6 Cara Mengatasi Insomnia yang untuk Orang Kantoran

6 cara mengatasi insomnia yang untuk orang kantoran

Halodoc, Jakarta – Beban pekerjaan dan rotasi pada jam kerja kerap membuat orang-orang kantoran mengalami insomnia. Pada akhirnya, insomnia tidak hanya memberikan gangguan bagi kesehatan, tetapi juga kualitas pekerjaanmu. Bayangkan saja, kalau kamu kehilangan jam tidur pada malam hari, besoknya tentu akan sangat mengantuk dan tidak bisa bekerja.

Buat kamu pekerja kantoran yang kerap susah tidur, berikut adalah cara mengobati insomnia.

  1. Pulang Tepat Waktu

Pulang tepat waktu dan tidak mengambil lembur bisa menjadi salah satu cara mengobati insominia. Kalau kamu mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas, dimulai dari menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, sehingga jam tidurmu tidak terganggu, kemudian menjadikan ini sebagai rutinitas, kebiasaan ini bisa mengecilkan risiko insomnia.

  1. Olahraga

Olahraga memang menjadi salah satu cara mujarab untuk mengobati insomnia. Kamu bisa memilih waktu yang idealmu sendiri, bisa pagi atau malam hari. Olahraga bisa memperlancar sirkulasi darah dan membuat rileks, sehingga tidur malammu bisa lebih lelap. Berkeringat dan rasa lelah yang diakibatkan dari melakukan olahraga, sejatinya bisa membantumu mengatasi insomnia.

  1. Menghindari Minum Kafein Sebelum Tidur

Cara lain untuk mencegah insomnia adalah dengan memperhatikan jam-jam di mana kamu minum kopi. Kalau ketika kamu minum kopi sore bisa bikin tidak bisa tidur, sebaiknya hindari minum kopi pada saat tersebut. Mengurangi asupan kafein dapat membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Mandi Air Hangat

Ada sensasi relaksasi saat kamu mandi air hangat sebelum tidur. Kucuran air hangat di badan, terutama di punggung bisa jadi sarana relaksasi yang mujarab. Mandi air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah, membikin rileks, dan mengenyahkan penat di kepala, sehingga tidur malammu bisa lebih rileks.

  1. Mengatur Suhu Kamar

Suhu kamar juga berperan serta untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kalau kamu tidur dengan ruangan ber-AC sebisa mungkin mengatur suhu senyamannya supaya enggak kedinginan juga tidak kepanasan. Selain suhu, kenyamanan dan kebersihan kamar juga menjadi penunjang tidur nyenyakmu. Upayakan kamar senantiasa dalam suasana bersih, rapi, dan tenang, sehingga kamu nyaman berlama-lama di sana.

  1. Mematikan Gadget

Bunyi gadget bisa jadi sangat mengganggu dan membuat tidurmu terganggu. Kalau kamu mau mendapatkan tidur yang berkualitas, jangan lupa untuk mematikan suara gadget-mu. Kemudian ada baiknya juga, kamu menempatkan gadget ke tempat yang tidak terjangkau, sehingga bisa beristirahat dengan tenang.

Terkadang, tangan yang memegang gadget terus-menerus bisa membuat tidurmu terganggu, karena kamu jadinya memerhatikan timeline di media sosial. Terhubung dengan gadget di malam hari juga bisa sewaktu-waktu membuatmu menerima kabar atau panggilan dari kantor. Tidak ada yang tahu apakah itu kabar baik atau meresahkan. Bisa juga keduanya yang meningkatkan detak jantung, sehingga membuatmu susah untuk tidur.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara mengatasi insomnia untuk orang kantoran atau informasi kesehatan lainnya , bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: