• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Ide Family Time untuk Dilakukan saat Akhir Pekan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Ide Family Time untuk Dilakukan saat Akhir Pekan

6 Ide Family Time untuk Dilakukan saat Akhir Pekan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Agustus 2022

“Meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan untuk family time dapat mempererat hubungan dengan keluarga. Nah, ada beberapa ide seru untuk family time yang bisa dicoba dilakukan di akhir pekan.”

6 Ide Family Time untuk Dilakukan saat Akhir Pekan6 Ide Family Time untuk Dilakukan saat Akhir Pekan

Halodoc, Jakarta – Di tengah kesibukan masing-masing anggota keluarga, penting untuk menyediakan waktu khusus untuk family time. Family time artinya adalah bagaimana kamu menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga, yaitu anak-anak dan pasangan. 

Tidak hanya bisa meningkatkan keharmonisan di dalam keluarga dan mempererat hubungan dengan anak-anak dan pasangan, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. 

Namun, family time perlu direncanakan dengan baik agar tidak berakhir dengan masing-masing anggota keluarga yang sibuk sendiri. Nah, berikut beberapa ide family time yang bisa dilakukan bersama keluarga di akhir pekan. 

Ide Family Time di Akhir Pekan

Akhir pekan merupakan waktu yang baik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berikut ide family time yang bisa kamu lakukan di akhir pekan:

1. Pergi Piknik

Aktivitas klasik yang satu ini selalu menyenangkan untuk dilakukan, apalagi bersama keluarga. Kamu dan keluarga bisa bersantai bersama sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan makan bekal yang sehat dan lezat. 

Selain itu, menghabiskan waktu di luar ruangan juga membuat kamu dan keluarga bisa terpapar sinar matahari yang bagus untuk kesehatan, lho. Sekarang ini, sudah ada banyak taman-taman di yang bisa jadi lokasi piknik yang tepat untuk family time. 

Jadi, tunggu apa lagi? Ajak keluargamu untuk berpiknik bersama di akhir pekan ini. Siapkanlah bekal piknik yang sederhana, seperti sandwich, buah, dan keripik kentang. Jangan lupa juga bawa kain untuk alas duduk ya. 

2. Pergi Hiking

Ingin aktivitas outdoor yang lebih menantang? Coba ajak keluarga untuk pergi hiking! Selain seru, berjalan menyusuri sungai dan naik ke atas bukit juga bisa menjadi semacam latihan yang bisa memperkuat otot kaki. Paparan udara segar dan bersih juga bisa menjernihkan pikiran, dan baik untuk kesehatan semua anggota keluarga.

3. Berolahraga Bersama

Pilihlah jenis olahraga yang kira-kira disukai oleh semua anggota keluarga dan ajak mereka untuk melakukannya bersama di akhir pekan. Ibu dan keluarga bisa berenang bersama, jogging, atau bersepeda di pagi hari. 

Sebagai reward untuk menambah semangat anak-anak, ibu bisa mengajak mereka untuk menikmati makanan lezat di restoran favorit sehabis berolahraga bersama.

4. Masak Bersama

Masak bersama mungkin bisa menjadi ide family time yang baik, bila ibu sedang malas keluar rumah atau cuaca sedang hujan. Ibu bisa mengajak anak-anak dan juga suami untuk membuat kue, pie, pizza, dan lain-lain. Anak-anak biasanya suka membantu mengaduk dan meremas adonan, memecahkan telur, serta menghias kue atau memberi topping ke atas pizza. 

Nah, bila makanannya sudah matang, ibu dan keluarga bisa menikmatinya bersama sambil menonton film.

5. Bermain Bersama

Selain masak bersama, ada banyak permainan yang juga bisa dilakukan bersama keluarga sebagai ide family time di rumah. Misalnya, bermain kartu atau board game, puzzle, atau permainan dengan menggunakan konsol permainan. Dijamin seru dan waktu tidak terasa akan cepat berlalu. 

6. Camping di Halaman Rumah

Bila ada halaman di rumah, ibu juga bisa mengajak keluarga untuk camping di malam hari. Pasanglah tenda kecil yang khusus untuk anak-anak, lalu ibu bisa memanggang barbeque (sosis, jagung, dan lain-lain), membakar marshmallow, dan menyediakan coklat panas untuk dinikmati bersama. 

Selain itu, ibu dan anak-anak bisa menyanyi dan menari bersama diiringi permainan gitar oleh ayah, menceritakan cerita untuk anak-anak, atau bermain bersama.

Itulah beberapa ide family time yang bisa dilakukan di akhir pekan. Bila ada anggota keluarga yang sakit, jangan panik ya. Coba periksakan ia ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga sebagai teman penolong ibu untuk menjaga kesehatan keluarga.

Referensi:
Fun Loving Families. Diakses pada 2022. 35 Best Family Bonding Activities To Be More Connected.
Parents. Diakses pada 2022. 20 Fun Family Weekend Activities to Do at Home
Aha Now. Diakses pada 2022. Family Time: Why Spending Time with Family is Important