05 June 2018

6 Macam Buah Berprotein Tinggi yang Baik Saat Berpuasa

6 Macam Buah Berprotein Tinggi yang Baik Saat Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Saat menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi agar kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh kamu tetap terpenuhi. Pasalnya, pemenuhan nutrisi saat menjalankan ibadah puasa juga merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan dengan baik.

Biasanya saat berbuka puasa dan sahur, banyak orang memilih makanan yang dirasa cepat memberikan efek kenyang. Namun sebenarnya, hal itu tidak boleh dilakukan mengingat kandungan nutrisi dan gizi yang kemungkinan tidak mencukupi kebutuhan tubuh kamu. Sebaiknya, saat berpuasa kamu tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan juga banyak serat.

Biasanya membicarakan makanan yang memiliki protein tinggi, pasti tidak jauh dari telur, daging, atau bahkan susu. Padahal, banyak makanan yang mengandung protein tinggi lainnya yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa, salah satunya adalah buah-buahan. Berbagai buah dengan protein tinggi nyatanya bisa menjadi alternatif menu untuk berbuka. Selain menyehatkan, tentu berbuka dengan buah akan menyegarkan bukan? Ditambah lagi buah-buahan merupakan makanan yang mengandung pemanis alami.

Berikut adalah beberapa jenis buah yang memiliki protein tinggi:

 

  • Kurma

 

Salah satu buah yang cukup terkenal saat bulan Ramadan adalah kurma. Ya, kurma nyatanya adalah salah satu buah yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Satu buah kurma mengandung 2,4 gram protein. Selain mengandung protein, ternyata kurma juga mengandung zat kalium dan juga menjadi sumber serat yang baik untuk pencernaan selama bulan Ramadan.

 

  • Jambu Biji

 

Dalam satu buah jambu mengandung 112 kalori dan 2,6 gram protein. Kamu bisa mengonsumsi jambu biji sebagai menu berbuka puasa. Kamu bisa mengonsumsi jambu biji dengan berbagai macam variasi. Salah satunya adalah kamu bisa jadikan jambu biji sebagai camilan saat berbuka puasa atau kamu sajikan dalam bentuk jus. Namun, sebaiknya hindari gula, ya, biar lebih segar dan menyehatkan tubuh kamu.

 

  • Kismis

 

Dalam 100 gram kismis nyatanya kandungan proteinnya mencapai 3 gram. Tidak hanya protein, kismis juga memiliki kandungan vitamin C dan serat yang sangat baik untuk tubuh kamu. Jadi, saat kamu mengonsumsi kismis untuk menu berbuka, kesehatan pencernaan kamu akan terjaga dan kebutuhan protein juga tetap terpenuhi.

 

  • Pisang

 

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan protein cukup baik. Dalam 100 gram buah pisang mengandung 1,1 gram protein. Selain itu, mengonsumsi pisang saat berbuka puasa nyatanya bisa membuat berat badan kamu stabil dan menjaga sistem pencernaan kamu tetap sehat. Selain itu, tekanan darah juga akan stabil karena pisang mengandung kalium yang cukup baik untuk kesehatan tubuh.

 

  • Alpukat

 

Kandungan protein dalam 100 gram alpukat bisa mencapai 2 gram. Mengonsumsi alpukat dalam menu berbuka kamu sangat baik untuk kesehatan. Selain mengandung protein, alpukat nyatanya juga mengandung lemak baik yang berfungsi untuk menjauhkan penyakit jantung dan membuat perut kamu terasa kenyang lebih lama.

 

  • Jeruk

 

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat mudah kamu temui. Tidak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh kamu. Dalam 100 gram jeruk nyatanya mengandung 1 gram protein.

(Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh saat Puasa)

Tidak hanya kandungan protein yang dibutuhkan tubuh saat menjalankan ibadah puasa, kamu bisa tanya pada dokter untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!