• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Etiket yang Perlu Diperhatikan saat Workout di Gym

6 Etiket yang Perlu Diperhatikan saat Workout di Gym

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Etiket yang Perlu Diperhatikan saat Workout di Gym

Workout di tempat gym masih menjadi pilihan banyak orang karena berbagai alasan. Namun, berolahraga di tempat gym tentu tidak bisa sebebas seperti di rumah, karena kamu berolahraga bersama dengan banyak orang lainnya. Oleh karena itu, ada beberapa etiket yang perlu kamu perhatikan demi kenyamanan bersama.

Halodoc, Jakarta – Meskipun sekarang ini olahraga outdoor tengah populer, workout di tempat gym masih menjadi pilihan banyak orang. Peralatan olahraga yang lengkap dan adanya personal trainer menjadi beberapa alasan orang masih memilih berolahraga di tempat gym.

Namun, mengingat gym adalah tempat umum, kamu tentu tidak bisa berolahraga sebebas dan semau kamu seperti saat berolahraga di rumah. Ada beberapa etiket yang perlu kamu perhatikan agar kamu dan orang lain sama-sama bisa berolahraga dengan nyaman. Yuk, simak lebih lanjut di sini.

Baca juga: 6 Tips Gym untuk Pemula agar Hasilnya Lebih Efektif

Etiket Saat Workout di Tempat Gym

Berikut adalah beberapa etiket yang perlu kamu perhatikan dan patuhi saat workout di tempat gym demi kenyamanan bersama:

  1. Kembalikan Alat Olahraga ke Tempat Semula

Di tempat gym, selain ada peralatan berat yang bisa digunakan di tempat, ada juga peralatan ringan yang bisa kamu bawa ke mana-mana. Misalnya, barbel atau bola yoga. Nah, pastikan kamu mengembalikan alat olahraga tersebut ke tempat semula setelah selesai menggunakannya. Meski mungkin sudah ada staf yang merapikan sarana olahraga setiap hari, tapi sebaiknya jangan meninggalkan peralatan sembarangan begitu saja.

  1. Jangan Memonopoli Peralatan

Saat workout di tempat gym, sebaiknya kamu juga tidak berlama-lama menggunakan suatu peralatan tertentu. Bila sedang sepi, kamu mungkin bisa menggunakan alat fitness selama yang kamu mau. Namun, bila kondisi gym sedang ramai, jangan membuat orang menunggu kamu terlalu lama dengan mengambil selfie atau berolahraga sambil mengobrol dengan teman. Ingat, setiap peralatan di tempat gym adalah milik bersama, sehingga penggunaannya harus bergantian.

  1. Selalu Bersihkan Alat Fitness Setelah Menggunakannya

Saat workout dengan menggunakan alat tertentu di tempat gym, keringat kamu pasti jatuh dan menempel di peralatan tersebut. Nah, pastikan kamu membersihkan alat olahraga setelah menggunakannya ya. Kamu pasti juga tidak mau kan menggunakan alat yang kotor dan basah karena keringat orang lain.

Baca juga: Sulit ke Gym, Siapkan Alat Olahraga Ini di Rumah

  1. Jangan Terlambat Datang ke Kelas Olahraga

Berbagai kelas olahraga yang menarik, seperti zumba, body pump, menjadi salah satu alasan mengapa sebagian orang menyukai workout di tempat gym. Mengikuti kelas-kelas tersebut juga bisa menjadi cara agar kamu tidak bosan dengan rutinitas olahraga.

Namun, bila kamu ingin mengikuti kelas olahraga yang ada di tempat gym, pastikan kamu tidak terlambat menghadiri kelasnya, ya. Sebab, kamu mungkin bisa mengganggu konsentrasi pelatih dan menarik perhatian member yang lain bila datang terlambat. Bila kamu terpaksa datang terlambat, usahakan untuk masuk kelas dengan interupsi seminimal mungkin.

  1. Hormati Ruang Pribadi Orang Lain Saat Menunggu

Saat kondisi gym sedang ramai, usahakanlah untuk tetap menghormati ruang pribadi orang lain saat menunggunya menggunakan suatu alat olahraga. Jangan menunggu di depan orang tersebut dalam jarak yang dekat, karena kamu akan membuatnya merasa tidak nyaman dan terburu-buru berolahraga.

  1. Jaga Ketenangan di Tempat Gym

Etiket lain yang perlu kamu perhatikan saat workout di tempat gym adalah jangan membuat keributan. Contohnya, dengan berbicara keras-keras di telepon atau tertawa kencang dengan teman. Pastikan kamu menjaga ketenangan di tempat gym agar tidak mengganggu orang lain yang sedang berkonsentrasi berolahraga.

Baca juga: Ketahui Tren Fitnes di Tahun 2021

Nah, itulah beberapa etiket yang penting untuk diperhatikan saat berolahraga di tempat gym. Bila saat berolahraga, kamu mengalami ketidaknyamanan tertentu, seperti sesak napas, jantung berdebar kencang, pusing, jangan sepelekan kondisi tersebut. Cepat hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc untuk membicarakan gejala kesehatan yang kamu alami.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter yang ahli dan terpercaya bisa memberi kamu saran kesehatan yang tepat sebagai pertolongan pertama untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Cnet. Diakses pada 2021. Gym etiquette for newbies: Don’t break these 10 important rules.
Lafayette Family YMCA. Diakses pada 2021. 7 Gym Etiquette Rules You Should Follow.