• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

6 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Agustus 2021
6 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Pola makan sehat, berat badan seimbang, olahraga dan tidur yang cukup adalah kebiasaan yang membantu sistem reproduksi tetap sehat. Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan, seperti tingkat stres yang tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat rentan terhadap infeksi.” 

Halodoc, Jakarta – Sistem reproduksi wanita adalah sistem yang rumit dan kompleks. Penting untuk mengambil langkah-langkah penting untuk menjaga alat kesehatan reproduksi wanita untuk melindunginya dari infeksi dan cedera, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan jangka panjang. 

Pola makan sehat, berat badan seimbang, olahraga dan tidur yang cukup adalah kebiasaan yang membantu sistem reproduksi tetap sehat. Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan, seperti tingkat stres yang tinggi dan terjadi terus-menerus bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat rentan terhadap infeksi. 

Baca juga: Dua Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Pola Makan Sehat dan Menjaga Kebersihan Organ Intim

Stres bisa mengubah siklus menstruasi normal dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan reproduksi. Berikut ini langkah-langkah penting menjaga kesehatan alat reproduksi wanita:

1. Berhenti Merokok

Sebatang rokok mengandung komposisi racun yang tak terhitung jumlahnya yang menyebabkan kecanduan, kanker dan masalah pada jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat membahayakan ovarium, rahim, dan area lain dari sistem reproduksi wanita. Merokok selama kehamilan juga berpengaruh pada bayi yang belum lahir serta memicu kelainan bawaan.

2. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Reguler

Lakukan pemeriksaan rutin, termasuk pap smear dan tes infeksi penyakit menular seks. Tujuannya untuk memastikan deteksi dini kondisi apa pun dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik. 

3. Lakukan Seks yang Aman

Seks yang aman penting untuk mencegah penyakit. Beberapa PMS tidak dapat disembuhkan, termasuk HIV, dan penyakit ini dapat mengubah hidup secara permanen. Sebelum melakukan hubungan seksual, kamu perlu tahu kesehatan pasangan dan gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit.

Baca juga: Berbagai Pemeriksaan Sistem Reproduksi pada Pria

4. Mendapatkan Orgasme yang Teratur 

Orgasme memicu pelepasan hormon sehat dan memicu kontraksi rahim, yang membantu meringankan dan mendetoksifikasi tubuh. Sistem reproduksi akan tetap sehat dan dalam kondisi yang baik, belum lagi orgasme adalah pereda stres yang sangat baik dan membantu kamu mendapatkan tidur lebih baik. 

5. Tingkatkan Konsumsi Kalsium dan Magnesium

Magnesium meredakan sakit kepala, menurunkan keinginan untuk mengonsumsi gula, mencegah pusing dan gula darah rendah terkait dengan PMS. Kalsium efektif untuk kelelahan pramenstruasi, depresi dan mengidam.

Dua mineral ini sangat penting dikombinasikan karena magnesium menyediakan mekanisme yang memungkinkan untuk mengontrol dan memoderasi kadar kalsium dalam sel.

Baca juga: Kenapa Wanita Lebih Sulit Orgasme?

Kamu bisa mendapatkan sumber kalsium dan magnesium termasuk rumput laut, lentil, biji wijen, alpukat, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan kelapa. Sedangkan untuk magnesium, bisa didapatkan dalam jumlah yang wajar melalui pori-pori kulit dengan menggunakan garam mandi magnesium saat mandi.

6. Mempraktikkan Pola Hidup Bersih 

Kebersihan yang baik dimulai dengan mengetahui apa yang harus digunakan dan dihindari dalam hal kesehatan reproduksi. Hindari membersihkan vagina dengan menggunakan produk-produk pembersih kewanitaan. 

Produk ini memicu lapisan sensitif saluran reproduksi sehingga menyebabkan terjadinya penyakit radang panggul dan infeksi lainnya. Ketika hendak membersihkan area intim, lakukan dari depan ke belakang. Ini untuk mencegah vagina terinfeksi oleh bakteri berbahaya yang ada di anus.

Intinya, bersihkan vagina secara teratur, hindari menggosok area intim terlalu kuat, kenakan celana dalam berbahan katun, meminimalisir penggunaan celana jeans ataupun pakaian ketat yang dapat menghambat sirkulasi ke area vagina.

Itulah informasi mengenai langkah penting menjaga kesehatan alat reproduksi wanita. Kalau mau buat janji konsultasi kesehatan reproduksi, bisa kamu lakukan lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
fresnoobgyn.com. Diakses pada 2021. Tips for a Healthy Female Reproductive System
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Women’s Reproductive Health
Providence Medical Group. Diakses pada 2021. 5 Tips for Women to Keep Their Reproductive Health Concerns at Bay