• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Menentukan Masa Subur untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Menentukan Masa Subur untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

6 Cara Menentukan Masa Subur untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 April 2022

“Menentukan masa subur bisa dilakukan dengan mengetahui siklus menstruasi, kemunculan cairan bening, rasa nyeri di payudara, gairah seksual yang meningkat serta peningkatan suhu tubuh.”

6 Cara Menentukan Masa Subur untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Buat pasutri yang sedang merencanakan kehamilan, penentuan masa subur menjadi pertimbangan yang dilakukan sebelum melakukan hubungan intim. 

Masa subur atau dalam bahasa kedokteran disebut ovulasi adalah saat-saat di mana indung telur melepaskan sel telur yang sudah siap dibuahi ke dalam saluran indung telur. Bila sel telur berhasil bertemu sperma dan mengalami pembuahan, maka pasangan tersebut berkesempatan memperoleh buah hati. 

Cek Siklus sampai Peningkatan Suhu Tubuh

Tadi sudah disinggung kalau menentukan masa subur kerap dilakukan pasutri guna meningkatkan risiko kehamilan. Perlunya menghitung masa subur bertujuan untuk menentukan kapan waktu yang pas untuk berhubungan intim agar proses pembuahan bisa cepat terjadi. Lalu, bagaimana cara menghitung masa subur yang tepat?

1. Perlu Tahu Dulu Siklus Menstruasinya 

Cara menghitung masa subur dengan mengetahui siklus menstruasi istri. Pada umumnya ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi dimulai. Jika siklus menstruasi rata-rata pasangan adalah 28 hari, maka ovulasi akan terjadi sekitar hari ke-14, sedangkan hari-hari paling subur adalah hari ke-12, 13, dan 14.

Jika siklus menstruasi rata-rata adalah 35 hari, ovulasi akan terjadi di sekitar hari ke-21 dan hari-hari paling subur berada pada hari ke 19, 20, dan 21. Untuk siklus yang lebih pendek, masa suburnya bisa berbeda lagi. Pada siklus menstruasi 21 hari, ovulasi terjadi sekitar hari ke 7 dan hari paling subur adalah hari ke 5, 6, dan 7. Hari-hari paling subur biasanya tiga hari menjelang dan termasuk hari ovulasi.

2. Kemunculan Cairan Bening

Kemunculan cairan bening yang keluar dari vagina adalah tanda kamu memasuki masa subur. Cairan yang bertekstur seperti putih telur ini bukan keputihan, tetapi cairan yang membantu memudahkan sperma bergerak di dalam rahim.

3. Gairah Hubungan Seksual Meningkat

Merasakan gairah seks yang jauh lebih meningkat dari biasanya? Ini adalah salah satu tanda yang paling jelas menunjukkan seorang perempuan sedang dalam masa subur. 

4. Sakit Perut Bagian Bawah

Beberapa perempuan juga mungkin mengalami nyeri ringan di perut bagian bawah baik di kanan atau kiri, saat memasuki masa subur. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa menit atau jam. 

Secara medis, sakit di perut bagian bawah kiri atau kanan ini dikenal sebagai sensasi mittelschmerz. Kamu mungkin mengalami rasa mual atau keluarnya cairan pada vagina bersamaan dengan rasa sakit tersebut.

5. Kelembutan atau Nyeri pada Payudara

Hormon yang diproduksi tubuh setelah ovulasi menyebabkan kelembutan pada payudara. Kamu juga bisa menggunakan perubahan ini untuk mengecek apakah kamu sedang mengalami masa subur atau tidak. Selain kelembutan, sensasi nyeri pada payudara juga menjadi penanda masa subur. 

6. Badan Terasa Meriang

Tanda-tanda ovulasi pada setiap perempuan bisa jadi berbeda. Beberapa perempuan bisa sampai mengalami meriang yang dikarenakan peningkatan suhu tubuh. 

Mengetahui masa subur tentu erat kaitannya dengan keinginan untuk segera memiliki buah hati. Hubungan intim yang terjadi pada masa subur berpeluang besar meningkatkan kehamilan. Sexual intercourse haruslah terjadi 72 jam (3 hari) sebelum ovum memasuki tuba falopi. Dengan begitu, kehamilan pun lebih cepat terjadi.

Itulah informasi mengenai menentukan masa subur untuk meningkatkan peluang kehamilan. Informasi selengkapnya mengenai kesehatan reproduksi bisa ditanyakan langsung lewat Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Your Fertility.org. Diakses pada 2022. Your Fertility right time for sex.
Very Well Family. Diakses pada 2022. 8 Signs of Ovulation That Help Detect Your Most Fertile Time.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What days can you get pregnant?