• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Fobia pada Wanita yang Dapat Menyulitkan Hubungan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Fobia pada Wanita yang Dapat Menyulitkan Hubungan

6 Fobia pada Wanita yang Dapat Menyulitkan Hubungan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Juni 2022

“Ada beberapa fobia yang terjadi pada wanita dan mampu membuat hubungan menjadi lebih sulit untuk dijalani. Beberapa jenis fobia tersebut adalah chiraptophobia dan agoraphobia.”

6 Fobia pada Wanita yang Dapat Menyulitkan Hubungan

Halodoc, Jakarta – Fobia adalah gangguan yang terjadi karena perasaan takut akan suatu hal. Masalah ini biasanya tidak dapat dijelaskan dan bisa saja tidak logis. Fobia bisa terjadi akibat suatu objek atau situasi tertentu. Selain itu, ada beberapa jenis fobia pada wanita yang dapat membuat hubungan menjadi lebih sulit, baik secara seksual maupun non-seksual. Nah, ketahui selengkapnya di sini!

Berbagai Fobia yang Dapat Mengganggu Suatu Hubungan

Fobia merupakan rasa takut berlebihan pada orang-orang di sekitarnya. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya rasa khawatir ini dan tentu mengganggu suatu hubungan saat sedang kambuh. Bahkan, kamu dan pasangan bisa mengalami pertengkaran besar.

Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya untuk tahu berbagai jenis fobia pada wanita yang dapat memengaruhi suatu hubungan, yaitu:

1. Chiraptophobia

Fobia pada wanita pertama yang bisa mengganggu suatu hubungan adalah chiraptophobia. Oleh pasangan sudah menikah, sentuhan fisik seharusnya menjadi sesuatu yang lumrah. Namun, jika pasangan wanita memiliki fobia ini, ia dapat merasa takut saat melakukan sentuhan fisik, meski dengan pasangannya sendiri. Tentunya hal ini dapat memengaruhi romantisme dari suatu hubungan.

2. Philemaphobia

Jenis fobia pada wanita lainnya yang mampu memengaruhi hubungan percintaan adalah philemaphobia. Gangguan ini terjadi saat seseorang takut untuk berciuman yang disebabkan fobia akan kuman di mulut. Orang ini tidak ingin terkena bau mulut dan tidak mungkin untuk mengkonfrontasinya.

3. Agoraphobia

Agoraphobia adalah fobia yang terjadi akibat pengalaman negatif yang pernah dirasakan sebelumnya, yaitu pelecehan seksual. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya fobia ini, termasuk tontonan film yang terdapat unsur pelecehan seksual. Ada baiknya kamu menghindari segala hal yang dapat menjadi pemicunya.

4. Allodoxaphobia

Pasangan kamu juga bisa mengalami allodoxaphobia, yaitu fobia yang terjadi karena seseorang takut mendengar pendapat, konfrontasi, dan argumen dari orang lain. Bahkan ia tidak ingin mendengar semua hal tersebut meski dari pasangan sendiri. Mungkin kamu akan sulit untuk memberitahu sesuatu jika ia melakukan kesalahan.

5. Genophobia

Fobia pada wanita ini dapat terjadi karena perasaan takut akan seks. Tentunya hal ini dapat menyulitkan terhadap suatu hubungan jika suatu tindakan yang dapat meningkatkan keintiman tidak bisa dilakukan. Pada akhirnya, hal ini bisa berdampak buruk yang membuat perselisihan semakin sering terjadi.

6. Ithyphallophobia

Fobia pada wanita ini terjadi akibat perasaan takut akan penis yang ereksi. Tentu hal ini dapat menimbulkan masalah pada pasangan yang sudah menikah. Hubungan romantis dari suatu pasangan bisa terganggu akan hal ini. Maka dari itu, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke ahli medis untuk penanganan.

Itulah beberapa fobia pada wanita yang dapat membuat suatu hubungan menjadi lebih sulit untuk dijalani. Mungkin kamu belum tahu jika pasangan memiliki masalah ini, tetapi alangkah baiknya jika segera melakukan pemeriksaan dan bahkan penanganan dari ahlinya.

Kamu bisa lho melakukan pemeriksaan fobia ini di beberapa rumah sakit rekanan Halodoc melalui fitur janji medis. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan pemeriksaan mental bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone di tangan. Maka dari itu, gunakan segera aplikasinya!

Referensi:
MBG Relationships. Diakses pada 2022. Philophobia & 13 Other Love Phobias You Never Knew Existed.