• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Ampuh dan Cepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Ampuh dan Cepat

6 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Ampuh dan Cepat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Mei 2022

“Sakit tenggorokan sering terjadi secara mendadak dan mereda sendiri setelah beberapa waktu. Ada banyak cara mengobati sakit tenggorokan tanpa mengonsumsi obat khusus. Cukup istirahat dan perbanyak asupan cairan tubuh bisa jadi alternatifnya.”

6 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Ampuh dan Cepat

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan biasanya muncul dengan gejala berupa sakit tenggorokan. Keluhan ini paling sering terjadi karena infeksi virus. Namun, sakit tenggorokan juga bisa terjadi karena infeksi bakteri. 

Selain infeksi, kebiasaan buruk merokok,–termasuk menggunakan rokok elektrik dan polusi udara, juga bisa memicu iritasi yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit. Penyebab lain dari masalah kesehatan ini berupa reaksi alergi hingga refluks asam lambung.

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan akut biasanya hanya terjadi dalam beberapa hari. Selama mengalaminya, sebaiknya kamu menghindari beberapa hal yang bisa membuat kondisi menjadi lebih buruk atau memicu iritasi bertambah, seperti merokok atau mengonsumsi makanan yang berminyak.

Selain itu, beberapa cara berikut ini juga mungkin bisa membantu meringankan sakit pada tenggorokan:

Perbanyak Asupan Cairan

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa memperburuk sakit tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsi minuman hangat seperti teh dan mencampurnya dengan madu atau lemon untuk membantu melegakan tenggorokan. 

Mengonsumsi Makanan Bertekstur Lembut

Selain itu, pilihlah jenis makanan yang memiliki tekstur lembut, sehingga tidak mengganggu atau melukai tenggorokan yang sedang sakit. Misalnya sup, bubur ayam, atau nasi tim, dan pastikan makanan tadi tidak terlalu panas saat dikonsumsi.

Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam diyakini mampu membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Berkumurlah sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, dengan menggunakan setengah cangkir air putih yang dicampur dengan seperempat sendok garam. Meski demikian, hindari berkumur pada anak yang usianya masih terlalu dini dan belum bisa meludah.

Menghirup Udara yang Lembap

Udara lembap di saluran napas atas bisa membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan yang membuat tenggorokan terasa sakit. Selain itu, sebaiknya kamu tidak berada dalam ruangan ber-AC terlalu lama atau menggunakan produk pelembap udara (humidifier).

Tidak Bersuara Berlebihan

Bersuara secara berlebihan ketika sedang sakit tenggorokan pastinya bisa membuat radang pada tenggorokan menjadi lebih parah. Supaya radang cepat sembuh, sebaiknya kurangi berbicara, atau setidaknya kamu tidak berteriak. 

Berhenti Merokok

Berhenti merokok akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh, termasuk sakit tenggorokan. Selain itu, tidak merokok juga membuat penyembuhan sakit tenggorokan menjadi lebih cepat. 

Itu tadi beberapa cara mengobati tenggorokan yang bisa kamu coba. Jika sakit tenggorokan tidak membaik setelah lebih dari tiga hari, jangan tunda untuk menanyakan pada dokter penanganan medis terbaik yang bisa kamu dapatkan. Pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya jawab dengan dokter. Kamu bisa download aplikasi Halodoc secara gratis di ponselmu.

Referensi:
ENT Health. Diakses pada 2022. American Academy of Otolaryngology – Head and Neck Surgery Foundation. Sore Throats. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Sore Throat. 
NHS Choices UK. Diakses pada 2022. Sore Throat.