• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat-obatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat-obatan

6 Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat-obatan

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Juni 2022

“Meskipun normal, keputihan dalam jumlah banyak bisa membuat wanita merasa tidak nyaman. Kabar baiknya, ada beberapa cara mengatasi keputihan yang bisa dilakukan, tanpa harus meminum obat-obatan.”

6 Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat-obatan

Halodoc, Jakarta – Keputihan biasanya merupakan hal yang normal yang terjadi pada wanita. Cairan berwarna bening hingga putih susu yang keluar dari Miss V tersebut sebenarnya bermanfaat untuk menjaga organ intim wanita agar tetap bersih dan lembap, serta melindunginya dari infeksi.

Namun, keputihan yang banyak tentu bisa membuat wanita merasa tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Nah, tidak usah khawatir, kamu bisa mengatasi keputihan tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Simak cara mengatasi keputihan secara alami di sini.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Tanpa minum obat, berikut beberapa cara mengatasi keputihan yang bisa kamu lakukan:

1. Jaga Kebersihan Vagina

Penting untuk menjaga kebersihan vagina dengan membersihkannya secara rutin, termasuk ketika sedang mengalami keputihan. Kamu juga perlu membersihkan organ intim dengan cara yang benar, yaitu dengan membasuhnya dengan air mengalir dari arah depan ke belakang. Setelah itu, segera keringkan agar tidak lembap.

2. Jaga Area Intim Tetap Kering

Area intim yang lembap merupakan kondisi yang menyenangkan bagi bakteri dan jamur untuk bertumbuh. Oleh karena itu, untuk mencegah infeksi, kamu dianjurkan untuk menjaga area intim tetap kering saat mengalami keputihan. Kamu bisa mengenakan pantyliners pada hari-hari keputihan atau gantilah celana dalam ketika sudah terasa basah.

3. Makan Pisang

Cara mengatasi keputihan yang juga mesti kamu coba adalah makan pisang. Kandungan serat yang tinggi dalam buah berwarna kuning tersebut bisa membantu menyingkirkan keputihan yang tidak normal. Makan pisang yang kematangan merupakan cara terbaik untuk menghentikan keputihan.

4. Makan Semangkuk Yoghurt

Produk susu yang rasanya asam menyegarkan ini sarat dengan bakteri baik yang bisa menghilangkan keputihan dan bau tidak sedap dari vagina. Jadi, konsumsi yoghurt sebagai camilan secara rutin untuk mengatasi keputihan.

5. Minum Air Beras

Cara mengatasi keputihan lain yang bisa kamu coba adalah minum air rendaman beras. Ini adalah sumber pati yang memiliki sifat demulcent yang bisa mengobati peradangan dan gatal-gatal. Caranya, cuci lah beras, lalu saring airnya dan minumlah secara rutin sampai keputihanmu membaik.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Ini merupakan cara mengatasi keputihan yang sederhana dan mudah. Nyatanya, minum air putih yang cukup bisa membantu kamu mengatasi infeksi vagina dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Itulah cara mengatasi keputihan tanpa minum obat. Namun, bila keputihan berwarna kekuningan hingga hijau, terasa gatal, dan berbau tidak sedap, mungkin itu tandanya kamu sudah mengalami infeksi. 

Bicarakan pada dokter mengenai pengobatan yang tepat untuk mengatasi keputihan yang kamu alami. Lalu, kamu bisa cek obat dan vitamin yang kamu butuhkan dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Vaginal Discharge.
The Health Site. Diakses pada 2022. Natural solutions to get rid of vaginal discharge