• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Fungsi Glycolic Acid untuk Perawatan Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Fungsi Glycolic Acid untuk Perawatan Kulit

6 Fungsi Glycolic Acid untuk Perawatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 September 2022

“Glycolic acid adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk kecantikan. Fungsinya mulai dari mencerahkan dan meratakan warna kulit hingga melawan tanda-tanda penuaan di wajah.”

6 Fungsi Glycolic Acid untuk Perawatan Kulit6 Fungsi Glycolic Acid untuk Perawatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Glycolic acid (asam glikolat) adalah jenis asam yang berasal dari tebu dan merupakan golongan golongan alpha hydroxy acid (AHA). Kandungan ini adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk kecantikan.

Glycolic acid mengandung molekul berukuran sangat kecil sehingga mudah diserap oleh kulit. Fungsi utamanya adalah mengelupas dan menghilangkan sel kulit mati di atas permukaan kulit agar regenerasi kulit bisa terjadi lebih cepat.

Fungsi lainnya yang terkait dengan kulit, yakni mencerahkan, meratakan warna, mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit, memudarkan bekas jerawat dan melawan tanda-tanda penuaan di wajah.

Fungsi Glycolic Acid untuk Kulit

1. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan, lapisan kulit yang kian menipis dan masalah kulit kering. Dalam mengatasi gangguan tersebut, glycolic acid membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati.

Di dalam glycolic acid mengandung sejenis perekat berbahan dasar lembut yang memicu pengelupasan sel kulit di lapisan epidermis. Dengan begitu, warna kulit wajah menjadi lebih cerah.

2. Meratakan Warna Kulit

Warna kulit tidak merata paling sering disebabkan oleh paparan sinar UV berlebihan. Jika kulit wajah tidak terlindungi oleh sunscreen atau sunblock, maka sinar tersebut bisa masuk sampai ke dalam lapisan kulit.

Dalam meratakan warna kulit, glycolic acid bekerja dengan membersihkan kulit dari tumbukan sel kulit mati. Dengan begitu, masalah seperti flek hitam, pigmentasi kulit hingga melasma bisa memudar secara perlahan.

3. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar memudahkan kotoran, debu dan sisa make up terperangkap di lapisan atas kulit. Kondisi  ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu masalah kulit termasuk jerawat dan komedo.

Untuk mengatasinya, glycolic acid bekerja dengan membersihkan, memperbaiki dan mengecilkan ukuran pori-pori. Ini bisa mencegah minyak, kotoran dan sisa make up menumpuk dan masuk ke dalam pori-pori.

4. Menghaluskan Tekstur Kulit

Salah satu penyebab tekstur wajah tidak rata adalah penumpukan sel kulit mati. Kondisi ini menyebabkan wajah menjadi kasar, kusam dan dapat menimbulkan gangguan kulit wajah seperti jerawat.

Glycolic acid bekerja dengan memicu pergantian sel-sel kulit guna mengembalikan keremajaan kulit. Dengan begitu, kulit akan terhidrasi dengan maksimal, terasa lebih lembap, halus dan lembut.

5. Memudarkan Bekas Jerawat

Munculnya jerawat disebabkan oleh sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, produksi minyak (sebum) berlebihan dan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes.

Cara kerja glycolic acid dalam memberantas jerawat adalah dengan menembus jaringan kulit bagian dalam dan mempercepat pergantian sel. Dengan begitu, jerawat yang mengganggu penampilan bisa memudar secara perlahan.

6. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Penuaan bisa terjadi lebih cepat akibat riwayat genetik keluarga dan penyakit terkait dengan adanya gangguan pada gen, efek negatif merokok, stres jangka panjang serta papar sinar matahari berlebihan.

Dalam mencegah tanda penuaan dini, glycolic acid bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan elastin. Keduanya merupakan kunci guna meningkatkan elastisitas dan kelembutan kulit.

Penggunaan glycolic acid dalam mencegah tanda penuaan memerlukan waktu lebih lama. Jika dipakai secara rutin, ini dapat mengurangi garis halus dan kerutan di wajah serta mencegah munculnya flek hitam.

Meski memiliki banyak fungsi guna meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, penggunaannya tidak bisa dibarengi dengan tretinoin, adapalene, atau isotretinoin. Sebab, ini bisa memicu pengelupasan kulit berlebihan.

Jika kamu mengalaminya, segera buat janji rumah sakit untuk melakukan perawatan. Pastikan juga selalu mengoleskan sunscreen atau sunblock karena glycolic acid bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, kecantikan dan prosedur perawatan kulit lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. How to Use Glycolic Acid in Your Skin Care.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Benefits of glycolic acid for the skin.