mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini:

1. Menggosok Punggung Kaki saat Mandi

Bagian kaki seringkali terlupakan saat mandi, apalagi jika kamu mandi dengan terburu-buru. Karena itu, jika kamu mau mencerahkan punggung kaki, kamu bisa membiasakan diri untuk menggosok punggung kaki saat mandi. 

Cuci punggung kaki kamu menggunakan air hangat, lalu gunakan sabun mandi yang memiliki butiran scrub halus untuk membersihkan punggung kaki. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pergantian sel kulit mati di punggung kaki.

2. Gunakan Foot Cream di Malam Hari

Tidak hanya wajah yang perlu menggunakan krim malam, punggung kaki juga membutuhkan perawatan serupa. Kandungan bahan ekstrak alami dan antioksidan yang dimiliki foot cream, bisa jadi pilihan untuk mencerahkan punggung kaki. 

3. Mengaplikasikan Sunblock

Kalau kamu senang menggunakan sandal atau sepatu terbuka, kamu perlu menggunakan sunblock untuk melindungi punggung kaki dari paparan sinar matahari. Sunblock akan memberikan perlindungan terhadap kulit punggung kaki, sehingga area tersebut tidak menghitam karena sengatan matahari.

4. Mengoleskan Jeruk Nipis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jeruk nipis mampu mencerahkan kulit, termasuk area punggung kaki. Jeruk nipis mengandung senyawa asam yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit secara alami. 

Jadi, jika kamu sudah sering mengoleskan jeruk nipis di wajah, kamu bisa coba oleskan jeruk nipis di punggung kaki. Oleskan secara merata di bagian punggung kaki, diamkan kurang lebih 30 menit sambil sedikit dipijat, lalu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

5. Mengoleskan Kunyit

Selain jeruk nipis, kamu bisa menggunakan kunyit untuk mencerahkan punggung kaki. Cukup tumbuk kunyit hingga halus, oleskan secara merata ke bagian punggung kaki, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Masker Beras

Bahan makanan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan punggung kaki adalah beras. Kandungan vitamin B1 pada beras bermanfaat untuk memutihkan kulit tubuh.

Cukup siapkan beras secukupnya, tumbuk sampai halus hingga menjadi tepung, tambahkan sedikit air hangat sampai membentuk krim, oleskan secara merata ke bagian punggung kaki, diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Tips di atas memang terlihat mudah, tapi kamu perlu rutin melakukan salah satunya untuk membuat punggung kaki kembali cerah. Jika kamu punya keluhan kesehatan lain, kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Tunggu apalagi, yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes Dark Spots on Your Legs and How Can You Treat Them?
Skymd.com. Diakses pada 2022. Darkened Skin of the Inner Thighs – Ways to treat it responsibly.