• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Gejala Infeksi Ginjal yang Sering Diabaikan

6 Gejala Infeksi Ginjal yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Organ tersebut memiliki tugas utama untuk menyaring dan membersihkan limbah dari darah lalu membuangnya melalui urine.

Itulah mengapa menjaga kesehatan ginjal penting agar organ tersebut bisa terhindar dari berbagai masalah yang bisa mengganggu fungsinya, seperti infeksi ginjal. Namun, beberapa orang kadang-kadang tidak menyadari bila dirinya mengalami infeksi ginjal, karena mengabaikan gejala-gejalanya. Jika tidak segera diobati, infeksi ginjal bisa menyebabkan komplikasi serius yang bisa membahayakan nyawa. Ketahui gejala infeksi gagal ginjal di sini.

Baca juga: Infeksi Saluran Kemih dengan Infeksi Ginjal, Apa Bedanya?

Mengenal Penyebab Ginjal Infeksi Ginjal 

Infeksi ginjal atau pielonefritis adalah jenis infeksi saluran kemih (ISK) yang biasanya terjadi ketika bakteri dari kandung kemih (uretra) menyebar dan menyerang salah satu atau kedua ginjal. Penyebab paling umum infeksi ini adalah bakteri E.coli yang masuk ke saluran kemih melalui uretra, kemudian berkembang biak dan menyebar ke ginjal. Namun, bakteri lainnya atau virus juga bisa menyebabkan infeksi ginjal.

Pada kasus yang jarang terjadi, bakteri dari infeksi lain di tubuh juga bisa menyebar melalui aliran darah ke ginjal. Seseorang juga bisa mengembangkan infeksi ginjal setelah melakukan operasi ginjal, namun itu sangat kecil kemungkinannya. Selain itu, infeksi ginjal juga bisa disebabkan bila ada sesuatu yang menghalangi aliran urin.

Bila dibiarkan saja, kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan ginjal permanen dan menyebarnya bakteri melalui aliran darah yang bisa membahayakan nyawa.

Gejala Infeksi Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Gejala infeksi ginjal biasanya muncul sekitar dua hari setelah terinfeksi. Tiap pengidap bisa mengalami gejala yang berbeda-beda, tergantung usianya. Secara umum, berikut gejala infeksi ginjal yang perlu diwaspadai:

1.Demam dan Menggigil

Demam dan menggigil bisa menjadi pertanda bila infeksi sudah menyebar sampai ke ginjal. Gejala ini muncul karena tubuh berusaha melawan infeksi dengan meningkatkan respons kekebalan tubuh, sehingga membuat suhu tubuh naik.

2.Nyeri Punggung, Panggul, atau Selangkangan

Infeksi yang terjadi pada ginjal yang terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang, bisa menyebabkan rasa nyeri di area punggung dan panggul, bahkan selangkangan. Infeksi tersebut bisa memicu otot perut berkontraksi, sehingga menyebabkan sakit perut.

3.Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil atau adanya dorongan terus menerus untuk buang air kecil bisa menjadi salah satu gejala awal infeksi ginjal yang perlu diwaspadai. Kandung kemih yang meradang akibat infeksi bisa menjadi lebih sensitif terhadap tekanan dari urine. Akibatnya, kamu akan merasakan sensasi penuh pada kandung kemih, sehingga menjadi lebih sering ingin buang air kecil.

Baca juga: Sering Buang Air Kecil, Bisa Disebabkan Oleh 6 Penyakit Ini

4.Sensasi Terbakar atau Nyeri saat Buang Air Kecil

Bila kamu merasakan nyeri atau sensasi seperti terbakar ketika buang air kecil, sebaiknya hati-hati. Sebab, kondisi tersebut bisa menjadi gejala infeksi ginjal.

Bakteri penyebab infeksi tidak hanya bisa menyerang kandung kemih dan ginjal, tapi juga bisa menyusup ke saluran kemih dan mengaktifkan reseptor rasa nyeri di area tersebut. Akibatnya, buang air kecil pun terasa menyakitkan.

5.Mual dan Muntah

Sebagian orang yang terkena infeksi ginjal bisa mengalami gejala berupa mual dan muntah. Gejala ini juga terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang berusaha untuk melawan infeksi.

6.Urine yang Berbau Tidak Sedap atau Keruh

Urine yang berbau tidak sedap dan berwarna keruh juga bisa menjadi salah satu gejala infeksi ginjal. Kondisi tersebut merupakan bentuk dari fermentasi bakteri dan tubuh mencoba mengirimkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Pada kasus yang parah, kamu mungkin akan menemukan nanah ketika buang air kecil.

Baca juga: 3 Tes untuk Mendiagnosis Infeksi Ginjal

Itulah gejala infeksi ginjal yang tidak boleh diabaikan. Segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan bila kamu mengalami salah satu atau beberapa gejalanya. Sekarang, berobat ke dokter sudah lebih mudah dengan adanya aplikasi Halodoc. Kamu tinggal buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi dan kamu bisa berobat tanpe perlu antre. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Kidney infection.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Should Know About Kidney Infection.