6 Hal yang Dipersiapkan sebelum Anak Medical Check Up

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pemeriksaan fisik, pertumbuhan anak, medical check up untuk anak

Halodoc, Jakarta - Gangguan tumbuh kembang anak pada dasarnya dapat diketahui oleh spesialis anak dengan memantau dan wawancara dengan orangtua. Dokter spesialis anak akan menggunakan skala tertentu yang sudah menjadi patokan untuk memastikan tumbuh kembang Si Kecil berjalan normal atau tidak. Untuk mendeteksi adanya gangguan tumbuh-kembang anak secara detail dapat diketahui dengan medical check up yang juga melibatkan psikolog anak.

Tes kesehatan anak bisa saja dilakukan sesuai dengan permintaan orangtua. Namun, jenis pemeriksaan yang dilakukan merupakan jenis pemeriksaan dasar yang bertujuan untuk mengindikasi adanya gangguan kesehatan atau gangguan pertumbuhan pada anak. Karenanya, orangtua tidak dapat memilih jenis pemeriksaan secara acak.

Pemeriksaan fisik pada anak meliputi cek darah lengkap, gigi, dan fisik. Akan lebih ideal jika anak terlebih dulu diperiksa ke dokter spesialis anak untuk mengetahui tes apa yang harus dilakukan. Sebelum melakukan medical check up (MUC) pada anak, berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan:

Baca juga: 3 Cara Biar Anak Tumbuh Tinggi

  1. Pastikan tubuh Si Kecil mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup selama tiga hari sebelumnya.

  2. Jika memungkinkan, lakukan pemeriksaan pada pagi hari antara pukul 07.00 hingga 09.00.

  3. Perhatikan jika anak pernah mengalami suatu keluhan atau hal-hal yang tidak semestinya. Misalnya perubahan bentuk tubuh, adanya benjolan, atau perubahan kulit. Catat seluruhnya, kemudian sampaikan kepada dokter.

  4. Jangan remehkan keadan seperti pola makan yang berubah atau anak terlihat lemas. Hal ini bisa jadi tanda bahwa Si Kecil mengalami sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan.

  5. Ingat kembali riwayat kesehatan keluarga. Jika ada anggota keluarga yang mengalami penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, atau kanker, bersiaplah untuk menyampaikan pada dokter kamu. Ini bertujuan agar dokter memeriksa tingkat risiko tersebut pada Si Kecil.

  6. Perhatikan pula obat atau vitamin yang sedang atau pernah dikonsumsi oleh Si Kecil dalam masa penyembuhan suatu penyakit. Sampaikan pada dokter supaya saat pemeriksaan dilakukan,  dokter sudah memiliki data lengkap.

Baca juga: Bagaimana Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Sementara itu, proses pemeriksaan dan lamanya pemeriksaan tergantung pada kondisi setiap anak. Namun, jika MCU ini dilakukan dengan sistem paket, seperti pemeriksaan mata, THT, mulut/gigi, dan pemeriksaan lanjutan, durasi pemeriksaan bisa berlangsung selama satu hari. Meski begitu, hasilnya tetap bisa langsung didapatkan.

Maka itu, saat dilakukan pemeriksaan, orangtua perlu melakukan perjanjian terlebih dulu. Perisakan pula anak dengan membawakannya makanan, atau beri asupan makanan sebelum MCU, supaya saat diperiksa anak bisa lebih relaks.

Perlu ibu dan ayah ketahui pula bahwa tidak semua rumah sakit dapat melakukan medical check up pada anak. Biasanya, hanya rumah sakit yang sudah memiliki laboratorium dan sarana penunjang medical check up yang dapat melakukannya.

Baca juga: Kurang Tidur Sebabkan Gangguan Otak pada Anak

Untuk mengetahui rumah sakit mana yang bisa melakukan medical check up pada anak, ini ibu bisa bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!