• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Jenis Kepribadian Anak untuk Dipahami Orangtua

6 Jenis Kepribadian Anak untuk Dipahami Orangtua

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dan hal ini juga berlaku untuk anak kecil. Tidak ada satu pun anak yang memiliki kepribadian sama persis sekalipun mereka adalah anak kembar. Saat masih bayi, kepribadian anak umumnya merupakan cerminan kepribadian bawaan dari gen yang diwariskan oleh orangtuanya. Namun, kepribadian pun akan berubah saat anak sudah bisa berinteraksi dan meniru orang lain. 

Melansir dari Encyclopedia of Children’s Health, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi terbentuknya kepribadian anak. Faktor tersebut yaitu, kondisi lingkungan atau sosial dalam keluarga inti, teman sebaya, dan keluarga besar; temperamen dasar atau kadar emosi; dan kepribadian bawaan. Faktor ini saling memengaruhi dan tak bisa dipisahkan. Sebaliknya, orangtua harus memahami kepribadian anak untuk menentukan pola asuh yang tepat.

Baca juga: Cara Mengenali Karakter Anak yang Alami Gangguan Kepribadian

Kepribadian Anak dan Pola Asuh yang Tepat

Berikut ini beberapa jenis kepribadian anak yang perlu orangtua pahami: 

  • Anak Pemalu

Kepribadian anak seperti ini dapat terlihat saat anak berada di lingkungan yang terdapat banyak orang. Mereka akan diam dan tidak mau jauh-jauh dari orangtuanya. Anak dengan tipe ini mungkin sulit beradaptasi dengan hal baru, namun mereka tetap bisa bersosialisasi.

Hanya saja, mereka tak boleh dipaksa untuk berbaur langsung. Orangtua harus lebih sering mengajaknya bertemu dengan orang lain agar perlahan-lahan rasa malunya ini memudar dan anak mau bersosialisasi dengan orang lain. 

  • Anak Petualang

Anak dengan kepribadian ini kerap menganggap segala hal di sekitarnya memiliki daya tarik dan membuat mereka selalu merasa penasaran. Mereka ingin melihat, menyentuh, dan merasakan semua hal yang baginya menarik.

Namun, ini bisa membuat orangtua kewalahan menjaganya. Ibu perlu lebih ekstra menjaganya, akan tetapi anak dengan tipe ini cenderung akan menjadi anak yang mandiri. Saat di rumah, pastikan orangtua menjauhkan benda tajam nan berbahaya dari jangkauan anak. 

  • Anak Peduli

Anak dengan tipe kepribadian ini cenderung untuk lebih mudah berempati dengan orang lain. Ia juga takkan ragu berbagi mainan atau menawarkan bantuan pada orangtuanya seperti membantu pekerjaan rumah.

Meskipun terlihat baik, namun orangtua juga harus waspada karena anak dengan tipe ini akan berpotensi dimanfaatkan kepeduliannya oleh orang lain. bahkan mereka lebih rentan menjadi target penipuan. Oleh karena itu, jelaskan batasan-batasan yang boleh dilakukan atau tidak. 

Baca juga: 5 Cara Menghadapi Anak Nakal

  • Si Pemikir

Anak dengan tipe kepribadian ini umumnya sering menanyakan mengapa ia harus melakukan sesuatu, atau bertanya tentang banyak hal. Hal ini kemudian membuat orangtua harus banyak bersabar menghadapinya.

Saat anak bertanya seperti mengapa ia harus menyikat gigi, coba katakan bahwa kamu akan menjelaskannya saat anak selesai melakukannya. Ingat, anak dengan kepribadian ini umumnya memiliki nalar yang baik dan bisa tumbuh menjadi anak yang sangat cerdas. 

  • Sang Seniman

Anak dengan bakat natural ini akan menunjukkan kemampuan mewarnai, menggambar atau membuat kerajinan tangan yang lebih baik daripada anak lain seusianya. Oleh karena itu, orangtua perlu menyiapkan ruang khusus untuk anak agar ia bisa bebas berprakarya. Biarkan anak menentukan warna dan gambar yang dia ingin lukiskan ke dalam tempat tersebut. 

  • Si Pusat Perhatian

Anak dengan tipe ini akan menjaga performa dalam interaksinya dengan orang banyak, sehingga ia memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi. Anak dengan tipe kepribadian ini cenderung pandai bergaul dan memiliki kemampuan verbal yang baik.

Sehingga ia akan senang jika dilibatkan untuk bernyanyi, menari, atau bercerita di depan teman-temannya. Jangan hentikan semangatnya untuk mengasah kemampuannya. Namun, orang tua tetap perlu mengingatkan anak agar selalu rendah hati. 

Baca juga: Memarahi dan Memukul Tidak Dapat Mendisiplinkan Anak, Ini Alasannya

Itulah jenis tipe kepribadian anak yang perlu diketahui orangtua. Untuk saran mengenai pola asuh anak yang tepat, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Psikolog akan memberikan saran yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan anak. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
How Does She. Diakses pada 2020. Understanding Your Different Types of Children.
Reedsy. Diakses pada 2020. Types of Characters Featured in Almost All Stories.
The Asian Parent Singapore. Diakses pada 2020. Character Types in Your Kid's Classroom.