• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Diagnosis Vertigo yang Dapat Dilakukan oleh Dokter

6 Diagnosis Vertigo yang Dapat Dilakukan oleh Dokter

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Diagnosis Vertigo yang Dapat Dilakukan oleh Dokter

Halodoc, Jakarta – Banyak orang menggambarkan vertigo seperti perasaan pusing. Namun, vertigo sebenarnya berbeda dengan pusing. Vertigo menimbulkan sensasi seperti tubuh atau lingkungan sekitar sedang bergerak atau berputar padahal sebenarnya tidak. Gerakan sederhana sangat intens untuk pengidap vertigo, dan kondisi ini bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Gejala vertigo yang dialami akan tergantung pada apa yang menyebabkannya dan jenis vertigo yang dialami. Terkadang, sensasi tidak menyenangkan ini terasa lebih buruk saat berdiri, berjalan, atau menggerakkan kepala. Sensasinya bisa sangat parah sehingga terasa mual atau muntah. 

Diagnosis Vertigo yang Dilakukan Dokter

Pengidap vertigo mungkin perlu menjalani beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis penyebab gejala. Pengidap mungkin memerlukan satu atau lebih pemeriksaan untuk membantu dokter mempelajari lebih lanjut tentang kondisi sebenarnya. 

Berikut ini pemeriksaan untuk mendiagnosis vertigo yang bisa dilakukan dokter:

1. Manuver Dix-Hallpike

Pemeriksaan ini biasanya digunakan jika dokter mencurigai seseorang mengidap vertigo posisional paroksismal jinak, penyebab paling umum dari vertigo. Metode ini juga dapat membantu dokter mengetahui apakah vertigo disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam atau gangguan otak. 

Dokter akan memutar kepala 45 derajat ke satu sisi. Kemudian, kamu akan berbaring telentang, dengan kepala menghadap ke samping meja, dan pertahankan putaran kepala setidaknya 30 detik.

Perlu diketahui, pemeriksaan ini bisa memicu serangan vertigo yang tidak menyenangkan. Jika kamu mengalami gejala selama tes ini, dokter akan menentukan bahwa kamu memang memiliki vertigo.

2. Tes Impuls Kepala

Proses diagnosis ini mengevaluasi seberapa baik mata dan telinga bagian dalam bekerja sama. Hal ini sering digunakan jika kondisi yang disebut neuritis vestibular dicurigai. 

Dokter akan memutar kepala kamu secara cepat untuk mencari gerakan mata tertentu dan fungsi refleks yang bisa menunjukkan masalah pada saluran setengah lingkaran telinga bagian dalam.

Baca juga: Kenali Tanda dan Penyebab Vertigo Berikut Ini

3. Tes Romberg

Saat melakukan tes romberg, kamu akan diminta untuk berdiri dengan kaki rapat. Kemudian, kamu diminta menutup mata. Dokter akan menilai seberapa banyak tubuh kamu bergoyang atau jatuh. Hal ini untuk menentukan penyebab vertigo. 

4. Tes Fukuda-Unterberger

Tes Fukuda-Unterberger mengharuskan kamu untuk berbaris dengan mata tertutup. Dokter akan melihat bagaimana tubuh menyimpang dari garis tengah untuk mengidentifikasi sisi tubuh mana yang terkena vertigo. 

5. Electronystagmography (ENG) atau Videonystagmography (VNG)

Pemeriksaan ini digunakan untuk mendeteksi gerakan mata yang tidak normal dan menentukan apakah gejala vertigo disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam. Tes ini biasanya dilakukan di ruangan gelap dan bisa menimbulkan gerakan mata yang menyentak.

6. Tes Rotasi

Tes rotasi digunakan untuk melihat seberapa baik mata dan telinga bagian dalam bekerja sama. Pemeriksaan ini melibatkan gerakan kepala secara perlahan dari sisi ke sisi sambil menganalisis gerakan mata.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Itulah beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis vertigo. Diagnosis vertigo biasanya ditangani oleh dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT), atau ahlis saraf.

Mereka dapat melakukan beberapa penilaian untuk mendiagnosis vertigo. Pada beberapa kasus, kamu mungkin juga dirujuk ke audiolog, terapis fisik, ahli radiologi, atau ahli lain untuk pengujian yang lebih khusus. 

Untuk mengetahui pemeriksaan mana yang akan dijalani, atau kepada spesialis mana kamu akan dirujuk, perlu untuk berdiskusi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc terlebih dulu. Pemeriksaan yang diperlukan akan tergantung pada apa yang menurut dokter menyebabkan gejala vertigo. 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. What Tests Will My Doctor Use to Diagnose Vertigo?
WebMD. Diakses pada 2021. Vertigo
Everyday Health. Diakses pada 2021. What Is Vertigo? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention