12 December 2018

6 Gejala Spondilosis Servikal yang Selama Ini Sering Diabaikan

6 Gejala Spondilosis Servikal yang Selama Ini Sering Diabaikan

Halodoc, Jakarta - Leher kamu sering terasa kaku dan sakit? Mungkin saja kamu mengidap spondilosis servikal. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan ruas tulang leher dan bantalannya. Kondisi tersebut membuat saraf tulang belakang tertekan dan membuat beberapa bagian tubuh terasa nyeri, seperti leher, bahu, dan kepala. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh tubuh yang mulai menua, tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor lain.

Pada seseorang yang berusia lanjut, tulang-tulang dan sendi-sendi akan mengalami keropos, termasuk juga tulang leher. Saat hal tersebut terjadi, jaringan pada tulang leher akan rusak, sehingga fungsinya menurun. Tulang di leher berusaha memperbaikinya, tetapi malah membuat struktur tulang mengalami kelainan. Akibatnya, saluran tulang belakang mengalami penyempitan.

Umumnya, spondilosis servikal menyerang orang-orang berusia 40 hingga 60 tahun. Selain itu, penyakit ini lebih cepat terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan wanita. Walau begitu, spondilosis servikal juga terjadi pada seseorang yang masih muda, karena leher yang mengalami cedera.

Gejala Spondilosis Servikal yang Sering Diabaikan

Gejala spondilosis servikal memang tidak memiliki gejala khusus. Akibatnya, gejala-gejalanya sering diabaikan, karena mirip dengan penyakit-penyakit ringan. Gejala-gejala spondilosis servikal yang sering diabaikan adalah:

  1. Sakit pada Leher

Sakit pada leher juga dapat menjadi pertanda gejala spondilosis servikal. Banyak orang mengidentikan sakit di leher dengan salah posisi ketika tidur atau biasa disebut dengan salah bantal. Selain itu, rasa sakit juga mungkin terasa di bahu, lengan, tangan, dan jari-jari.

  1. Tangan Sering Kesemutan

Salah satu gejala spondilosis servikal yang sering diabaikan adalah tangan yang kerap mengalami kesemutan. Umumnya, orang-orang tidak akan mengabaikan hal ini, karena dianggap hal yang biasa. Orang-orang akan tersadar bahwa ia mengidap suatu penyakit ketika tangannya sering terasa mati rasa.

  1. Lengan Terasa Lemas

Lengan yang selalu terasa lemas juga dapat menjadi suatu gejala spondilosis servikal yang diabaikan oleh orang banyak. Biasanya, orang-orang akan merasa bahwa tangannya hanya lelah setelah terlalu sering bekerja. Padahal, ketika lengan selalu terasa lemas, seharusnya seseorang menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan tubuhnya.

  1. Pusing

Pusing juga dapat menjadi gejala spondilosis servikal yang mudah terabaikan. Sakit kepala atau pusing adalah penyakit yang lumrah dan sering menyerang seseorang. Hanya dengan meminum obat, seseorang akan merasa lebih baik. Namun, jika pusing yang dialami terus terulang, kamu harus memeriksakannya pada dokter.

  1. Kehilangan Keseimbangan

Salah satu gejala spondilosis servikal adalah sering kehilangan keseimbangan. Orang-orang akan menganggap hal ini berhubungan dengan vertigo, sehingga kebanyakan orang akan mengonsumsi obat vertigo untuk mengatasinya. Padahal, jika vertigo kerap terjadi, banyak hal yang mungkin menyebabkan hal tersebut dan salah satunya adalah spondilosis servikal.

  1. Sulit Menahan Buang Air Kecil atau Buang Air Besar

Gejala spondilosis servikal lainnya adalah sulit untuk menahan buang air kecil atau buang air besar. Jika hal ini terjadi, orang tidak akan mengabaikannya. Mungkin, orang-orang akan lebih menganggap kondisi ini terjadi karena penyakit seksual menular atau lainnya.

Itulah 6 gejala spondilosis servikal yang sering diabaikan. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang penyakit spondilosis servikal, kamu dapat berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Komunikasi dengan dokter dapat dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: