• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Jenis Makanan Untuk Mendapatkan Hamil Anak Laki-laki
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Jenis Makanan Untuk Mendapatkan Hamil Anak Laki-laki

6 Jenis Makanan Untuk Mendapatkan Hamil Anak Laki-laki

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Ada beberapa makanan yang diketahui dapat meningkatkan kemungkinan wanita untuk hamil anak laki-laki. Nah, beberapa jenis makanan tersebut adalah sereal hingga sayuran hijau.”

6 Jenis Makanan Untuk Mendapatkan Hamil Anak Laki-laki

Halodoc, Jakarta – Beberapa pasangan mungkin memiliki keinginan sendiri terkait jenis kelamin anak yang nanti akan dimilikinya. Ada yang lebih ingin memiliki anak laki-laki, ada pula mereka yang lebih menginginkan anak perempuan.  Jika ibu ingin hamil anak laki-laki, ada beberapa jenis makanan yang bisa dipilih. Berikut ulasan lengkapnya!

Beberapa Makanan untuk Hamil Anak Laki-Laki

Perlu diketahui jika gabungan tipe kromosom dari sperma yang dihasilkan pria dengan tipe kromosom dari sel telur pada tubuh wanita dapat menentukan jenis kelamin bayi di janin. Jika ibu ingin memiliki anak laki-laki, kombinasi kromosomnya harus terdiri dari X dan Y. Jika dua kromosom X yang bertemu, maka bayi akan berjenis kelamin wanita. Kromosom Y sendiri hanya terdapat di dalam sel sperma. 

Nah, diketahui jika jenis makanan tertentu diduga dapat mengurangi kadar keasaman tubuh, dan meningkatkan iklim basa yang membuat kromosom Y lebih didukung oleh tubuh sang wanita. Nah, berikut beberapa daftar makanan untuk bisa mendapatkan kehamilan anak laki-laki:

1. Sarapan Sereal

Makanan pertama yang dapat dikonsumsi untuk hamil anak laki-laki adalah konsumsi sereal saat sarapan. Menurut jurnal dari Proceedings of the Royal Society B, disebutkan jika wanita hamil yang mengonsumsi sereal saat sarapan memiliki kemungkinan hamil anak laki-laki lebih besar.

Terlebih jika konsumsi sarapan tersebut ditambah dengan makanan yang kaya akan kalium serta mengonsumsi lebih banyak kalori setiap harinya. Tentunya hal ini dibandingkan dengan wanita yang jarang sarapan pagi dan hanya mengonsumsi kalori lebih sedikit setiap harinya.

2. Perbanyak Asupan Makanan Kaya Potasium

Disebutkan juga jika seseorang yang banyak mengonsumsi makanan kaya potasium dapat meningkatkan peluang untuk hamil anak laki-laki. Selain itu, kandungan potasium juga sangat penting untuk membantu menjaga sperma pria agar tetap bertahan saat masuk ke dalam tubuh wanita. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan ini adalah salmon dan alpukat. 

3. Buah-buahan yang Asam

Wanita yang akan atau sedang hamil juga disarankan mengonsumsi buah-buahan yang asam jika ingin mengandung anak laki-laki. Disebutkan jika buah asam dapat memberikan efek alkali yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang hamil anak laki-laki. 

Beberapa buah asam yang direkomendasikan adalah jeruk, lemon, dan jeruk nipis. Tentu saja buah tersebut juga kaya akan vitamin, sehingga dapat menyehatkan. Kamu juga bisa membuat jus dari buah-buahan tersebut. Selain itu, alangkah lebih baik untuk mengonsumsi jus yang dibuat sendiri dari buah aslinya.

4. Sayuran Hijau

Seperti halnya buah asam, sayur-sayuran hijau termasuk makanan alkali tinggi yang sangat baik untuk mendapatkan kehamilan anak laki-laki. Beberapa sayuran hijau yang direkomendasikan untuk lebih banyak dikonsumsi adalah lobak, bayam, dan kangkung. Pastikan untuk mengonsumsi satu porsi sayuran berdaun hijau setiap hari agar tujuan yang diinginkan bisa terpenuhi.

5. Pisang

Pisang termasuk makanan yang kaya akan potasium, yang mampu membantu agar sperma pria dapat tetap hidup dan bertahan hingga menuju sel telur. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan anak laki-laki lebih tinggi. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh.

6. Makanan yang Asin

Dipercaya juga jika makanan yang asin dapat meningkatkan kemungkinan wanita untuk hamil bayi laki-laki. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah seafood, biskuit asin, dan keju. Meski begitu, ada baiknya untuk makan dengan tidak berlebihan karena dampak buruknya untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi jika ingin hamil anak laki-laki. Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait makanan di atas dengan peluang kehamilan bayi laki-laki. 

Jika ibu ingin bertanya tentang cara untuk hamil anak laki-laki, fitur tanya dokter bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan menggunakan smartphone di tangan. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Belly Belly. Diakses pada 2022. Foods To Eat To Conceive A Boy.
Healthline. Diakses pada 2022. Can I Change My Diet to Conceive a Boy?