• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering

6 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Desember 2022

“Munculnya cairan nanah pada luka bisa menjadi tanda bahwa luka tersebut sudah terinfeksi bakteri. Oleh karena itu, kamu harus memahami cara mengobati luka bernanah agar cepat kering dan tidak menyebabkan komplikasi.”

6 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering6 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering

Jika luka bernanah yang kamu alami tak kunjung sembuh, segera diskusikan dengan dokter tepercaya untuk mendapatkan perawatan yang tepat!

Halodoc, Jakarta – Luka bernanah adalah jenis luka pada kulit yang paling banyak terjadi. Saat terluka, pasti kamu akan mengobatinya dengan berbagai obat agar luka cepat kering. Namun, kamu wajib tahu cara mengobati luka bernanah agar cepat kering yang tepat.

Luka bernanah ditandai dengan keluarnya cairan yang memiliki tekstur yang kental,  berwarna putih, kuning, atau hijau, dan berbau tak sedap. Munculnya cairan nanah pada luka bisa menjadi tanda bahwa luka tersebut sudah terinfeksi bakteri. Oleh karena itu, kamu harus memahami cara mengobati luka bernanah agar cepat kering dan tidak menyebabkan komplikasi.

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering

Dokter biasanya menyarankan penggunaan salep antibiotik untuk mengobati luka bernanah. Meskipun salep antibiotik banyak tersedia di apotek, tetapi kamu tidak boleh menggunakannya sembarangan atau tanpa pengawasan dokter.

Selain salep antibiotik, kamu juga bisa menyembuhkan luka bernanah di rumah dengan menggunakan bahan alami. Berikut beberapa obat dan bahan yang dapat membuat luka bernanah cepat kering:

1. Madu

Madu telah lama menjadi pengobatan luka tradisional karena sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasinya. Selain itu, madu dapat mengurangi pembentukan bekas luka dan mencegah pertumbuhan bakteri pada luka bakar dan luka bernanah.

Namun, mengoleskan madu pada luka pascaoperasi dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, madu hanya boleh digunakan untuk luka kecil dan tidak disarankan untuk luka besar, kecuali atas anjuran dokter.

2. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat mengobati banyak kondisi kulit, seperti luka yang terinfeksi bakteri atau luka bernanah. Lidah buaya mengandung sifat antibakteri dan antiradang yang dapat mempercepat penyembuhan jaringan kulit.

Selain itu, lidah buaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar, ruam, dan bekas jerawat. Sensasi dingin lidah buaya tidak hanya mempercepat penyembuhan luka tetapi juga mengurangi rasa tidak nyaman. 

3. Kunyit

Kunyit mengandung komponen bernama curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri alami sehingga kamu dapat mengoleskannya pada kulit yang terluka untuk membantu penyembuhannya. Selain itu, kunyit ternyata juga memiliki sifat anti-infeksi sehingga dapat mengeringkan luka bernanah.

Namun, penelitian tentang efek kunyit untuk menyembuhkan luka pada manusia masih perlu dikaji lebih dalam. Selain itu, kamu sebaiknya tidak menggunakan pil kunyit oral karena dapat meningkatkan risiko pendarahan.

4. Minyak Kelapa

Asam lemak monolaurin yang terkandung dalam minyak kelapa memiliki sifat antibakteri. Asam lemak ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan menurunkan risiko infeksi. Untuk membantu menurunkan kemungkinan penyebaran infeksi, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada luka sebagai penghalang penularan.

5. Salep Antibiotik

Selain bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan salep antibiotik yang bisa kamu beli di apotek terdekat. Luka bernanah adalah luka yang telah terinfeksi oleh bakteri. Oleh karena itu, antibiotik dapat membunuh bakteri dan mempercepat proses penyembuhan luka bernanah.

6. Obat Merah Antiseptik

Kamu juga bisa mendapatkan obat merah antiseptik untuk menghilangkan infeksi bakteri pada luka penyebab nanah. Sebelum menggunakan obat merah pada area luka, kamu dapat mengompres luka terlebih dahulu menggunakan kain kasa steril yang telah direndam air antiseptik selama 5 menit. Setelah itu, beri obat merah pada luka secukupnya.

Itulah penjelasan tentang cara mengobati luka bernanah. Apabila kamu perlu pemeriksaan kesehatan, cobalah berkonsultasi ke dokter kulit. Kalau kamu butuh obat, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah melalui Toko Kesehatan di Halodoc dengan klik gambar di bawah ini!

banner gratis ongkir untuk pengguna baru
Referensi:
CLH Group. Diakses pada 2022. 7 Types of Wound Dressings & When to Use Each.
Web MD. Diakses pada 2022. Wound Treatments.