• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Fakta Menarik Mengenai Norwegian Forest Cat

6 Fakta Menarik Mengenai Norwegian Forest Cat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Fakta Menarik Mengenai Norwegian Forest Cat

Norwegian forest cat dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan jiwa sosialnya yang tinggi. Selain itu, ada banyak fakta dari kucing besar ini yang menarik untuk diketahui. Mulai dari asal-usulnya hingga kemampuannya yang mengagumkan. Tidak heran bila hewan baik hati ini menjadi kesayangan banyak orang.

Halodoc, Jakarta – Norwegian forest cat adalah salah satu kucing yang cukup populer, terutama di Norwegia, negara asal mereka, di mana kucing ini disebut dengan Skogatt. Kucing ini dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar, bulunya yang halus, dan sifatnya yang ramah.

Bukan tanpa alasan kucing hutan Norwegia digemari banyak orang. Kucing yang baik hati ini memiliki temperamen yang tenang dan lembut, sehingga bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan. Mereka juga merupakan sahabat yang penyayang dan tidak menuntut. Bila kamu bisa memberikan banyak kasih sayang, perawatan yang penuh perhatian, dan permukaan yang aman untuk didaki, kucing yang dijuluki “Wegies” ini bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang luar biasa. 

Baca juga: Mengenal Fakta Menarik Seputar Kucing Ragdoll

Fakta Menarik tentang Norwegian Forest Cat

Berikut ini fakta menarik tentang Norwegian forest cat yang mungkin bisa bikin kamu jatuh cinta dan tertarik untuk memeliharanya:

  1. Merupakan Kucing Prajurit

Asal usul kucing hutan Norwegia memang masih menjadi misteri. Namun, kucing besar ini diduga masih satu kerabat dengan kucing berbulu pendek hitam-putih dari Inggris Raya, yang digunakan oleh bangsa Viking sebagai binatang penangkap tikus di kapal mereka. Namun, ada juga kemungkinan Norwegian forest cat ini keturunan kucing berambut panjang yang dibawa ke Skandinavia oleh Tentara Salib.

Kerabat awal kucing tersebut menjelajahi hutan Norwegia dan berkembang biak dengan kucing liar dan kucing gudang. Selama bertahun-tahun, mereka berevolusi menjadi hewan besar berbulu tebal yang kita kenal sebagai Norwegian forest cat.

  1. Bulunya Tidak Menyerap Air

Kucing hutan Norwegia memang dikenal akan bulunya yang tebal dan berlapis ganda, tetapi bulu tersebut ternyata juga anti air! Pada dasarnya, mantel bulu mereka bersifat anti air karena lapisan luar bulu mereka kasar dan lapisan bawahnya padat. 

Kucing Norwegian ini juga dilengkapi dengan “perlengkapan musim dingin” mereka sendiri dengan telinga dan kaki berumbai yang berfungsi sebagai penutup telinga dan sepatu salju alami. Pada dasarnya, Norwegian forest cat dilahirkan untuk bertahan hidup di alam liar.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kucing Tidak Suka Terkena Air?

  1. Mereka Sangat Besar

‘Wegies’ dikenal sebagai salah satu ras kucing domestik terbesar. Mereka umumnya jauh lebih besar dari rata-rata kucing rumah dan bahkan lebih besar dari beberapa anjing kecil! Norwegian forest cat jantan bisa memiliki berat antara 4,5–9 kilogram.

  1. Mereka Adalah Kucing Nasional Norwegia

Jenis kucing raksasa ini ditetapkan sebagai kucing nasional Norwegia oleh mendiang Raja Olaf V. Hal itu karena tampaknya kucing hutan Norwegia terkait erat dengan cerita rakyat dan dongeng di negara tersebut.

  1. Pernah Hampir Punah

Meskipun dihargai oleh para petani dan pelaut sebagai penangkap tikus yang ahli, ras murni Norwegian forest cat pernah hampir punah pada perang dunia II. Hal itu karena pada saat perang, banyak Norwegian forest cat yang kawin campur dengan kucing liar domestik. Namun, Norwegian Cats Club bisa mencegah hal ini dengan melakukan program breeding yang resmi. Sekarang bisa banyak ditemukan di berbagai negara.

Pada tahun 1977, Norwegian forest cat secara resmi diterima sebagai ras yang diakui oleh Fédération Internationale Féline. Dua tahun kemudian, pasangan pertama kucing hutan Norwegia tiba di Amerika. Dan pada tahun 1984, ras ini secara resmi diterima oleh Asosiasi Pemelihara Kucing Amerika atau Cat Fanciers Association.

  1. Pandai Memanjat Pohon

Norwegian forest cat adalah pemanjat pohon yang sangat baik dan tidak jarang mereka turun dari batang pohon dengan kepala terlebih dahulu, yang tidak biasa bagi kucing! Kemampuan mengagumkan tersebut sebagian berkat kaki belakang mereka yang kuat, otot yang berat, dan cakar yang tebal. Di alam liar, kucing hutan Norwegia menghabiskan lebih banyak waktu di pepohonan dan mengamati hutan di bawah dengan bertengger tinggi di atas.

Baca juga: Waktu Ideal untuk Bermain dengan Kucing

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Norwegian forest cat. Bila kamu tertarik memeliharanya, kamu perlu mengontrol nutrisi Norwegian forest cat dengan baik, mengajaknya bermain dengan rutin, dan menyisir bulunya secara teratur. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, kamu bisa cek kebutuhan makanan kucing peliharaan kamu di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi terlengkap kesehatan hewan peliharaan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Meowingtons. Diakses pada 2021. 8 Furiously Fluffy Facts About Norwegian Forest Cats.
Daily Paws. Diakses pada 2021. Norwegian Forest Cat