11 June 2018

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Mudik dengan Mobil Pribadi

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Mudik dengan Mobil Pribadi

Halodoc, Jakarta – Mudik menjadi momen saat bulan Ramadan yang paling dinanti. Bersilaturahmi mengunjungi sanak saudara pasti akan sangat menyenangkan. Terlebih jika ditemani dengan hidangan khas lebaran, lontong opor dan sambal goreng. Hmm, pasti sudah tidak sabar ya ingin segera berkemas dan pulang ke kampung halaman.

Nah, apakah kamu berencana untuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi? Jika iya, kamu perlu mempersiapkan hal-hal berikut ini sebelum melakukan perjalanan, agar mudik kamu tetap lancar tanpa hambatan:

Pastikan Mobil dalam Kondisi yang Baik

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mudik yang pertama tentu kamu perlu mengecek kondisi mobil. Perlu diingat, kamu akan melakukan perjalanan jauh. Tentunya, kondisi mobil harus prima. Oleh karena itu, bawalah mobil kamu ke bengkel setidaknya satu minggu sebelum kamu berangkat. Pastikan kamu memeriksa semua bagian mobil kamu, terutama mesin dan kondisi ban. Tentunya, kamu tidak ingin mobil kamu mengalami masalah mesin saat berada dalam perjalanan, bukan?

Jangan Lupa Membawa Bekal

Perjalanan panjang akan membuat perut kamu mudah merasa lapar. Terlebih kalau kamu mengemudi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah bekal camilan untuk antisipasi saat lapar menyerang. Jika kamu mudik saat masih berpuasa, bekal ini bisa kamu simpan hingga waktu berbuka tiba.

Membawa bekal tak hanya membuat kamu lebih hemat, tetapi juga mencegah kamu mengonsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan yang belum tentu terjaga kebersihannya. Tentunya, ini akan menghindarkan kamu dari risiko diare atau bahkan keracunan selama dalam perjalanan.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

Membawa Obat-Obatan

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mudik selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah membawa obat-obatan ringan, seperti minyak angin, obat masuk angin, obat antimual, obat diare, obat mag, dan beberapa perlengkapan untuk pertolongan pertama. Saat perjalanan, tubuh akan rentan terserang masuk angin atau mual, karena kamu akan terkena paparan AC mobil dalam waktu yang cukup lama.

Menepi untuk Beristirahat Sejenak

Duduk dan menyetir terlalu lama pasti membuat tubuh kamu pegal. Sebaiknya, ambillah waktu istirahat selama dua hingga tiga jam sekali untuk meregangkan tubuh dan melemaskan otot-otot. Kamu juga bisa memejamkan mata sejenak jika merasa lelah atau ngantuk. Memaksakan diri mengemudi dengan tubuh lelah dan mengantuk justru akan membahayakan keselamatan kamu.

Cukup Istirahat Sebelum Berangkat

Tak hanya kendaraan, kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh kamu sendiri. Pastikan kamu cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan, sehingga kamu bisa mengemudi dalam kondisi tubuh yang fit dan segar. Jika kamu sedang tidak enak badan, sebaiknya tunda perjalanan kamu hingga kondisi tubuh kamu membaik, karena berkendara dalam kondisi tubuh yang kurang sehat tidak baik untuk keselamatan.

(Baca juga: Diet DASH, Rahasia Langsing Setelah Lebaran)

Sahur dengan Makanan Bernutrisi

Perjalanan jauh tak jadi penghalang untuk kamu tetap menjalankan ibadah puasa. Supaya tetap kuat di perjalanan, pastikan kamu mengonsumsi makanan bernutrisi saat sahur. Hindari makanan tinggi lemak dan gula, karena akan membuat kamu cepat lapar dan ngantuk. Hindari pula konsumsi kafein yang berlebihan, karena akan membuat perut mudah kembung.

Itu tadi beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mudik jika melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Supaya daya tahan tubuh tetap terjaga, jangan lupa konsumsi vitamin C saat sahur dan berbuka. Agar lebih mudah, kamu bisa membelinya di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc, pesan vitamin yang kamu butuhkan melalui layanan Apotek Antar, dan pesanan kamu akan tiba di rumah kamu hanya dalam waktu satu jam, lho!