25 April 2018

6 Cara Mengatasi Ketakutan yang Biasa Dialami Ibu Hamil

6 Cara Mengatasi Ketakutan yang Biasa Dialami Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Perubahan fisik, rasa antusias, dan emosi yang naik turun karena kehadiran kehidupan baru di dalam tubuhnya membuat ibu hamil cenderung mengalami ketakutan-ketakutan yang tidak semestinya. Ibu cemas akan bagaimana caranya berjalan, duduk, makan, bahkan sampai berhubungan intim karena takut melukai anak di dalam kandungan. Menurut penelitian dari Psychology Today, kehamilan adalah fase perubahan bagi seorang wanita baik secara fisik maupun psikologi. Perubahan ini menciptakan ketakutan-ketakutan sampai terbawa kepada mimpi buruk.

Sebenarnya ketakutan-ketakutan itu adalah hal yang wajar, hanya saja tetap perlu diredakan supaya tidak mengganggu psikologi dan emosi ibu hamil. Berikut adalah tips mengatasi ketakutan ibu hamil. (Baca juga: 5 Cara Atasi Kaki Bengkak Ibu Hamil)

  1. Cari Tahu Lebih Banyak Mengenai Kehamilan

Memiliki pengetahuan yang luas mengenai kehamilan dapat mengatasi ketakutan yang tidak semestinya. Informasi yang perlu digali adalah seputar posisi tidur, makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan, bagaimana proses kelahiran, kemungkinan komplikasi, dan informasi kehamilan lainnya.  Kalau ibu punya referensi mengenai serba-serbi kehamilan sehat, ibu akan terhindar dari rasa takut yang berlebihan.

  1. Mendengarkan Musik

Menurut Dr. Alexandra Lamont dari Music Research Group, University of Leicester, Inggris, mendengarkan musik yang menenangkan selama masa kehamilan tidak hanya baik untuk bayi di dalam kandungan, tetapi juga untuk ibu hamil karena menimbulkan efek relaksasi. Beberapa pilihan musik yang bisa ibu hamil dengarkan adalah musik klasik, lagu-lagu pengantar tidur, dan lagu-lagu meditasi.

  1. Rutin Olahraga

Efek olahraga bagi ibu hamil tidak hanya untuk kehamilan sehat saja, tetapi juga untuk mengatasi ketakutan yang tidak semestinya. Olahraga dapat menghasilkan hormon endorfin dan oksitosin yang dapat memberikan efek menenangkan buat ibu hamil. Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah yoga, jalan pagi, dan aerobik.

  1. Menceritakan Langsung Ketakutan Tersebut

Salah satu cara mengatasi ketakutan ibu hamil adalah dengan tidak memendam perasaan dan menceritakan langsung apa yang dirasakan. Ibu bisa bercerita kepada pasangan, orangtua, mertua atau bergabung dengan komunitas ibu hamil sehat, supaya menemukan teman cerita yang tepat, saling mendukung dan memberikan masukan yang positif.

  1. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Ibu hamil perlu mengontrol pikirannya supaya tidak terlalu banyak memikirkan hal yang jelek-jelek, seperti, “bagaimana kalau ketuban tiba-tiba pecah?”, “kok perut terasa sakit ya?”, atau “kira-kira makanan ini higienis atau tidak ya?”.

Salah satu cara mengatasi ketakutan ibu hamil lainnya adalah dengan menyibukkan diri dengan kegiatan positif. Misalnya mengikuti seminar, workshop, atau pertemuan tentang kehamilan sehat. Opsi lainnya, ibu bisa menghabiskan waktu bersama ibu atau mertua dengan memasak menu baru, merajut, membaca, atau kegiatan apa pun yang dapat menyingkirkan ketakutan-ketakutan ibu.

  1. Menonton Film Humor

Menonton film jenaka dapat mengendurkan syaraf yang tegang dan merilekskan pikiran. Dengan banyak tertawa, ibu dapat menyingkirkan kekhawatirannya mengenai kehamilan, yang sebenarnya tidak perlu untuk ditakutkan. Film dengan setting keluarga dan anak-anak justru akan semakin membangun intuisi keibuan dan naluri sayang kepada anak dan suami.

Kalau ibu hamil ingin tahu lebih banyak mengenai ketakutan-ketakutan yang biasa dialami ibu hamil serta cara meredakannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.