• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Daftar Makanan yang Baik untuk Radang Tenggorokan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Daftar Makanan yang Baik untuk Radang Tenggorokan

6 Daftar Makanan yang Baik untuk Radang Tenggorokan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Desember 2022

“Beberapa makanan baik dikonsumsi untuk meredakan radang tenggorokan. Beberapa di antaranya adalah jahe, teh chamomile, dan madu.”

6 Daftar Makanan yang Baik untuk Radang Tenggorokan6 Daftar Makanan yang Baik untuk Radang Tenggorokan

Halodoc, Jakarta – Saat tenggorokan sakit, rasa panas dan tidak nyaman yang timbul bisa membuat kamu sulit minum atau makan. Untungnya, ada beberapa jenis makanan untuk radang tenggorokan. 

Makanan yang lunak dan sangat mudah kamu telan biasanya aman kamu konsumsi saat sakit tenggorokan. Teksturnya yang lembut akan membantu membatasi jumlah iritasi pada tenggorokan. Makanan dan minuman hangat juga dapat membantu melegakan tenggorokan.

Makanan untuk Radang Tenggorokan

Kamu mungkin merasa tidak ingin makan banyak saat tenggorokan sakit. Namun, makanan tertentu dapat meringankan rasa sakit sambil menurunkan peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Jahe

Jahe adalah rempah ajaib dan makanan yang baik untuk radang tenggorokan. Sebab, jahe mengandung antioksidan kuat, dan memberi efek antiinflamasi, sehingga bisa meredakan peradangan.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara memarutnya lalu tambahkan ke makanan dan minuman. Selain itu, kamu juga bisa merebusnya, dan minum airnya. 

2. Madu

Jika batuk menyertai radang tenggorokan yang kamu alami, madu bisa membantu. Madu memberikan efek antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, antiproliferatif, antikanker, dan antimetastatik. Ini juga bisa jadi obat penekan batuk. 

Tambahkan madu ke dalam makanan atau minuman hangat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung. 

3. Smoothie

Smoothie bisa dengan cepat menjadi makanan lengkap yang baik untuk radang tenggorokan. Jika kamu memilih bahannya dengan baik, smoothie dapat menyediakan protein sehat, lemak baik, dan karbohidrat kaya nutrisi, selain vitamin, mineral, dan antioksidan.

Radang tenggorokan bisa membuat nafsu makan kamu memburuk. Smoothie bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, mengenyangkan, dan sekaligus meredakan sakit tenggorokan.

4. Kaldu Sayuran dengan Bawang Putih, Kunyit, dan Lada Hitam

Secangkir kaldu hangat bisa menenangkan, dan uapnya dapat membantu melonggarkan hidung tersumbat saat mengalami radang tenggorokan. Selain itu, kaldu sayuran juga bisa memberikan nutrisi dan antioksidan, serta berbagai manfaat lainnya. 

Sementara itu, bawang putih memiliki senyawa belerang yang melawan peradangan dan mengandung senyawa anti bakteri, virus, dan jamur, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Pastikan juga untuk menambahkan sedikit kunyit ke dalam kaldu. Komponen aktif dalam rempah ini, yaitu kurkumin, dapat membantu menurunkan kadar enzim dalam tubuh yang memicu peradangan. 

Namun, kurkumin tidak bisa mengeluarkan manfaatnya dengan baik tanpa penambahan piperine. Zat ini terkandung dalam lada hitam. Jadi pastikan juga untuk menambahkan lada hitam. Ini bisa jadi makanan terbaik untuk kamu konsumsi saat radang tenggorokan.

5. Teh Chamomile dengan Lemon

Selain mengandung senyawa antiradang, chamomile dapat membantu kamu tertidur lebih cepat. Saat mengalami radang tenggorokan, kamu perlu banyak beristirahat. 

Mengonsumsi teh chamomile dapat membantu kamu beristirahat dengan baik. Jadi, tubuh bisa lebih kuat dalam melawan bakteri atau virus yang membuat kamu sakit. 

Selain itu, chamomile juga dapat membantu mengurangi kejang otot jika sedang batuk. Jadi, celupkan sekantong teh chamomile ke dalam secangkir air panas, dan tambahkan lemon segar untuk penambah vitamin C dan bonus antioksidan.

6. Es Loli Buah

Radang tenggorokan dapat membuat tenggorokan terasa panas dan sakit. Kamu bisa meredakan gejala ini dengan mengonsumsi makanan atau minuman dingin, tapi juga bernutrisi, seperti es loli buah. 

Agar lebih sehat, sebaiknya buat sendiri es loli dari aneka buah tumbuk. Es loli yang siap makan biasanya mengandung tambahan pemanis buatan dan bahan lain yang tidak kamu ketahui. 

Sedikit tips, pilihlah buah kaya antioksidan seperti blueberry, delima, dan ceri. Kamu juga bisa memasukkan sayuran dengan memadukan sayuran hijau atau bayam dengan buah hijau, seperti kiwi.

Itulah beberapa makanan terbaik untuk radang tenggorokan. Jika keluhan yang kamu alami tak kunjung membaik, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dan menjalani pemeriksaan.

Referensi:
Health. Diakses pada 2022. 8 Foods To Eat When You Have a Sore Throat.
Healthline. Diakses pada 2022. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat.