• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Faktor Ini Bisa Menurunkan Risiko Kanker, Apa Saja?

6 Faktor Ini Bisa Menurunkan Risiko Kanker, Apa Saja?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Kanker bisa menyerang siapa saja, terlebih jika ada faktor risikonya. Kanker merupakan penyakit yang terjadi karena ada pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Sel abnormal ini kemudian menyerang sel-sel tubuh yang sehat dan menyebabkan kerusakan pada sel normal serta bagian tubuh lainnya. Kanker tidak boleh disepelekan, sebab bisa memicu kondisi berbahaya bahkan menjadi penyebab kematian. 

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko penyakit ini. Kabar baiknya, menurunkan risiko kanker nyatanya bisa dilakukan dengan cara yang tidak terlalu sulit, yaitu dengan melakukan perubahan gaya hidup. Lantas, apa saja faktor yang bisa membantu menurunkan risiko kanker? 

Baca juga: Pola Hidup Tidak Sehat Bisa Meningkatkan Risiko Kanker

Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker 

Kanker adalah penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Meski begitu, melakukan perubahan gaya hidup dan menerapkan pola hidup sehat ternyata bisa membantu menurunkan risiko kanker. Berikut beberapa faktor yang bisa membantu menurunkan risiko kanker, di antaranya: 

1.Berhenti Merokok 

Risiko kanker meningkat pada orang yang aktif merokok. Kandungan zat berbahaya dalam rokok bisa menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Selain itu, merokok juga bisa menjadi penyebab kanker mulut dan tenggorokan, kanker ginjal, hati, kandung kemih, hingga pankreas. 

2.Hindari Alkohol 

Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko kanker. Ada penelitian yang menyebut bahwa kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker mulut dan tenggorokan, kanker hati, serta kanker usus. Semakin banyak mengonsumsi alkohol, semakin besar risiko kanker yang bisa terjadi. 

3.Rutin Berolahraga 

Menerapkan gaya hidup sehat, termasuk rutin berolahraga nyatanya bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Aktivitas fisik sudah terbukti bisa membantu menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker perut. Tidak hanya itu, rutin berolahraga juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit berbahaya lainnya, seperti diabetes dan penyakit jantung. 

Baca juga: 7 Faktor yang Meningkatkan Risiko Terkena Kanker Kandung Kemih

4.Menjaga Berat Badan 

Menjaga berat badan tetap normal juga bisa membantu menurunkan risiko kanker. Sebab, orang yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas disebut lebih berisiko terserang beberapa jenis kanker, seperti kanker usus, kanker payudara, kanker ginjal, esofagus, serta kanker pankreas. 

5.Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara untuk terhindar dari obesitas adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi makanan sehat bisa membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Jika memiliki faktor risiko kanker, disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayuran, serta ikan. Selain itu, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko kanker, seperti makanan yang diproses, daging merah, serta olahan daging. 

6.Pemeriksaan Kesehatan Rutin 

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau tes skrining bisa membantu mendeteksi risiko kanker. Dengan begitu, pengobatan bisa segera dilakukan dan risiko kanker menjadi lebih parah juga bisa dihindari. Jika menemukan atau mengalami perubahan pada tubuh yang mengarah pada gejala kanker, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Baca juga: 6 Kondisi yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Darah

Jika ragu, kamu bisa coba pakai aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter melalui Video/Voice Call. Sampaikan keluhan yang dialami atau cari tahu informasi seputar kesehatan dengan lebih mudah. Dapatkan tips mengatasi penyakit dari dokter terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2021. 6 Steps to Help Lower Your Cancer Risk. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cancer prevention: 7 tips to reduce your risk.