• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Paling Efektif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Paling Efektif

6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Paling Efektif

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Juli 2022

“Bau ketiak merupakan perpaduan antara bakteri dan keringat. Ini dapat diatasi dengan langkah sederhana, termasuk menjaga kebersihan diri, menggunakan sabun antibakteri, dan menghindari makanan tertentu.”

6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Paling Efektif6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Paling Efektif

Halodoc, Jakarta – Bau ketiak disebabkan oleh keringat yang mengandung protein dan lemak. Kedua zat tersebut kemudian dipecah oleh bakteri dan menghasilkan bau tidak sedap.

Ini juga bisa disebabkan oleh area ketiak yang cenderung lembap dan kurang sirkulasi udara. Bau ketiak yang dibiarkan begitu saja dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Dalam intensitas ringan, bau ketiak dapat dengan mudah diatasi dengan langkah sederhana. Kamu hanya perlu langkah di bawah ini dan mempraktikkannya secara konsisten, agar bau ketiak berangsur membaik.

Apa saja yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau ketiak?

1. Menjaga Kebersihan Diri

Mandi setidaknya dua kali sehari. Gosok seluruh area badan termasuk ketiak. Ini dapat menghilangkan keringat dan bakteri yang menempel di kulit. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Gunakan sabun antibakteri yang dilengkapi dengan vitamin E, ekstrak lemon, tea tree oil, dan mint. Sabun ini bukan hanya ampuh menghilangkan bakteri, tapi juga menjaga kulit tetap lembut dan lembap.

3. Keringkan Ketiak Setelah Mandi

Lap tubuh menggunakan handuk setelah mandi hingga benar-benar kering. Perhatikan area tubuh yang memiliki banyak keringat seperti ketiak. Ketiak yang kering akan menyulitkan bakteri untuk berkembangbiak.

4. Gunakan Antiperspiran

Setelah mengeringkan tubuh, gunakan antiperspirant di ketiak. Antiperspirant mengandung aluminium klorida yang dapat membantu menekan produksi keringat di area ketiak. Gunakan dua kali sehari saat pagi dan malam.

5. Jaga Pakaian Tetap Bersih

Jika kamu adalah orang yang gampang berkeringat, disarankan untuk mengganti pakaian sesering mungkin. Pakaian bersih dapat mencegah penumpukan bakteri yang berujung pada bau ketiak tidak sedap.

6. Hindari Makanan atau Minuman Tertentu

Tips menghilangkan bau ketiak yang terakhir dilakukan dengan menghindari makanan pedas. Makanan jenis ini dapat memicu keringat keluar lebih banyak. Kamu juga disarankan untuk menghindari minuman berkafein dan beralkohol.

Itulah beberapa tips menghilangkan bau ketiak tidak sedap. Jika masalah ini sudah sangat mengganggu, kamu bisa buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Bau ketiak tidak sedap juga bisa dipicu oleh gangguan kesehatan.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 6 Tips for Reducing Body Odor.
Healthline. Diakses pada 2022. Why Do I Have Smelly Armpits?